My Story as Honorary Reporter from Indonesia

August 14, 2020

Honorary reporter itu apa? pasti beberapa ada yang belum tahu, nih aku kasih tahu beserta benefit yang didapatkan. sebelumnya, aku memang pernah posting tentang Aku diterima sebagai Honorary Reporter Korea.net.

Mungkin tadi ada yang salfok alias salah fokus judulnya Bahasa Inggris, tapi tenang isinya Bahasa Indonesia kok.

Tentang Honorary Reporter

Honorary Reporter atau dalam Bahasa Indonesia Reporter Kehormatan bertugas sebagai , yang merekrut dari berbagai belahan dunia. Tahun 2020 ini, Honorary Reporter telah memasuki tahun ke-9 sejak diadakan pada 2011.

Tentang Korea.net

Korea.net itu platform berita mengenai Korea baik politik, ekonomi dan samacamnya dan mempromosikan tentang Korea. Korea.net dikelola oleh Korean Culture and Information Service (KOCIS) dibawah naungan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan.

Induction Ceremony Honorary Reporter 2020

2020 Launch Of New Channel & Horonary Reporter Induction Ceremony via instagram.com/2020talktalkkorea

Induction Ceremony itu semacam upacar penyambutan yang dibuat khusus untuk semua Honorary Reporter. Pada 20 Mei 2020 lalu telah dilaksanakan Induction Ceremony Honorary Reporter 2020 bertemakan Discover K-Healing dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Korea.net pada 2 PM KST. Induction Ceremony jiga dirangkaikan dengan launching channel YouTube Korea.net.

Tahun ini diadakan secara online dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga sekarang. Ada 12 Honorary Reporter beruntung dan diundang sebagai perwakilan Induction Ceremony Honorary Reporter 2020. Tahun kalu diadakan secara langsung di Korea dengan mengundah Honorary Reporter terpilih, tapi setiap negara juga akan mengadakan Induction Ceremony di Pusat Kebudayaan Korea masing-masing negara, seperti tahun lalu yang juga diadakan di KCCI.

Sebelumnya kami Honorary Reporter diminta untuk merekam diri sendiri dalam sebuah video yang berisi harapan, asa dan impian - wah~ Q - sebagai Honorary Reporter. Nah, video ini bakal di kompilasi dengan video Honorary Reporter lainnya yang berasal dari berbagai negara, keren gak tuh.

Honorary Reporter disambut First Lady Korea Selatan

The First Lady Kim Jung Sook pada Induction Ceremony Honorary Reporter 2020 via twitter.com/TheBlueHouseKR

Induction Ceremony dilaksanakan di Cheongwadae - Blue House atau Rumah Biru yang merupakan kantor kepresidenan Korea Selatan - dengab dihadiri dan disambut oleh First Lady Kim Jung Sook, istri dari Presiden Korea Selatan.

ATEEZ meriahkan Induction Ceremony Honorary Reporter 2020

ATEEZ pada Induction Ceremony Honorary Reporter 2020 via twitter.com/ATEEZUD

Induction Ceremony juga dimeriahkan oleh boy group Korea Selatan ATEEZ sebagai Ambassador of 2020 Talk Talk Korea. Talk Talk Korea adalah portal yang masih bagian dari Korea.net dimana artikel Honorary Reporter nongol. Talk Talk Korea juga menjadi brand untuk kontes konten berbagai hal tentang Korea dimana tema dan kategori bisa berbeda tiap tahun.

Apa Keuntungan menjadi Honorary Reporter?

Ada berbagai keuntungan dengan menjadi Honorary Reporter, salah satunya adalah mendapatkan kawan dari berbagai negara dan yang juga menyukai Korea. Selain itu akan saya jabarkan disini.

Sertifikat

Sertifikat Honorary Reporter via aindhae

Setelah Induction Ceremony Honorary Reporter 2020 dilaksanakan, kami sebagai Honorary Reporter secara resmi telah diterima dan berhak mendapatkan sertifikat dalam bentuk soft copy yang dikirimkan melalui email. Bangga deh rasanya dapat sertifikat tukisannya Hangeul (huruf Korea).

Souvenir

Souvenir untuk Honorary Reporter via instagram.com/s.syaifani

Nah, Honorary Reporter juga dapat sertifikat dalam bentuk hard copy, pin, buku pidato dari Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Surat dari Kim Jung Sook, Istri Presiden. Souvenir ini katanya diberikan kepada Honorary Reporter yang telah berkontribusi membuat artikel tentang COVID-19. Eh tapi, aku buat artikel juga tapi kagak ada kiriman itu sampai sekarang padahal udah ditungguin. Kayaknya emang gak dapat, sedih ih~.

K-Influencer 

Siapa yang berminat menjadi YouTuber tapi pengen share konten ala Korea? Atau sedang merintis menjadi Influencer Korea? Nah, K-Influencer jawabannya. Ini dibina langsung oleh The Korea Culture and Information Service (KOCIS) yang dibuka hingga 1 Mei lalu.

K-Influencer ini diperuntukkan bagi YouTuber ataupun baru merintis yang suka dengan apapun tentang Korea yang ingin dan memiliki kanal Youtube. Kalo ingin mendaftar hanya perlu mengirimkan video yang menunjukkan betapa kamu sangat menyukai Korea dan pengetahuanmu tentang Korea. Kalo terpilih kamu bisa mendapatkan jasa konsultasi untuk chanel YouTubemu, mentor, dukungan untuk karyamu, partisipasi di acara Korea bahkan bisa muncul di televisi. 

K-Influencer akan sangat terbuka bagi Honorary Reporter dan kesempatan diterima lebih besar. Berhubung saya gak ahli soal video jadi gak daftar, sepertinya gak ada bakat sama sekali kalo soal ini deh.

Honorary Reporter sebagai penulis di Talk Talk Korea dan Korea.net 

Sejak awal pendaftaran bahwa Honorary Reporter akan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Namun, ada 9 bahasa yang dapat digunakan untuk menulis artikel sebagai Honorary Reporter yaitu Bahasa Cina, Jepang, Arab, Spanyol, Rusia, Perancis, Jerman, Vietnam termasuk Bahasa Inggris. Bahasa Indonesia belum ada sih, tapi gak menutup kemungkinan bakal tersedia jika permintaan tinggi dan Korea.net mengiyakan.

Artikel yang ditulis harus sesuai dengan kaidah penulisan atau petunjuk penulisan yang telah diberitahukan kepada Honorary Reporter seperti hasil tulisan sendiri, bukan plagiat dan memiliki copyright dari gambar atau foto yang ada di artikel, sehingga bila menggunakan milik orang lain harus mendapatkan izin terlebih dahulu. 

Semua artikel yang disetujui bisa dibaca di Talk Talk Korea dan hanya artikel terpilih yang bisa diterbitkan di Korea.net, Koreana Magazine ataupun media Korea lainnya tentunya akan diberitahukan kepada Honorary Reporter yang bersangkutan. Ada honorariumnya sih ini kalo bisa terbit di Korea.net.

Sampai saat ini sih, artikel yang saya tulis masih dipublish di Talk Talk Korea dan belum ada yang nembus di Korea.net. Syukur-syukur masih di publish karena saya juga masih awam dalam menulis artikel apalagi wajib pake Bahasa Inggris. Hitung-hitung sekalian belajar Bahasa Inggris.

Honorary Reporter dan Korea Cultural Center Indonesia

Honorary Reporter juga akan mendukung kegiatan dari Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). KCCI merupakan Pusat Kebudayaan Korea yang dikelola langsung oleh Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia.

KCC mengumpulkan data Honorary Reporter dan Sahabat Korea agar bisa saling berkomunikasi dan diundang ke acara ataupun program yang diadakan KCCi maupun Instansi Korea lainnya terutama buat yang berada di wilayah Jabodetabek nih. Hal yang sama juga akan berlaku bagi Honorary Reporter dari negara lain.

Misi Honorary Reporter

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan Korea.net mengadakan misi yang harus dilakukan yang dilakukan secara daring atau online berhadiah souvenir ataupun amazing gift card. Misi kali ini berupa K-Subscriber Competiton.

K-Subscriber competiton via Korea.net
Nah, saya mau minta bantuan kepada pembaca sekalian untuk mendukung misi aku sebagai Honorary Reporter. Jika kalian berkenan ikuti step ini.

Step 1

Subbscribe 4 Channel Youtube Korea.net berikut ini:

① Korea.net: https://www.youtube.com/channel/UC6oRqb8L9Cv8yOu8hm4E__g

② K-influencer: https://www.youtube.com/channel/UC0M7dSBkOlepWz36Rcch3AQ

③ Korea Trend: https://www.youtube.com/channel/UCbbR69I77T-DNOy3hAdt6-w

④ Korea in the World: https://www.youtube.com/channel/UCtNQpcEeM55qSXqwk5sxj6A

Step 2

Isi form https://forms.gle/QKsb7kyCxtfsfKLi7 dan masukkan 112275 dibagian Your friend & family's Code. Ingat yah kodenya 112275.


Oke, terima kasih telah membaca postingan ini, apalaginjika kalian mbantu menyelesaikan misi saya. 

Saya Andi Sukma Indah, Honorary Reporter dari Indonesia. Sekian.








You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

COMMUNITY