TIPS BERHEMAT ALA MAHASISWA PASCA IPB~

October 15, 2019


World Bipolar Day 2019 via aindhae

kamu mahasiswa? Bingung dompet lagi krisis tapi gak ada pemasukan? atau sedang ingin berhemat untuk keperluan membeli sesuatu di masa depan? Yang lebih penting lagi, apakah kamu mahasiswa pascasarjana IPB? Maka berikut tips and tricknya dari aku sebagai alumni mahasiswa pascasarjana IPB yang pernah mencobanya, wkwkwk.
Check this out! Lumayanlah bisa menghemat pengeluaran kamu

1. Seminar/Talkshow


Souvenir dan Acara pada Seminar Road to Beasiswa BRILiaN via aindhae

Seminar atau Talkshow dengan free admission dangan fasilitas free snack, goody bag hingga makan siang merupakan salah satunya. Jangan lupakan ilmu yang bisa kamu dapatkan disini. Goody bay bisa berisikan berbagai macam barang yang mungkin kamu butuhkan, mulai dari notebook, pulpen, souvenir, flashdisk atau barang lainnya. Tak jarang juga terdapat doorprize yang bisa kamu menangkan hingga fee transport yang diberikan ke kamu yang diselenggarakan oleh Instansi tertentu. Seminar bisa kamu ikuti dapat disesuaikan dengan jadwal kuliahmu.

2. Sidang Promosi Doktor


Snack pada Sidang Promosi Terbuka via aindhae

Sidang Promosi Doktor Terbuka merupakan tahap yang harus dilalui oleh mahasiswa S3 yaitu calon doktor yang memaparkan hasil penelitian di depan umum. Selain kamu bisa belajar jika suatu saat kamu ingin melanjutkan hingga jenjang S3, disini kamu bisa mendapatkan souvenir, snack bahkan hingga makan siang. Jadi, jangan malu untuk datang sidang promosi, siapa tahu kamu bisa menggugah pemikiran mu dan juga perutmu.

3. Training/Workshop


Pengenalan Kuliner Jepang (Onigiri & Makimono) via aindhae

Tidak jarang, terdapat training, pelatihan, workshop ataupun pengenalan diadakan secara gratis yang difasilitasi  makan atau snack dan juga goodybag. Jadi selain dapat pengalaman, kamu juga bisa menghemat uang jajan ketika kegiatan tersebut dilaksanakan.

4. Panitia

Mahasiswa tidak akan lepas dengan dunia organisasi  ataupu kegiatan mahasiswa dimana harus selalu melaksanakan kegiatan mahasiswa. Mereka kerap mengadakan acara dalam rangka pelaksanaan proker dimana makan kalian ditanggung sambil mengerjakan acara tersebut. Sibuk memang,  tapi itu bisa berguna bagimu untuk melath softskilll.

5. Transportasi

Bus Kampus IPB via ipb.ac.id

Telah banyak kampus yang memberikan sarana transportasi secara cuma cuma untuk akademisi  seperti bus yang wilayahnya cukup luas untuk berjalan kaki. Sehingga jangan ragu untuk gunakan transportasi umum. Ada juga kampus yang tidak menyediakan transportasi namun bisa untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi lainyya hanya perlu berjalan kaki.


Nah, untuk mengikuti beberapa kegiatan diatas, kamu perlu menyiapkan waktu dan dirimu. Jaga kesehatan! Namun, jangan sampai menghalangi kamu untuk kuliah yah...

hmmmm... Ini blog pertamaku, jadi masih sangat ringkes. Mohon maaf bila banyak kekurangan dan SEMOGA BERMANFAAT. SEE YAA!!



You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

GROUP