Inikah rasanya ikut tes SKB CAT CPNS 2021 Formasi Dosen Kemdikbud?

December 06, 2021

(credit: aindhae)

Gedung Phinisi UNM kembali menjadi saksi bisu pelaksanaan rangkaian tes CPNS 2021 untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud) di titik lokasi Makassar, Sulawesi Selatan.

Kemarin, tepatnya 4 Juli 2021, saya mengikuti tes CBT yang merupakan bagian dari tes SKB. Bagi yang mendaftar CPNS 2021 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud) dan melenggang ke tes SKB pasti tahu kalau pelaksanaan tes SKB untuk Kemdikbud dilaksanakan serentak 2 hari di semua wilayah yaitu pada tanggal 4 dan 5.

Berhubung jadwal tesnya jam 8 jadi saya sudah menuju ke lokasi ujian sekitar jam 6 lewat dengan estimasi waktu tiba jam 7 menggunakan ojek online dengan layanan mobil soalnya berangkat sama sodara yang satu ruangan tes juga.

Baca Juga:

PENGALAMAN TES SKD CPNS 20121 DI MASA PANDEMI

PENGALAMAN TES SKD CPNS 2019 DI KEMENTERIAN PERTANIAN

LULUSAN S1 PETERNAKAN BINGUNG MAU DAFTAR CPNS 2021? CEK INI YUK

Cek Hasil Swab Antigen

Memasuki gerbang Gedung Phinisi UNM sudah disambut dengan satpam dan oran-orang dengan berpakaian hitam putih. Satpam dan panitia mengarahkan peserta jadi gak perlu bingung harus kemana. Bagi yang dijadwalkan ujian di Lantai 4 diarahkan ke sisi kiri gedung dan bagi yan dijadalkan Labkom  6 dan Labkom 7, 8, 9 di lantai 9 diarahkan ke sisi kanan gedung.

Step pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan semua yang wajib dibawa ke ruang ujian seperti KTP, Kartu ujian SKB, hasil tes swab antigen, dan pensil, serta kartu deklarasi sehat buat jaga-jaga kalau diminta. 

Peserta akan diminta antri menuju meja pertama dimana panitia akan memeriksa hasil swab antigen peserta, berhubung hasilnya positif panitia langsun paraf di surat keterangan hasil sab antigen terus lanjut lagi deh. Antrinya disini gak lama sih cuma 2 menitan kayaknya. Bentaran doang soalnya padahal panitia di bagian sini cuma satu.

Cek data

Selanjutnya bagian dimana panitia akan mengecek kartu ujian SKB dan KTP. Cocok gak? Saya juga diminta untuk membuka masker dan memperlihatkan wajah ke panitia. Gak ada masalah sih disini, gak kayak waktu mau tes SKD sampai panitia ngomong kok beda sih wajahnya? Huh~. Setelah itu, kartu ujian SKB di paraf oleh panitia dan menandai nama kita di absen yang mereka pegang. Tapi antrian di bagian sini mulai lama. Ada kali 15 menitan doang nunggunya padahal panitia di bagian ini sudah 4. 

Titip Barang

Cuma nitip barang yang bentar banget. Langsung dititip ke panitia dan diberi nomor penitipan. Cepat sih karena semua yang diperlukan udah ada di tangan semua.

Cek data (lagi)

Nah, disini lama banget ngantrinya… mana berdiri pula, pegel euyy. Yang hamil mah tenang aja dikasih kursi paling depan jadi bisa duduk. Kuperhatikan tuh panitia entah kenapa lama banget gak verifikasi peserta. Panitianya lagi sibuk ngotak-ngatik laptopnya padahal udah jam 7 lewat tuh.

Absen

Disini peserta harus antri menjadi 2 barisan untuk tanda tangan sebagai absen dimana absennya dibedakan atas Labkom  6 dan Labkom 7, 8, 9. 

Body check

Nah, disini peserta diperiksa manual dan metal detector oleh panitia. Tapi yang saya heran tuh, saya kan pake konektor masker yang sama saat SKD tapi kenapa metal detectornya malah bunyi. Awalnya kirain karena pentul tapi kata panitai sih konektor masker yang akhirnya disuruh lepas dan nanti bisa diambil setelah ujian.  

