Relative Feed Value (RFV)

June 25, 2021

Relative Feed Value (RFV)

Relative Feed Value (RFV) atau Nilai Pakan Relatif merupakan indeks yang digunaan untuk membandingkan kualitas hijauan relatif terhadap nilai pakan alfalfa yang sedang berbunga. RFV digunakan untuk membandingkan hijauan berdasarka 2 hal yaitu seberapa baik akan dikonsumsi dan dicerna.

RFV ditentukan oleh kandungan Acid Detergent Fiber (ADF) dan Neutral Detergent Fiber (NDF). ADF mengevaluasi kandungan selulosa dan lignin dalam hijauan dan berhubungan erat dengan kecernaan. ADF juga digunakan untuk menghitung kandungan energi (NEM, NEL dan NEG) suatu hijauan.  NDF merupakan evaluasi kandungan serat total yang meliputi hemiselulosa selain kandungan selulosa dan lignin. Kandungan NDF terkait dengan asupan karena mengevaluasi bulkiness dari hijauan.

Baca Juga:

6 RUMUS TOTAL DIGESTIBLE NUTRIENT (TDN) MENURUT PARA AHLI

5 FORMASI CPNS 2021 SARJANA PETERNAKAN

JURNAL PETERNAKAN DALAM NEGERI TERAKREDITASI SINTA

Alfalfa dan RFV 

RFV menggambarkan kualitas hijauan,untuk menentukan kualitas jerami (nilai asupan dan energi) dan dalam penetapan harga jerami yang dikembangkan untuk alfalfa; namun karakteristik serat berbeda di antara spesies hijauan dan tidak dapat digunakan untuk membandingkan rumput atau rumput jerami alfalfa dengan alfalfa; digunakan untuk menentukan kualitas jerami alfalfa tegakan; dan dinyatakan sebagai persentase alfalfa pada 100 persen mekar, yang RFV-nya 100. Alfalfa dengan indeks RFV 100 pada tahap pertumbuhan dari alfalfa mekar penuh, dengan asumsi 41% ADF dan 53% NDF yang mencerminkan kecernaan (dari % ADF) dan potensi asupan (dari % NDF) alfalfa.

Kualitas pakan alfalfa yang dipanen sebagai jerami atau jerami sangat bergantung pada kematangan tegakan. Dengan meningkatnya kematangan, karbohidrat struktural tanaman, yang diukur dengan fraksi ADF dan NDF, meningkat. Fraksi serat ini mewakili bagian tanaman yang lebih tidak dapat dicerna. Akibatnya, kecernaan dan energi yang diperoleh melalui fermentasi menurun seiring dengan kematangan.

RFV digunakan untuk menentukan peringkat hijauan serupa untuk potensi asupan bahan kering. Ukuran kualitas alfalfa yang paling banyak diterima adalah RFV karena RFV alfalfa akan lebih tinggi daripada hijauan berkualitas tinggi lainnya karena rasio NDF terhadap ADF paling rendah di alfalfa.

RFV alfalfa bisa terlalu tinggi bila merupakan komponen utama dari program hijauan. Beberapa alfalfa kualitas sangat tinggi dapat menguji lebih dari 200 RFV. Biasanya, program hijauan semua alfalfa dengan RFV 180 atau lebih tinggi akan menghasilkan laju perpindahan hijauan yang terlalu cepat. Hijauan RFV yang lebih rendah harus disertakan dengan jerami RFV yang luar biasa tinggi untuk memperlambat laju perpindahan.

RFV telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membandingkan kualitas legum dan jerami legum/rumput dan silase. Memiliki satu indeks untuk menentukan harga jerami dan memprediksi kinerja hewan sangat berguna bagi produsen ternak dan petani jerami.

Keterbatasan RFV 

1. DDM dan DMI diasumsikan konstan untuk semua hijauan.

RFV tidak mempertimbangkan kecernaan serat. Oleh karena itu mendiskriminasi hijauan dengan serat yang sangat mudah dicerna. Hijauan Haycrop yang mengandung rumput diremehkan oleh sistem RFV karena rumput mengandung lebih banyak NDF tetapi NDF lebih mudah dicerna daripada di alfalfa.

RFV harus digunakan untuk membandingkan hijauan dalam spesies yang sama. RFV silase jagung berkualitas tinggi tidak akan setinggi alfalfa berkualitas tinggi, tetapi itu tidak berarti bahwa silase jagung adalah bentuk energi yang sangat baik. 

2. ADF dan NDF adalah satu-satunya nilai laboratorium yang digunakan dalam perhitungan.

Meskipun RFV dapat memberikan gambaran umum tentang kualitas hijauan, tidak memberikan perkiraan seberapa dekat jerami akan memenuhi kebutuhan nutrisi hewan. 

RFV adalah nilai yang dihitung dari analisis laboratorium konsentrasi serat dalam sampel jerami. Itu tidak memberikan informasi apa pun tentang kebersihan jerami. Terlepas dari RFV, jerami kuda harus bebas dari debu dan jamur. Kuda rentan terhadap iritasi pernapasan dari jerami yang berjamur dan berdebu, dan iritasi ini dapat memengaruhi kinerja olahraga. Oleh karena itu, ketika membeli jerami, inspeksi visual dan analisis laboratorium dari komposisi harus dipertimbangkan dalam mengevaluasi nilainya.

3. Konsentrasi protein kasar hijauan tidak digunakan.

Ketika RFV dihitung, kandungan protein hijauan tidak termasuk dalam perhitungan. Karena protein adalah nutrisi yang mahal, kandungan protein alfalfa harus dipertimbangkan bersama dengan RFV ketika mengevaluasi kualitasnya.

Indeks tidak membahas nutrisi lain seperti protein kasar yang secara signifikan mempengaruhi kualitas. RFV dihitung hanya dari jumlah serat dalam jerami dan tidak membahas jumlah protein, kalsium, fosfor, atau nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan.

4. RFV tidak dapat digunakan dalam formulasi atau evaluasi ransum.

Nilai RFV yang lebih tinggi menunjukkan kualitas hijauan yang lebih tinggi. Karena sistem RFV dikembangkan menggunakan hijauan legum dan respons asupan sapi perah laktasi, sistem ini bekerja paling baik bila diterapkan pada situasi tersebut.

Penggunaan RFV terbaik adalah untuk memilih hijauan yang akan digunakan dalam ransum yang membutuhkan kepadatan nutrisi tinggi seperti sapi perah berproduksi tinggi. Alfalfa dengan RFV kurang dari 140 tidak boleh dianggap cukup baik untuk sapi laktasi awal. Namun, alfalfa dengan RFV 125 hingga 140 dapat diberikan kepada sapi perah pada akhir laktasi. RFV alfalfa yang lebih rendah akan cukup untuk pertumbuhan sapi dara

Cara Menghitung RFV

RFV dihitung berdasarkan estimasi bahan kering yan dapat dicerna dan potensi konsumsi bahan kering. RFV tidak memilii satuan unit.

RFV = DDM x DMI / 1,29 (Redfearn dan Zhang, 2016)

DDM  = Digestible Dry Matter (Kecernaan bahan kering) = 88,9 - (0,779 x % ADF)

DMI = Dry Matter Intake (Konsumsi bahan kering) = 120 / NDF

dimana pembilang, 120, dalam perhitungan DMI menunjukkan asupan pakan maksimum dalam ransum susu berbasis alfalfa ketika NDF adalah 1,2 lb per 100 lb berat badan; pembagi, 1,29 dalam perhitungan RFV dipilih sehingga RFV alfalfa mekar penuh memiliki nilai 100.

Contoh: 

Alfalfa hay atau haylage (ADF 32%, NDF 40%) 

DDM = 88,9 - (0,779 x 32) = 63,97

DMI = 120/40 = 3

RFV = (63,97 x 3) / 1,29 = 149

Aplikas RFV pada Ternak Ruminansia

RFV dimaksudkan untuk mencerminkan seberapa baik hewan akan makan dan mencerna hijauan tertentu jika diberi makan sebagai satu-satunya sumber energi RFV dihitung dari kandungan ADF dan NDF suatu hijauan.  

RFV bekerja dengan baik untuk membandingkan alfalfa murni tetapi tidak dapat digunakan untuk membandingkan alfalfa dengan rumput alfalfa atau rumput murni. RFV dikembangkan untuk ternak dan memperhitungkan kecernaan jerami yang diharapkan serta tingkat konsumsi yang diharapkan. Pada dasarnya asumsi bahwa semakin baik kualitas jerami, semakin mudah dicerna oleh hewan dan semakin banyak yang dapat dikonsumsi. Kecernaan dan perkiraan asupan dihitung dari konsentrasi serat deterjen netral (NDF) dan serat deterjen asam (ADF) dalam jerami. Saat tanaman hijauan matang, ia menjadi lebih berserat dan bertangkai, yang dihasilkan dari peningkatan konsentrasi NDF dan ADF. Jadi, saat NDF dan ADF meningkat, RFV menurun.

Literatur

Redfearn D, Zhang H. 2016. Forage quality interpretations. Oklahoma Cooperative Extension Service PSS-2117.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF