Cara Menghitung Mean Absolute Deviation (MAD) dengan Excel

April 19, 2020


Peramalan atau pendugaan memiliki banyak metode yang dapat digunakan untuk mengukur keakuratannya, namun tidak semua metode dapat sesuai dengan kasus yang ada. Tingkat akurasinya dapat diukur melalui MAD, Root Mean Squared Error (RMSE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Namun kali ini yang akan dijabarkan adalah MAD.
Mean Absolute Deviation (MAD) adalah perhitungan yang digunakan untuk menghitung rata-rata kesalahan mutlak atau absolut. MAD digunakan jika seorang analis ingin mengukur kesalahan peramalan dalam unit ukuran yang sama seperti data aslinya. MAD mengukur ketepatan ramalan dengan merata-rata kesalahan dugaan (nilai absolut masing-masing kesalahan). MAD berguna ketika mengukur kesalahan ramalan dalam unita yang sama sebagai deret asli. MAD merupakan ukuran pertama kesalahan peramalan keseluruhan untuk sebuah model.
MAD dari suatu set data adalah jarak rata-rata antara setiap nilai data dan rata-rata. MAD dalah cara untuk menggambarkan variasi dalam kumpulan data. MAD membantu kita memahami bagaimana penyebaran nilai-nilai dalam kumpulan data.
MAD memiliki beberapa aplikasi. Aplikasi pertama adalah bahwa statistik ini dapat digunakan untuk mengajarkan beberapa ide di balik deviasi standar. MAD tentang rata-rata jauh lebih mudah untuk dihitung daripada deviasi standar. Itu tidak mengharuskan kita untuk menyeimbangkan penyimpangan, dan kita tidak perlu menemukan akar kuadrat pada akhir perhitungan kita. Lebih jauh, MAD lebih terhubung secara intuitif ke penyebaran kumpulan data daripada apa deviasi standarnya. Inilah sebabnya mengapa MAD kadang-kadang diajarkan terlebih dahulu, sebelum memperkenalkan deviasi standar.
Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa deviasi standar harus diganti dengan MAD. Meskipun standar deviasi penting untuk aplikasi ilmiah dan matematika, itu tidak intuitif seperti rata-rata deviasi absolut. Untuk aplikasi sehari-hari, MAD adalah cara yang lebih nyata untuk mengukur seberapa tersebarnya data.

Rumus

Secara matematis, rumusnya ditulis sebagai berikut.

Cara menghitung MAD dengan excel


Keterangan:
MAD   = mean absolute deviation
y     = nilai hasil aktual
ŷ     = nilai hasil prediksi
n     = jumlah data

Cara Menghitung MAD di Excel

Berikut panduan untuk menghitung MAD. 

1. Masukkan Judul/Header

Cara menghitung MAD dengan excel

Pada Excel di sel A1, ketik "nilai aktual" sebagai header. Untuk sel B1 ketik "nilai prediksi". DI C1

2. Tempatkan nilai dalam kolom

Cara menghitung MAD dengan excel

Frekuensi data harus sama! Sebagai contoh terdapat 10 data. Jika kamu memiliki 10 data nilai aktual maka nilai prediksi juga harus 10.  Tempatkan nilai aktual atau yang diamati dalam A2 hingga A11.  Nilai prediksi dalam sel B2 hingga B11 dari Excel.

3. Hitung Selisih Absolut

Cara menghitung MAD dengan excel

Dalam kolom C2, kurangi nilai aktual dengan nilai prediksi untuk mendapatkan selisih absolut. Ulangi untuk semua baris di mana nilai observasi dan nilai prediksi.

= ABS(A2-B2)

4. Hitung Rata-rata Selisih Absolute 

Cara menghitung MAD dengan excel

Selanjutnya hitung rata-rata selisih absolut dengan formula:

=SUM(C2:C11)

5. Hitung nilai MAD

Cara menghitung MAD dengan excel

MAD dapat diperoleh dengan rata-rata selisih absolut dibagi dengan jumlah data. MAD dapat dihitung dengan formula:

=C12/COUNTA(C2:C11)

You Might Also Like

1 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

GROUP