Lantai 11

Kami langsung diarahkan untuk naik lift ke lantai 11. Awalnya heran sih kok di lantai 11 padahal kan ujiannya di lantai 9. Ternyata peserta dikumpulkan dulu situ. Saya dan peserta langsung keluar dari lift setelah pintu lift terbuka. Bingung loh gak tahu tahu mau kemana. Akhirnya ada yang inisiatif langsung belok ke kanan yang saya ngikut aja hingga sempat dengar nama saya dipanggil dari arah lain tapi gak kelihatan orangnya. Kirain cuma mau cek peserta hadir doang jadi saya gak nyaut deh. Hadeuhh, kebiasaan buruk emang. 

Sampai ada peserta yang konfirmasi untuk ujian di Labkom 7, 8, 9. Ternyata bukan disini tapi di sisi kiri lift cuy jadi pindah deh disebelah. Baru tahu juga tadi panitia yang manggil nama peserta satu persatu tuh untuk membagikan nomor pin peserta. Lah panik dong saya mana namaku sudah kelewatan. Mau  wc biar gak kebelet saat ujian tapi entar aja deh setelah dapat nomor pin. Ditungguin lama banget namaku dipanggil. Mana panitia sudah ngomong kalau ujiannya sudah mau dimulai. Ya Allah, makin panik dong tapi mencoba untuk tenang. Hingga akhirnya namaku dipanggil juga buat dapatin secarik kertas bertuliskan informasi peserta serta nomor pin dan password. Gak lupa tanda tangan sebagai tanda terima.

Setelah dapat nomor pin baru deh ke WC. Sayangnya antriannya panjang. Mana WC yang berfungsi cuma 1 doang. Antrian masih ada beberapa orang sedangkan panitia sudah mengarahkan peserta untuk turun ke lantai 9 menuju ruang ujian di Labkom 7, 8, 9. Saudaraku sudah manggil jadinya ke wc ditiadakan, untung gak kebelet sih jadi bisa nanti aja setelah ujian. 

Labkom 7, 8, 9 Lantai 9

Peserta antri berbaris menuju lantai 9 menggunakan tangga, lumayan pelan sih jalannya. Kalau dipikir-pikir masih sempat ke wc tuh tapi ya udahlah. Tiba di lantai 9 langsung disambut satpam yang membagikan kertas buram lalu panitia yang memeriksa ktp dan kartu ujian SKB peserta baru boleh masuk ke ruangan. 

Matanya langsung menyapu ruangan dan langsung tertuju di meja komputer yang masih kosong dekat pintu. Berhubung dapat komputer yang kamerany gak nyala jadi diarahkan panitia untuk pindah ke depan yang masih kosong tapi harus ngangkat kursi dulu soalnya gak ada kursinya tuh meja komputer yang di depan. Posisnya tuh pas banget di titik utama AC ruangan yang tentu saja dingin banget cuy. Godaan banget karena saya tuh gak terlaku tahan dingin. Untungnya lagi mikir jadi bisa bikin badan panas karena harus menguras energi dan pakai masker jadi bisa menyeimbangkan suhu tubuh dan suhu ruangan. 

Panitia riweuh banget jika ada peserta yang belum datang sampai di cek di absennya. Padahal sudah jam 8 lewat katanya. Panitia juga riweuh karena ada beberapa komputer yang bermasalah. Pantia akhirnya membagikan nomor token dan mengintruksi kai menginput username dan password (pin) yang ada di kertas yang dibagikan saat di lantai 11 untuk login di komputer. Setelah login, isi biodata berupa nama, tanggal lahir dan nomor token yang dibagikan barusan. Lalu tes dapat dimulai ketika mengklik mulai tes.

Ssttttttt... Ujian dimulai

Saat tinggal mengklik mulai tes mulai ragu karena kebanyakan peserta yang masih riweuh di bagian login komputer. Tapi kalau dipikir-pikir kalau mulai lebih dulu kan setidaknya tidak terlalu banyak distraksi saat peserta yang lain sudah pada selesai. Akhirnya klik mulai juga.

Subtes Etika dan Tridharma Perguruan Tinggi

Sumpah, ini bagian kayak kebanyak gak tahu kebanyak mau jawab apa. Mana panjang-panjanh pula.

Subtes Bahasa Inggris

Soalnya panjang-panjang bro terus bikin bingung, gak jaih beda dengan etika dan tridharma. Akhirya kerjain satu soal saja bisa lama banget tapi bener-bener usahain bisa bener 4 lah minimal biar bisa lolos passing grade. Tapi karema kelamaan ngabisin waktu di satu soal, akhirnya di penghujung waktu jadi asal ngeklik aja.

Subtes Penalaran dan Pemecahan Masalah

Bagian ini kita hanya membuat pernyataan atau kesimpulan berdasarkan data yanh ditampilkan di soal.

Subtes Dimensi Psikologi

Sub tes ini mirip kayak soal TKP di SKD.

Sayangnya sistem CBT ini gak otomatis jadi setiap selesai mengerjakan satu sub tes gak otomatis pindah ke sub selanjutnya. Jadi, harus manual ngeklik akhiri ujian, dsb. Waktinya juga hanya berdasarkan menit gak detail seperti sistem CAT yanh ada detiknya.

Oh iya, panitia tuh gak menjelaskan cara buat mengerjakan soal dan pindah ke sub test lainnya. Terus kan banyak tuh peserta yang tahu. Cara nmenyampaikan kalau ada masalah atau ingin bertanya gak dijelaskan juga oleh panitia. Alhasil, peserta tuh ribut banget kalau bertanya. Panitia juga ada yang ribut. Ya ampun jadi merasa terganggu, tapi tetap ngeusahain buat fokus.

Sempat kasian juga, ada satu peserta yang komputernya mati padahal sudah berlalu 10 menit tapi akhirnya terselesaikan deh masalah komputernya. Pokoknya teknisinya sibuk banget pas awal awal dan pergantian sub tes.

Oh, ada lagi. Ini tuh pas mulai ada 2 peserta yang sudah selesai tes CBTnya dan keluar ruangan karena bakal mulai ada peserta yang keluar ruangan. Ada stu tuh peserta karena entah kenapa gak bisa kuhat nilainya akhirnya bertanya ke panitia yang notabene duduk di depan. Ribu gak tuh? Ya ampun Maemunah! Gak ngerti banget dah kalau yang lain masih ujian dan bisa terganggu karena dia. Adeuhh... Fokus~ tapi dingin banget cuy pas depan ac, tanganku menggigil. Wkwkwk...

Ujian Selesai

Akhirnya selesai uga ujiannya. Semua soal dari 4 sub tes yang diujikan sudah selesai. Selesai ujian gak akan puas kalau gak lihat nilai hasil ujian lagipula hasilnya bisa dilihat langsung setelah menyelesaikan semua tesnya. Kekhawatiran akhirnya berubah menjadi keleaan saat melihat hasilnya yan berada di atas passing grade yang ditentukan. Barakallah. Tak lupa nilainya saya catat di belakan kartu ujian SKB biar gak lupa.

Ada satu sih poin yang saya dapat saat ujian CBT tersebut yaitu bagaimana tetap fokus mengerjakan sesuatu ketika keributan, dan segala gak yang datang mengganggu.

Ngambil barang titipan

Keluar ruangan ada panitia yang mengambil kertas buram yang diberikan sebelum masuk lalu kami diarahkan untuk naik lift. Mungkin karena masih sedikit yang keluar jadi dibolehkan. Coba kalau sudah banyak orang pasti disuruh lewat jalan berulir itu kayak waktu selesai SKD.

Saya langsung menuju ke sisi kanan gedung setelah tiba di lantai 1 keluar dari lift buat ngambil maskerku beserta konektor yang ditaruh saat body checking. Setelah itu baru deh, ngambil barang titipan. Baru deh menepi sambik duduk yanh berada tak jauh dari temoat penitipan barang sambil nunggui saudara juga.

Refreshing

Setelah hati tenang dan nungguin saudara juga yang sama-sama ujian yan juga membaa kabar baik. Buruanlah saya nelpon ibu ngabarin hasil ujian yang memuaskan kanlah, soalnya ibu berdoa sambil nungguin anak-anaknya ujian.  

Berhubung hasilnya tes yan diperoleh memuaskan alias semua hasil ujian sub tes memenuhi passing grade yang ditetapkan maka waktunya adalah refreshing alias jalan-jalan. Saat  mengikuti ujian CPNS di 2 tahun belakangan ini memang saya selalu menyempatkan buat jalan-jalan sebagai bentuk untuk reward untuk diri sendiri. Nanggung banget kalau gak jalan soalnya sekalian keluar rumah. Sekarang mager tambah mager kalau keluar rumah gara-gara ongkos pete-pete naik dari 5 ribu jadi 7 ribu rupiah cuy. Ada busway tapi malah di demo pete-pete akhirnya penumpang deh yang kena dampaknya. Padahal busway silutif banget untuk warga Makassar menurutku. Yah, walaupun pulang tetap naik busway tapi harus transit naik pete-pete lagi. Padahal nih yah kalau normal bisa lewat komplek depan rumah. Eh, jadi curhat deh… Kapan-kapan boleh deh saya tulis cuitan mengenai angkot di Kota Makassar.

Jadi, saya dan saudara tuh jalan-jalannya sih ke Mall Panakkukang paling dekat dengan lokasi ujian Gedung Phinisi UNM. Mau nyari makan, laparr. Eh, tapi masuk mall buru-buru nyari wc dulu soalnya kebelet gara-gara gak sempat masuk karena udah keburu masuk ruang ujian.

You Might Also Like

19 komentar

  1. Assalamualaikum kak, Saya telah membaca tulisan kakak ini, dan tulisan kakak di tahun 2022 yang menceritakan bahwa kakak telah lulus menjadi CPNS Dosen di kampus negeri. Saat ini saya sedang struggle seperti yang kakak lakukan dulu ketika berjuang untuk berprofesi sebagai dosen, yaitu saya sedang mengikuti Rekrutmen CPNS Tahun 2023 kak. Saya ingin bertanya sama kakak terkait dengan materi-materi apa saja yang akan diujikan di tahap SKP di setiap subtesnya kak, lalu apakah kakak punya rekomendasi tempat atau wadah atau media untuk mempersiapkan tes SKB itu kak?
    Jawaban kakak, sangat berarti bagiku, terima kasih kak, maaf ya kak kalau ada kesalahan dari kalimat atau kata-kata yang saya tulis ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam kak, nah kebetulan kan saya pelajari materi dari bahan yg digunakan ketika ikut CPNS di tahun sebelumnya. Bisa kirimkan emailnya kak biar saya kirimkan materinya. Kebetulan materinya masih tersimpan di email

      Delete
    2. ini email saya kak hasanbonardo@gmail.com

      Delete
    3. Done kak, sudah dikirim yah. Btw ngirim pesannya satu kali aja nanti setelah dimoderasi baru bisa muncul kak

      Delete
    4. Bolehkah saya meminta juga materinya?

      Delete
    5. Boleh kak, kirimkan saja emailnya tapi ini materi skd sudah lama yah

      Delete
    6. luthfiapratiwi9@gmail.com terima kasih kak

      Delete
  2. syrencananya akan tes SKB juga untuk cpns dosen, boleh gak minta contoh soalnya juga buat dipelajari

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sudah dikirimkan kak yah. Oh ya, Ini materi lama kak yah

      Delete
  4. kirim ke email saya juga ya kak, boleh ya..
    lectdev@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Ka, boleh minta materinya juga ke email nanari2233@gmail.com terima kasih banyak 🙏

    ReplyDelete
  6. Halo kak, salam kenal. Saya jg tahun ini ikt skb. Kalau boleh tau, soalnya kita bisa kerjakan loncat2 atau tidak ya seperti skd? Misal di sub bhs inggris, kita bisa kerjakan tidak urut nomor. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga kak. Bisa kak loncat loncat tp setiap sub test skb itu kan punya waktu masing-masing misalnya 15 menit itu, saya lupa detail waktunya berapa. Contohnya, ngerjain sub test bhs Inggris waktunya 15 menit bisa loncat selama waktu itu belum habis.

      Delete
  7. selamat siang ka, salam. saya membaca blog kaka. ka boleh gk minta materi untuk skb nya?terimakasih. semoga saya jg bisa menjadi dosen pns

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum ka boleh minta materi skb gk?terimekasih semog kaka selalu sehat dan lancar, semoga saya bisa menjadi pns mengikuti kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, semoga dilancarkan dan lulus pns kak.

      https://drive.google.com/drive/folders/1ovfYEgNXStzAMChxU-C6VmpP6u9F604O?usp=sharing coba

      cek di link ini kak, kebetulan ada teman yg membagikan.

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF