Legenda Urban di Drama The Tale of Gumiho

December 24, 2020

Aloha! ada yang sudah nonton The Tale of Gumiho? Itulah drama yang dimainkan oleh Lee Dong Wook dan Kim Bum yang juga menjadi salah satu alasan kenapa saya menonton drama mereka The Tale of Gumiho. Nonton drama ini malah fokus sama wajah mereka yang saya juga heran kok gantengnya tak lekang oleh waktu alias gak hilang hilang padahal sudah berumur. 

The Tale of Gumiho merupakan drama fantasi yang bercerita tentang Lee Yeon (yang diperankan oleh Lee Dong-Wook) yang dulunya adalah roh gunung Baekdudaegan. Lee Yeon menunggu wanita yang dicintainya di masa lalu dilahirkan kembali bernama. Wanita itu bernama Nam Ji Ah (diperankan oleh Jo Bo Ah). Karena kejadian di masa kecil, Ji Ah akhirnya bekerja sebagai Produser dokumenter tentang hal gaib, makhluk astral, legenda urban atau semacamnya. Saat mengumpulkan informasi, Ji Ah akhirnya bertemu dengan Lee Yeon yang masih terikat masa lalu. Oh iya, Kim Bum berperan sebagai Lee Rang, adik tiri Lee Yeon yang telah "ditelantarkan".

Gak! disini saya gak akan menulis review drama atau semacamnya. Tapi saya ingin berbagi info mengenai legenda urban di Korea yang muncul dalam drama The Tale of Gumiho. Biar kalian gak bingung karena mereka ini sering muncul di drama Korea lainnya. 

Roh Kemalangan

Hangul: 삼재 
Romanisasi: Samjae

Praktik peramal Korea kuno mengenal "samjae" atau "삼재" atau tiga bencana, yang dikatakan mempengaruhi setiap orang selama jangka waktu sembilan tahun. Hal ini disebabkan karena di Korea menginginkan keberuntungan di awal tahun baru memang penting, tetapi sama pentingnya untuk mencegah nasib buruk. “Daesamjae”, atau tiga bencana besar, melibatkan kebakaran, angin, dan air, semuanya menunjukkan bencana alam yang terus berdampak pada kehidupan masyarakat saat ini. Bencana lainnya termasuk perang, wabah penyakit, dan kelaparan.

Berabad-abad yang lalu, perang dan pemberontakan sipil sering terjadi, dan seringkali makanan yang tersedia lebih sedikit daripada yang dibutuhkan. Ada banyak ketakutan bagi orang-orang di masa lalu. Yang lebih mengkhawatirkan tentang “samjae” adalah bahwa kemalangan terus berlanjut selama tiga tahun berturut-turut. Salah satu cara untuk mencegah rentetan kesialan ini adalah dengan menggunakan jimat bergambar elang berkepala tiga. Orang-orang biasa memasang gambar elang mitos ini di atas pintu masuk depan rumah mereka pada Hari Tahun Baru. Jika jimat tidak cukup untuk meredakan ketakutan mereka, mereka akan memanggil seorang pendeta dukun untuk mengadakan ritual untuk mengusir ketiga bencana tersebut. Praktik-praktik ini dapat dianggap sebagai takhayul belaka, tetapi memiliki tujuan praktis, seperti membuat orang sadar akan kemungkinan kemalangan sehingga lebih cenderung lebih berhati-hati dan mengambil risiko lebih sedikit. 

Rubah Berekor Sembilan

Hangul: 구미호
Romanisasi: Gumiho

Gumiho atau rubah berekor sembilan adalah legenda rakyat Korea tentang rubah legendaris. Legenda pertama kali berasal berabad-abad yang lalu di Tiongkok. Di Korea, Gumiho memiliki karakteristik yang mirip dengan huli jing Tiongkok dan kitsune Jepang. Huli jing Cina dan kitsune Jepang, bagaimanapun, digambarkan secara ambigu sementara gumiho Korea sering digambarkan sebagai sesuatu yang berbahaya. Orang Korea memandang gumiho sebagai makhluk yang murni jahat.

Gumiho adalah rubah berekor sembilan yang pada dasarnya jahat. Menurut legenda, rubah yang hidup seribu tahun menjadi gumihos. Ada berbagai mac legenda mengenai Gumiho. Gumiho mengubah diri mereka menjadi wanita cantik untuk merayu laki-laki dan kemudian memakan hati atau hati mereka. Legenda lain dari gumiho yaitu dapat menjadi manusia secara permanen dengan tidak menelan hati manusia selama seribu hari, yang lain menyatakan bahwa jika gumiho dapat tetap menjadi manusia secara permanen jika ia makan hati per hari selama seribu hari, jika tidak maka akan berubah menjadi gelembung. 

Hantu

Hangul: 귀신
Romanisasi: Gwisin

Hantu yang kita kenal di Indonesia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hantu yang kita kenal sebagai masyarakat barat karena mereka biasanya tidak berkaki, melayang di udara dan biasanya dapat melihat. Perbedaan utamanya adalah mereka cenderung berambut hitam panjang, tatapan menyeramkan, memakai baju pemakaman berwarna putih, dan biasanya berjenis kelamin perempuan. Mereka bisa datang dalam jenis lain seperti jantan, atau yang paling aneh adalah bentuk telur tanpa kaki, lengan atau mata. Mereka biasanya memiliki urusan yang belum selesai (seperti balas dendam), mereka mungkin melemparkan benda ke sekitar atau menyebabkan hawa dingin di udara untuk mendapatkan perhatian. Hantu ini biasanya ditemukan di area terlantar, bangunan dan kuburan. Versi populer dari jenis hantu ini telah terlihat di film-film seperti The Ring. 

Pencuri mimpi

Hangul: 불가사리
Romanisasi: Bulgasari

Legenda Bulgasari menceritakan kisah dari Goryeo, tentang monster menakutkan yang terus tumbuh sambil memakan semua logam di sekitarnya. Bulgasari adalah monster imajiner, kadang-kadang ditemukan terlukis di layar lipat atau cerobong asap karena kepercayaan masyarakat bahwa ia memberikan perlindungan terhadap bencana dan kebakaran. Buku Songnamjapji (Trivial Learnings by Songnam), dari akhir Joseon, mencatat bahwa “Pada tahun-tahun terakhir Songdo (ibu kota Goryeo) hiduplah monster yang memakan semua sisa logam, dan orang-orang mencoba membunuhnya tetapi tidak berhasil, dan lalu menamai monster itu 'Bulgasal (Tidak mungkin untuk dibunuh).' Bahkan ketika dilempar ke dalam api, ia terbang kembali ke desa, seluruh tubuhnya terbakar, dan membakar semua rumah. ”

Suatu hari pemerintah mengeluarkan perintah untuk menangkap semua biksu Budha, yang melarikan diri dari kuil mereka dan dalam pelarian. Salah satu biksu pergi ke rumah saudara perempuannya dan meminta perlindungan. Saudari itu menawarkan untuk menyembunyikannya di lemari dinding, tetapi menyarankan kepada suaminya untuk melaporkan saudara laki-lakinya kepada pihak berwenang dengan imbalan kekayaan. Sang suami, yang marah dengan rencana istrinya untuk menjual saudara laki-lakinya sendiri, membunuhnya dan membebaskan biksu itu. Biksu itu, ketika dia dikunci di dalam lemari, telah membuat benda berbentuk binatang yang aneh dari butiran beras yang dikukus dan memberinya jarum. Anehnya, monster itu terus memakan lebih banyak jarum dan terus tumbuh, dan ketika tidak ada yang tersisa untuk dimakan di dalam rumah, monster itu keluar dan memakan segala jenis potongan logam, tumbuh semakin besar. Dalam upaya untuk menangkap monster ini, pemerintah mengumpulkan orang-orang untuk menembaknya dengan panah atau membunuhnya dengan pedang, tetapi semuanya gagal. Akhirnya, mereka mencoba melelehkan monster itu dengan api, tetapi monster itu pergi ke sekitar desa, tubuhnya dibakar dan membakar semuanya. Dalam beberapa variasi, monster itu dibunuh oleh seorang biksu terkemuka.

Nama Bulgasari juga diartikan, dalam rangkaian karakter Cina yang berbeda, atau dalam bentuk varian dari nama Hwagasari, sebagai "Killed-by-Fire". Beberapa versi menyebutkan sebagai alasan penangkapan biksu dalam narasi tindakan promiscuous dari biksu Buddha Sindon yang mengambil alih urusan negara di Goryeo akhir, yang terungkap ketika ia mengambil keuntungan dari terlalu banyak wanita dan menjadi ayah terlalu banyak anak. Dalam variasi legenda di mana monster dibasmi dengan api, alasan penangkapan biksu adalah karena kebijakan untuk menegakkan Konfusianisme dan menindas agama Buddha (sungyueokbul), dan monster itu diciptakan oleh biksu dewa dalam upaya untuk mengkritik pemerintah karena mengunci biksu yang tidak bersalah. Beberapa variasi menggambarkan Bulgasari sebagai monster yang diciptakan oleh biksu yang melarikan diri untuk berterima kasih kepada saudara iparnya karena telah menyelamatkan hidupnya dari saudara perempuannya yang rakus. Metode membasmi monster serupa di kebanyakan variasi: Setelah memikat monster itu dengan potongan logam, ekornya dibakar menggunakan batu api, yang mengubah monster itu menjadi nasi hangus, disertai dengan suara yang luar biasa.

Legenda Bulgasari memperingatkan tentang keserakahan materi melalui karakter saudari yang mencoba menjual adiknya. Hubungan saudara memaksimalkan konflik dramatis cerita, serta meningkatkan efek etis dari cerita sebagai kisah peringatan. Narasi tersebut juga bisa dibaca sebagai ramalan jatuhnya sebuah dinasti dan lahirnya dinasti baru. Ini adalah kisah monster langka dalam tradisi lisan Korea dan terkait dengan berbagai wacana politik, sejarah, dan agama. 

Roh Kegelapan

Hangul: 어둑시니
Romanisasi: Eoduksini

Eoduksini biasanya muncul sebagai massa bayangan gelap tak berbentuk, setan Korea ini akan cepat membesar jika diamati, meskipun akan menyusut dan akhirnya menghilang jika diabaikan. Serangan fisik oleh makhluk tersebut belum tercatat, dan diperkirakan bahwa mereka memakan rasa takut. Mereka dianggap berhubungan jauh dengan shadow people dan elemen kegelapan dan malam lainnya.

Eoduksini ini adalah makhluk mitologi terbaru yang tampil di drama korea tale of nine tailed. Eoduksini ini diibaratkan sebagai roh yang melambangkan serta kegelapan yang ada dalam setiap makhluk. Kisah sembilan ekor ini Eoduksini muncul karena ia merasa semakin dilupakan hingga ia mulai menghantui semua makhluk dengan ketakutan mereka masing-masing. 

Pengantin Siput

Hangul: 우렁 각시
Romanisasi: Ureonggaksi

Kisah “Ureonggaksi” menceritakan tentang seorang pria yang menikahi seorang gadis yang berasal dari cangkang siput, tetapi kehilangannya setelah melanggar pantangan.

Narasi tentang siput keberuntungan telah didokumentasikan di Tiongkok sejak zaman kuno, termasuk dalam Jiyiji (Kumpulan Cerita Aneh) dengan judul “Pengantin Siput” dan dikutip dari Shoushenhouji (Tambahan pada Catatan Aneh), disusun oleh Deng Yuanzuo sekitar tahun 365 BCE dan 474 CE.

Alkisah, hiduplah seorang bujangan tua yang menopang ibunya yang sudah tua, tetapi terlalu miskin untuk mendapatkan seorang istri. Suatu hari dia sedang bekerja di sawah lalu berkata pada dirinya sendiri dengan siapa dia akan berbagi semua beras ini. Terdengar suara menjawab "Dengan saya, tentu saja." namun dia hanya melihat siput di sekitarnya. Dia membawanya pulang dan menyimpannya di dalam lemari pakaian. Sejak hari itu, ketika Si Bujang dan ibunya kembali dari bekerja di ladang, ada makan malam menunggu mereka, hidangan hangat dan lezat. Si Bujang bingung lalu suatu hari mengintip ke dalam setelah berpura-pura berangkat kerja dan melihat seorang gadis cantik seperti peri, muncul dari cangkang di dalam lemari dan menyiapkan makanan. Sang bujangan tidak bisa menahan kegembiraannya dan melompat masuk, menggendong gadis itu dan memintanya untuk menjadi istrinya. Gadis itu berkata bahwa ini belum waktunya dan memintanya untuk menunggu. Namun, bujangan itu terlalu tidak sabar, dan membujuknya untuk menikahinya hari itu. Takut kehilangannya oleh orang lain, dia terus menjaganya, melarang dia meninggalkan rumah. Suatu hari, ibu Si Bujang mengirim gadis siput ke ladang untuk membawa makan siang. Dalam perjalanan, gadis siput melihat hakim dan rombongannya lalu bersembunyi di hutan. Hakim melihat cahaya terang datang dari hutan, dan memerintahkan pelayan untuk memeriksa, menyuruhnya untuk mengambilnya jika itu adalah bunga, ambil jika itu air, dan bawa jika itu manusia. Ketika pelayan menemukannya, pengantin wanita gemetar, dengan keranjang makan siang di dekat kakinya, dan pelayan menarik tangannya, tetapi dia memohon untuk membiarkannya pergi, menyerahkan cincin peraknya kepada pelayan, tetapi pada akhirnya hakim membawa dia pergi dengan tandu. Pengantin pria pergi ke kantor hakim untuk menemukannya tetapi gagal dan meninggal karena sakit dan berubah menjadi burung biru. Pengantin wanita menolak untuk melayani hakim dan meninggal setelah menolak makanan, berubah menjadi sisir bergigi rapat.

Ada beberapa variasi dari kisah ini yang diakhiri dengan akhir yang bahagia. Ketika mempelai wanita menolak untuk tersenyum saat di penangkaran, hakim menerima permintaannya untuk mengadakan perjamuan, dan ketika mempelai pria hadir dengan kostum dan tarian bulu burung, sang pengantin wanita akhirnya tersenyum. Hakim meminta pengantin pria untuk menukar lemari pakaian, dan ketika pengantin pria mengenakan jubah kerajaan bersulam naga milik hakim (gollyongpo), pengantin wanita menyuruhnya untuk melangkah ke ruang kantor, yang mengakibatkan pengusiran hakim dan pengangkatan pengantin pria di depan umum. kantor, dan mereka hidup bersama dengan bahagia.

Kisah ini meminjam struktur upacara inisiasi dan narasi cobaan perempuan, dengan perbedaan status sosial yang menjadi penghalang, pengantin siput digambarkan sebagai peri surgawi (seonnyeo) yang diturunkan ke dunia manusia sebagai hukuman. Persatuan antara ketidaksetaraan ini, yang dicapai dengan melanggar tabu, berakhir dengan konsekuensi tragis, yang ditimbulkan oleh kekuasaan yang berkuasa. Wanita, dalam penuturan ini, digambarkan sebagai objek yang memiliki nilai penting dalam kehidupan pria, sebagai objek pemerasan atau kerugian. 

Imoogi

Hangul: 이무기
Romanisasi: Imoogi

Imoogi adalah naga laut tanpa tanduk, terkadang disamakan dengan ular laut. Imoogi secara harfiah berarti, "Kadal Besar". Legenda Imoogi mengatakan bahwa dewa matahari memberikan kekuatan kepada Imoogi melalui seorang gadis manusia, yang akan diubah menjadi Imoogi pada hari ulang tahunnya yang ke-17. Legenda juga mengatakan bahwa tanda berbentuk naga akan ditemukan di bahu gadis itu, mengungkapkan bahwa dia adalah Imoogi dalam bentuk manusia.

Mitologi rakyat Korea menyatakan bahwa sebagian besar naga pada awalnya adalah Imugis, atau naga kecil, yang dikatakan menyerupai ular raksasa. Ada beberapa versi cerita rakyat Korea yang berbeda yang menggambarkan apa itu imugis dan bagaimana mereka bercita-cita menjadi naga yang lengkap. Orang Korea mengira bahwa Imugi bisa menjadi naga sejati, atau yong atau mireu, jika menangkap Yeouiju (mirip dengan bintang jatuh yang diyakini mengabulkan permintaan) yang jatuh dari surga. Penjelasan lain menyatakan bahwa mereka adalah makhluk tak bertanduk menyerupai naga yang telah dikutuk sehingga tidak dapat menjadi naga. Menurut catatan lain, Imugi adalah naga proto yang harus bertahan hidup seribu tahun untuk menjadi naga yang matang sepenuhnya. Dalam kedua kasus tersebut mereka dikatakan sebagai makhluk besar, baik hati, seperti ular piton yang hidup di air atau gua, dan penampakan mereka dikaitkan dengan keberuntungan. 

Totem

Hangul: 장승
Romanisasi: Jangseung
Jangseung ini adalah sebuah totem yang berasal dari Korea. Jangseung ini biasanya berfungsi sebagai penanda batas desa dan juga sebagai simbol penolak balak namun ada pula jangseung yang disembah sebagai dewa pelindung. Totem kuno ini hanya ada di Korea saja namun diberbagai tempat ada, bahkan di Papua juga ada totem ini namun berbeda bentuk serta tidak ramah. Biasanya pula totem ini menjadi sebuah simbol dari leluhur.

Jangseung - penjaga rakyat Korea

Jangseung adalah patung yang luar biasa, mencolok yang berdiri sebagai pelindung rakyat Korea, melindungi mereka dari bahaya di desa mereka dan di jalan yang jauh.

Jangseung atau penjaga desa adalah tiang totem Korea yang biasanya terbuat dari kayu, kadang-kadang terbuat dari batu dan memiliki kemiripan dengan dolhareubang di Pulau Jeju.

Jangseung, penjaga desa

Meskipun sebagian besar menghilang dari pandangan hari ini, bahkan hingga 100 tahun yang lalu jangseung didirikan di pintu masuk hampir setiap desa di Korea. Selain menyapa pengunjung, pilar yang mencolok ini juga dibuat untuk menakuti roh jahat yang menyebabkan kelaparan, bencana alam, atau wabah penyakit seperti cacar air. Seiring berlalunya waktu, jangseung menjadi objek agama rakyat di mana penduduk desa berdoa untuk kesehatan keluarga mereka, untuk bayi, atau untuk suami yang luar biasa atau pengantin yang baik hati. Dengan demikian, jangseung yang tangguh melindungi desa dari bahaya dan juga berfungsi sebagai dewa penjaga, dengan telinga terbuka untuk keinginan dan harapan penduduk desa. Setiap tahun penduduk desa melakukan ritual jangseung, menempatkan persembahan kue beras dan buah-buahan di kaki wali mereka yang terhormat.

Jangseung, teman perjalanan

Jangseung ditemukan tidak hanya di pintu masuk desa tetapi juga di jalan yang sering dilalui sebagai penanda (biasanya ditempatkan pada interval kira-kira 4 atau 12 kilometer). Dengan tidak hanya nama desa tetangga, penanda lokasi dan jarak dari desa yang terukir di jangseung, para wali mulia ini berfungsi sebagai pemandu dan menyambut sahabat pelancong. Pada hari-hari sebelum berkembangnya transportasi umum dan komunikasi, pemandangan pelindung yang kuat dan tidak bisa dihancurkan untuk pelancong yang tersesat ini sangat disambut baik. Karena itu, jangseung merupakan bagian penting dari kehidupan dan budaya Korea yang perlu dijaga dan dirawat saat ini.

Jangseung, simbol vitalitas rakyat yang kuat

Jangseung biasanya terbuat dari kayu atau batu. Jangseung yang tersisa saat ini kebanyakan adalah sosok pria dan wanita dengan nama yang tertulis di tubuh mereka. Mereka secara simbolis diekspresikan sebagai dewa pelindung melalui pengubahan fitur wajah manusia secara sengaja. Wajahnya ditandai dengan mata menonjol berbentuk kasar, hidung seperti kepalan tangan, dan gigi taring serta gigi depan yang menonjol; Kebanyakan patung jangseung memiliki topi tentara atau pejabat pemerintah di kepala. Melalui distorsi dan dilebih-lebihkan seperti itu, para pengrajin jangseung yang berbakat menggambarkan gambar dewa pelindung, yang mengingatkan pada monster atau dewa dari dunia bawah, sekaligus menawarkan semacam potret rakyat biasa. Kesan pertama dari jangseung adalah bahwa itu menakutkan dan lucu, dikotomi yang tampaknya tumbuh dari upaya seniman untuk menggambarkan dewa rakyat dengan cara yang lebih akrab dan dapat diakses dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Wajah kakek dan nenek jangseung yang kendur dan baik hati di Dangsan, Buan, dan senyuman ompong, keriput dari nenek jangseung dan kumis panjang dikepang kakek Jangseung di Pura Bulhoesa di Naju adalah cerminan dari karakter ramah namun menyindir dari orang biasa saat itu.

Kebanyakan jangseung kayu membusuk seiring dengan berlalunya waktu, tetapi banyak jangseung batu yang hampir terawetkan dengan sempurna dalam bentuk aslinya. Jangseung batu yang mencolok ini secara akurat menunjukkan nilai-nilai estetika pada zaman mereka. Stern meskipun tersenyum, namun cantik, mereka tampaknya mengekspresikan kepercayaan rakyat jelata. Wajah jangseung yang terbentuk bebas, pada dasarnya mencerminkan banyak wajah orang Korea saat ini. Pakaian mereka secara akurat menggambarkan kelas rakyat Korea. Jangseung, yang berdiri dengan bangga dan kuat di pintu masuk desa meskipun rentan terhadap elemen, tidak hanya mengurangi kesepian para pelancong yang lewat dan melindungi desa dari penyakit dan bencana, tetapi juga berdiri sebagai pengingat akan kehangatan orang-orang Korea, yang tetap optimis. dan optimis bahkan dalam menghadapi kondisi yang sangat sulit. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Sepertinya agak serem ya filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dramanya gak serem kok, lebih ke romantic fiction drama. Saya cuma ngasih penjelasan mengenai urban legend yg muncul di drama

      Delete
  2. Aku tau drama Tale of Gumiho Mbaaa tapi belom nonton, cuma liat cuplikan2 kerennya si Lee Dong Wook sama Kim Bum aja 🤣

    Aku tau tentang gumiho ini pertama kali karena dramanya Shin Min Ah dan Lee Seung Gi, suka banget sama drama ini. Tapi, aku ga kepo2 banget sih akhirnya dengen gumiho karena percaya aja dengan apa yang dijelasin di dramanya hehehe

    Btw, keren postingannya. Dari seluruh yang disebutin aku cuma tau Gumiho dan Imoogi itu pun imoogi nya ga paham2 banget kalo ngeliat cuplikan drama, cuma tau dia bersisik. Ternyata seekor naga toh hahaha pantesan.
    Thanks buat ilmunya Mba! 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya drama ini mematahkan stigma kalo gumiho itu bukan cuma perempuan, tapi bisa juga laki laki.
      Coba nonton, menghibur kok.
      Sebenarnya kalo makhluk kayak gitu di Korea masih banyak lagi selain yg ada di drama the tale of gumiho ini.
      Makasih, semoga bermanfaat juga.

      Delete
  3. Baru aja kelar nntn dramanya.. udh selesaj dan ak nangis selama 1jam episode terakhir. Udh berasa lbih sedih drpd Jo Bo Ah ditinggal Dong Wook 😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba terbawa suasana yah nonton dramanya

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF