Hidangan Masakan Seafood Korea, Makyuss!

December 29, 2020

Korea memiliki kondisi geografis yang tak jauh berbeda dari indonesia yaitu memiliki wilayah perairan. Tentunya membuat Korea juga kaya akan hasil laut dan masakan dari sari laut atau seafood yang khas Korea tentunya.

Biasanya makanan korea, terutama yang sering disaksikan saat menonton drama, didominasi dengan masakan olahan daging baik itu daging sapi, babi maupun daging ayam yang direbus ataupun dipanggang.

Masakan olahan seafood Korea ini bisa jadi pilihan kepada pengungjung karena berbagai alasan yang tidak mengkonsumsi daging mulai dari alasan kesehatan, agama, ataupu gaya hidup. Namun, hidangan seafood ini memiliki rasa yang tak kalah enak terutama Kepiting Salju yang paling ingin saya coba jika ke Korea nanti, banyak yang merekomendasikannya loh.  

Masakan seafood ini juga khas yang merupakan masakan yang patut dikunjungi di daerah tertentu di Korea. Yah, meskipun belum bisa dinikmati sekarang paling tidak bisa dijadikan wishlist jika berkunjung ke Korea nanti. Korea, wait me!

Wilayah Busan

1. Eomuk

Han: 어먹

Nama: Kue Ikan

Kue ikan atau lebih dikenal dengan Fishcake merupakan salah satu jajanan kaki lima yang populer di Korea. Namun perlu diperhatikan bahwa meskipun fishcake meupakan jajanan yang sangat mudah ditemukan di Korea, fishcakes di Busan yang memiliki rasa yang tak tertandingi. Fishcakes biasanya disajikan dengan sup hangat.

2. Bokguk

Han: 복국

Indo: Sup Ikan Buntal

Sup Ikan Buntal (Bokguk) merupakan sup paling populer yang konon berasal dari Busan. Ikan Buntal memang terkenal akan racunnya, akan tetapi yang berasal dari Korea tidak sebanyak pada umumnya, apalagi jika diolah dengan tepat termasuk Bokguk ini. Bokguk berupa sup kaldu panas dengan campuran tauge dan daun bawang. Bokguk menjadi makanan populer di Busan, Kota Pelabuhan. Restoran disana bisanya menyajikan Bokguk dalam 2 versi, yaitu maeuntang (sup pedas) dan jiri (sup bening yang tidak pedas)

Pulau Jeju

3. Galchi Jorim

Han: 갈치조림

Indo: Ikan Layur Rebus 

Galchi dalam Bahasa Korea yang berarti ikan yang bentuknya seperti pisau atau bisa disebut dengan Ikan Layur. Galchi Jorim dibuat dari rebusan Ikan Layur dalam saus pedas dengan kentang, lobak dan sayuran lainnya. Galchi Jorim adalah hidangan bergizi yang mesti kalian coba saat datang ke Jeju. Rasanya gurih dan pedas. Galchi Jorim sangat cocok dinikmati saat musim panas.

4. Okdum Gui

Han: 옥돔구이

Indo: Ikan Tilefish Merah Panggang 

Ikan Tilefish Merah merupakan ikan berkualitas tinggi dan ditangkap di perairan bersih Pulau Jeju. Ikan Tilefish memang banyak ditemukan di pesisir Jeju dan Jepang sehingga menjadi ciri khas Jeju. Okdum Gui dibuat dari Ikan Tilefish Merah kering dan asin yang dipanggang.  Kenapa dibakar? Karena kalian jadi bisa mencicipi rasa alami dan konsistensi Ikan Tilefish yang renyah. Okdom Gui bisanya disajikan dengan nasi dan lauk lainnya.

Wilayah Daegu, Ulsan dan Gyeongsang

5. Gan Godeungeo

Han: 간 고든거

Indo: Ikan Mackerel Asin 

Di Andong, ikan Mackerel segar diasinkan agar bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Hal ini disebabkan karena Andong yang memiliki lokasi yang jauh dari laut, sedangkan dulunya sarana transportasi tidak mudah ditemukan. Sekarang Ikan Mackerel Asin pun menjadi ciri khas Andong. Gan Godeungeo bisa diolah dengan dipanggang, direbus ataupun dikukus.

6. Masan Agwi Jjim

Han: 마산 아귀찜

Indo: Monkfish Rebus Pedas

Ikan Monkfish termasuk ikan yang mahal di Korea namun dagingnya enak dan empuk. Masan Agwi Jjim dibuat dengan merebus Ikan Monkfish dalam saus pedas yang terbuat dari bubuk cabe Korea, tauge, water dropwort (sejenis seledri), dan berbagai sayuran lainnya. Masan Agwi Jjim (agu jjim dalam dialek lokal) sedikit berbeda karena menggunakan Ikan Monkfish kering sehingga dagingnya lebih kenyal.

7. Yeongdeok Daege

Han: 영덧 대거

Indo: Kepiting Salju

Daege atau kepiting salju yang paling terkenal dihasilkan di Yeongdeok yang merupakan kampung nelayan di pantai timur. Di Yeongdeok dapat ditemukan sebuah jalan yang dipenuhi restoran yang dapat langsung mengukus kepiting salju segar begitu ada pesanan. Jika ingin menikmati Daege maka harus datang ke Korea saat musim kepiting salju yang berlangsung sekitar bulan November hingga Mei. Daege memiliki daging yang tebal dibagian capit tapi lembut dan rasanya gurih meskipun tanpa bumbu. Daege yang disajikan di restoran Korea biasanya sudah dipotong sehingga lebih mudah saat disantap. Apa tidak tergoda?

8. Gwamegi

Han: 과메기

Indo: Ikan Saury Setengah Kering

Gwamegi merupakan makanan khas Pohang yang menyumbang 80% produksi gwamegi Korea. Gwamegi dibuat dari Ikan Saury  yang dibekukan dan dicairkan yang disajikan selama musim dingin.Gwamegi dirobek-robek atau dipotong-potong seukuran gigitan dan disajikan dengan berbagai macam sayuran ssam segar, rumput laut kering, serta rumput laut segar untuk membungkus ikan lalu divelup di gochujang. Gwamegi akan sangat cocok bila disantap saat menikmati minum soju.

Wilayah Gwangju & Jeolla

9. Chueotang

Han: 추어탕

Indo: Sup Ikan Loach

Ikan Loach merupakan ikan yang sering dijumpai bila di Namwon yang ditemukan dekat Gunung Jrisan dan Sungai Seomjingang. Chueotang atau Sup Ikan Loach ala Namwon dibuat dengan cara menggiling Ikan Loach, direbus dengan ugeoji (kubis kering), doenjang (pasta kedelai) dan biji perilla. Chueotang merupakan makanan berkuah yang enak dan bergizi. Chuetong sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan dan kecantikan karena nutrisi Ikan Loach yang tinggi kandungan protein, kalsium, vitami dan lemak tak jenuh ganda yang bisa menurunkan kolesterol. Sehat kan, makanya cobain kalo ke Korea.

10. Beolgyo Kkomak Jjeongsik

Han: 벌교 꼬막 정식

Indo: Satu Set Makanan Kerang

Kerang yang paling terkenal di Korea berasal dari dataran lumpur Beolgyo karena kualitasnya. Kerang Beolgyo kaya nutrisi, rasa yang alami, kenyal dan lezat. Satu set menu tersebut meliputi berbagai macam hidangan yang dimasak dengan kerang seperti dikukus, ditumis, salad pedas dan sebagainya.

11. Yeonggwang Gulbi Jeongsik

Han: 영광 걸비 정식

Indo: Satu Set Menu dengan Ikan Corvina Kuning Kering

Ikan Corvina Kuning kering dan asin yang dikenal di Korea dengan nama Gulbi merupakan ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat Korea. Gulbi diolah dengan garam yang merupakan ciri khas daerah Yeonggwang. Gulbi dianggap terbaik diantara jenis lainnya. Yeonggwang Gulbi Jeongsik adalah set menu lenngkap yang teridiri macam lauk pauk olahan Gulbi. Oh iya, Yeonggwang Gulbi Jeongsik biasa disajikan kepada para raja selama Dinasti Joseon.

12. Kalguksu

Han: 칼국수

Indo: Sup Mie

Kalguksu merupakan hidangan mie dengan potongan tipis-tipis dan direbus dengan sayuran dengan kaldu seafood atau pun kaldu sapi. Banyak restoran yang buka Di Daejeon karena mudahnya diperoleh tepung sebagai bahan baku pembuatan mie sejak 1960-an. Kalian bisa  mencicipi berbagai varian kalguksu terutama mie seafood. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Rekomendasinya banyak juga kak, aku juga suka sama masakan korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena korea luas jadi saya bagi perwilayah biar bisa menyesuaikan selera dan dimana kalian datang. Saya juga kalo kemana-mana biasanya carinya makanan khas jadi listnya buanyak hihihh

      Delete
  2. Kalo tiap nonton film atau drama Korea tuh pasti ngileeeer banget liat makanannya, meskipun kadang bukan makanan halal sih hahaha 🤣
    Dari list ini aku pengen banget cicip eomuk yang asli, kalguksu, kepiting salju wahh itu gede banget dan sebagai pencinta kepiting pengen banget. Tapi, aku pernah icip Jjambong/Jjampong Mba dan itu enakk banget padahal di resto lokal Korea Indo, gimana yang asli ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga awalnya tergoda karena. Semoga bisa cobain semuanya mba di Koreanya langsung. Kepiting salju memang wishlist sejak pertama kali liat, menggoda. Nah untuk resto belum tahu mana yang rasanya benar benar Kora, karena sebagian besar sih katanya ada yang sudah menyesuaikan dengan lidah Indonesia jd rasanya gak ori lagi, tapi aku menag pernah cobain dan memang enak untuk beberapa makanan.

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

COMMUNITY