Cara Menghitung Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dengan Excel

December 17, 2019

Mean Absolute Percentage Error (MAPE) merupakan ukuran kesalahan relatif, selain Mean Absolute Deviation (MAD) dan Root Mean Squared Error (RMSE). MAPE biasanya lebih berarti dibandingkan MAD karena MAPE menyatakan persentase kesalahan hasil pendugaan atau peramalan terhadap hasil aktual selama periode tertentu yang akan memberikan informasi persentase kesalahan terlalu tinggi atau terlalu rendah, dengan kata lain MAPE merupakan rata-rata kesalahan mutlak selama periode tertentu yang kemudian dikalikan 100% agar mendapatkan hasil secara persentase.

MAPE merupakan ukuran ketepan relatif yang digunakan untuk mengetahui persentase penyimpangan hasil pendugaan. Pendekatan ini berguna ketika ukuran atau besar variabel ramalan itu penting dalam mengevaluasi ketepatan ramalan. MAPE mengindikasi seberapa besar kesalahan dalam menduga yang dibandingkan dengan nilai nyata. 

Rumus

Secara matematis, rumusnya ditulis sebagai berikut.

Rumus MAPE
Keterangan:
MAPE = mean absolute percentage error 
n = jumlah data 
y = nilai hasil aktual
ŷ = nilai hasil pendugaan

Cara Menghitung MAPE di Excel

Berikut panduan cepat dan mudah untuk menghitung MAPE di Excel. 

1. Masukkan Judul/ header

Cara menghitung MAPE dengan excel

Pada Excel di sel A1,ketik “nilai aktual” sebagai header. Untuk sel B1, ketik “nilai pendugaan”. Di C1, ketik “|(y – ŷ)/y|” dan di D2 ketik “MAPE”.

2. Tempatkan nilai dalam kolom

Cara menghitung MAPE dengan excel

Jika Kamu memiliki 10 nilai hasil aktual, tempatkan nilai dalam A2 hingga A11. Selain itu, mengisi nilai pendugaan dalam sel B2 hingga B11 dari Excel. Frekuensi nilai aktual dan nilai pendugaan harus sama!

3. Hitung |(y – ŷ)/y|

Cara menghitung MAPE dengan excel

Dalam kolom C2, kurangi nilai observasi dan nilai prediksi labu di bagi nilai prediksi. Ulangi untuk semua baris di mana nilai observasi dan nilai prediksi.

= (A2-B2)/A2

4. Hitung nilai MAPE

Cara menghitung MAPE dengan excel

Di sel D2, gunakan rumus berikut untuk menghitung MAPE:

= (SUM(C2:C10)/COUNTA(C2:C10))*100

Sel D2 adalah nilai MAPE.

Interpretasi Nilai MAPE

Berdasarkan Lewis (1982), nilai MAPE dapat diinterpretasikan atau ditafsirkan ke dalam 4 kategori yaitu:

  1. <10% = sangat akurat
  2. 10-20% = baik
  3. 20-50% = wajar
  4. >50% = tidak akurat

Semakin kecil nilai MAPE maka semakin kecil kesalahan hasil pendugaan, sebaliknya semakin besar nilai MAPE maka semakin besar kesalahan hasil pendugaan. Hasil suatu metode pendugaan mempunyai kemampuan peramalan sangat baik jika nilai MAPE < 10% dan mempunyai kemampuan pendugaan baik jika nilai MAPE diantara 10% dan 20%.

You Might Also Like

37 komentar

  1. Replies
    1. Di no. 2|(y – ŷ)/y|

      Tanda "|" untuk menghilangkan nilai positif atau negatif pada hasil perhitungan

      Delete
    2. kayaknya diexcelnya belum diabsolutein Mba, di kolom C amsih ada yang negatif

      Delete
    3. Wah iy terima kasih atas komentarnya, akan segera saya perbaiki absolutenya

      Delete
  2. Cara hitung persentase
    nya gimana kak? kan itu udah dapet hasilnya misal : 1,xxxx nah persentasenya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil akHir perhitungan sdh dalam bentuk persentase, kalo sdh diikuti semua caranya

      Delete
  3. Nilai prediksi itu cara carinya gimana ya ? saya gak paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai prediksi atau nilai pendugaan biasaya kita peroleh dari rumus pendugaan

      Delete
    2. Tergantung rumus apa yg mau diduga apa dulu

      Delete
  4. Kak, mau tanya kalau nilai MAPE nya 0% bisa kan? berarti dikategorikan sangat baik kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini saya belum pernah nemu nilai mapenya bisa 0, yg terbaik biasanya 10 atau 20%.

      Delete
  5. kak, kalau nilai MAPE nya diatas 20% gimana ? seperti 27,74% atau 38,52%.
    itu dikategorikan apa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum dikategorikan baik sih. Namun 27,74% kan masih tidak terlalu jauh dari 20%, jika masih bisa dilakukan perbaikan data mungkin nilai mapenya masih bisa diperkecil lagi

      Delete
  6. Replies
    1. Dari judul saja sudah tertera mean average percentage error, dimana ada kata persentase, yg untuk mendapatkannya harus dibagi 100 terlebih dahulu

      Delete
    2. apakah ada rumus mape yang gak dibagi 100 kk

      Delete
    3. Maaf saya ralat sebelumnya, rumusnya di kali 100 bukan dibagi

      Jika tidak dikali 100, sepertinya buka mape lagi yg dihitung

      Delete
  7. kak, rumus MAPE secara matematis itu daftar pustakanya / sumbernya dari mana kak ? apa dari buku atau jurnal atau dari sumber yang lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapatnya dari sini mba

      Mynsbrugge JV. 2010. Bidding strategies using price based unit commitment in a
      deregulated power market [tesis]. Leuven (BE): Katholieke Universiteit
      Leuven.

      Nah, rata2 jurnal internasional yg saya baca juga sumber atau rujukannha kesitu.

      Delete
    2. dimana ya kak saya bisa baca sumbernya

      Delete
    3. Boleh cek kesini kak https://jurnal.uns.ac.id/Sains-Peternakan/article/view/35684 soalnya saya rujukannya dari situ

      Delete
  8. Maksud dari nilai nyata itu apa yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai aktual atau nyata itu nilai sesungguhnya yg diperoleh kak. misalnya kayak tinggi badan nih kak yg langsung diukur

      Delete
  9. Kalau mape nya -23% apakah wajar? Baik atau tidak ? Karena prediksi lebih besar dari pada actual

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berdasarkan nilai mapenya sudah dibilang wajar kak, apalgi 23% yang angkanya tidak terlalu jauh dari kategori baik yaitu 10-20% dan nilai mape ini gak ada minusnya, karena sudah pasti absolut alias sudah tidak pake minus lagi

      Delete
  10. Kak izin tanya, misal melakukan peramalan dari bulan januari 2018 sampai desember 2020 (untuk total data keseluruhan ada 36 periode karena selama 3 tahun), dan ingin meramalkan bulan januari 2021 (masuk ke periode 37) . nah untuk total data n nya itu dibagi 36 atau 35 ya kak untuk rumus mape nya.
    terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah periode jadi jumlah datanya kak, jadi ada 36

      Delete
    2. baik kak, terimakasih banyak kk

      Delete
  11. Replies
    1. Lewis, C. D. (1982). Industrial and business forecasting methods: A practical guide to exponential smoothing and curve fitting. London; Boston: Butterworth Scientific.

      Delete
  12. Kak berarti jika nilai aktual nya bernilai 0 maka perhitungan mape tidak dapat dilakukan? Jika begitu, apakah ada solusi lain kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nilai aktual O tapi nilai pendugaan/ prediksi bukan 0 sepertinya bisa dilakukan perhitungan mape. Logikanya selama ada selisih yah masih bisa dilanjutkan menentukan nilai mape-nya

      Delete
    2. Soalnya di perhitungan mape ada pembahagian data aktual kak, jdi semisalnya dibagi 0 kan gabisa tuh kak. soalnya lagi bingung kak

      Delete
    3. Kan pembaginya nilai pendugaan. Jadi misalnya nilai aktual 0 dan nilai pendugaan 2. Jadi perhitungannya 0-2/2 =-1
      Jadi, bisa dilanjutkan ke perhitungan mapenya

      Delete
    4. Oh iya kak, ternyata yg di bahagi data dugaan bukan data aktual. Makasih ya kak. Gak terlalu perhatikan tadi

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF