Lomba Esai "The Understanding Korea Contest 2021"

June 04, 2021

Call for Essays of the Understanding Korea Contest 2021
Call for Essays of the Understanding Korea Contest 2021 (credit: aks.ac.kr)

Halo semuanya!

Awal Juni ini saya ingin membagikan mengenai lomba esai The Understanding Korea Contest 2021 yang diadakan oleh CEFIA di AKS sebagai rumah dari Understanding Korea Project yang berusaha untuk memberikan informasi yang akurat, mengoreksi dan meningkatkan konten tentang Korea dalam buku teks Internasional.

Saya memang udah berniat membagikan mengenai berbagai lomba tentang Korea di blog saya ini terutama lomba esai yang pernah sebelumnya saya bagikan di aindhae.com. Meskipun belum istiqomah untuk memberikan informasi tapi saya sudah mencoba membagikan lomba terkait Korea yang insya Allah berfaedah. Terlebih lagi mengikuti lomba mengenai Korea akan menambah pengalaman dan portofolio kalian jika ingin berniat melanjutkan sekolah ke Negeri Gingseng tersebut karena akan menjadi nilai plus bagi kalian.

Baca Juga:

LOMBA ESAI UNTUK MAHASISWA SE-ASEAN DAN KOREA BERHADIAH RP. 25 JUTA

Jadi, bagi kalian yang mau ikutan lomba esai ini perhatikan panduannya yah. Silahkan dibaca!

Penyelengara

The Understanding Korea Contest 2021 diadakan oleh Center for International Affairs (CEFIA) dari Academy of Korean Studies (AKS) yang dibawahi oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan. CEFIA didirikan sejak Maret 2003 memiliki tujuan yaitu agar dapat menjalankan peran memberikan pengetahuan tentang sejarah dan budaya Korea kepada dunia.

CEFIA memiliki 2 proyek inti yaitu:

Pertama, proyek International Support for Korean Studies yang memberikan dukungan studi Korea melalui beragai kegiatan.

Kedua, proyek Understanding Korea yang bertujuan untuk meningkatkan informasi terkait Korea dalam buku teks di seluruh dunia dan memastikan bahwa deskripsi Korea adalah inisiatif multilateral yang lebih menyeluruh yang salah satunya yaitu lomba esai The Understanding Korea Contest 2021 yang akan saya jabarkan kali ini.

Tema

Detail tema untuk mengikuti lomba esai yaitu:

1. Gambaran Internasional & Korea

  • Gambaran Korea dalam materi instruksi internasional (Bahannya bisa kalian cari dari buku teks internasional, situs Internet, dll.)
  • Proposal tentang bagaimana cara meningkatkan citra Korea.

2. Peningkatan dalama memanahami material Korea

  • Peningkatan menggunakan materi Pemahaman Korea dan saran untuk mengembangkan materi baru

Understanding Korea materials yang diterbitkan oleh AKS sebagai bahan untuk mengikuti lomba esai ini dapat kalian lihat melalui situs https://www.aks.ac.kr/ikorea/english/ → Memahami materi Korea.

Peserta

Semua orang dapat mengikuti lonmba esai ini termasuk orang Indonesia yah dimanapun kalian berada entah di Korea ataupun di Indonesia. Nah, kecuali orang Korea yang tinggal di Korea.

Pendaftaran

Aplikasi pendaftaran dilakukan melalui situs resmi Academy of Korean Studies.

Bahasa

Esai yang dikirimkan harus berbahasa Korea atau Inggris. Selain dari itu tidak akan diterima.

Panjang Esai

Esai harus memiliki panjang kurang lebih 3 halaman dengan ukuran kertas A4.

Formulir

Download atau unduh formulir aplikasi dari buletin informasi di halaman Call for Essays : The Understanding Korea Contest 2021. Perlu dperhatikan bahwa hanya formulir resmi yang akan diterima, jadi pastikan kalian menggunakan formulir yang telah didownload dari link tersebut.

Esai yang dapat diajukan dapat memilih menggunakan tema pertama, tema kedua ataupu gabungan dari kedua tema.

Hadiah

Hadiah untuk pemenang lomba esai ini akan terdiri atas tiga kategori, yaitu:

Grand Prize

Grand Prize adalah hadiah yang diberikan kepada 2 pemenang oleh kementerian (Ministry of Foreign Affairs (MOFA) atau Kementerian Luar Negeri dan Ministry of Education (MOE) atau Kementerian Pendidikan) senilai 1.000.000 won

Excellence Prize

Excellence Prize adalah hadiah yang diberikan kepada 4 orang oleh Presiden AKS senilai 400.000 won

Participation Prize

Participation Prize adalah hadiah yang diberikan kapada 6 orang oleh Center Director senilai 200.000 won

Oh ya, pajak yang berkaitan dengan penerimaan dan penggunaan hadiah akan menjadi tanggung jawab pemenang yah. Setelah saya konversi, bahkan untuk Partcipation Prize pun akan berumlah 2,5 jutaan, lumayan deh kalo menang.

Periode Pendaftaran

Aplikasi pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Juni 2021 hingga 31 Juli 2021 pukul 18.00 KST (Korea Standard Time atau waktu standar Korea). Aplikasi yang melewati batas waktu pendaftaran tidak akan diterima yah jadi pastikan kalian memperhatikan waktunya. Pukul 18.00 KST itu berarti pukul 16.00 WIB (Waktu Indonesia Barat), 17.00 WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan 18.00 WIT (Waktu Indonesia Timur).

Pengumuman Pemenang

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 September 2021 yang akan diposting di situs web Center. Selain itu, semua pemenang pasti akan diberitahukan satu per satu secara pribadi.

Kontak

Jika ada pertanyaan kalian bisa menghubungi Pusat Urusan Internasional Akademi Studi Korea melalui email highspirit@aks.ac.kr karena pertanyaan akan direspon hanya jika melalui email, bukan melalui yang lain yah.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF