Festifal Kece di Makassar, Harus Datang Nih!

May 31, 2020

Kota kelahiran dan aku dibesarkan, Makassar merupakan kota yang beragam. Berbagai macam budaya dapat ditemukan disini meskipun didominasi oleh kebudayaan masyarakan bugis makassar. Nah festival nya juga gak kalah seru.
Saya ingin memperkenalkan berbagai festival keren, kece dan berkualitas yang wajib kamu datangi di Makassar (tapi setelah corona mereda). Mulai dari festival musik, film, beasiswa dan paduan berbagai elemen tapi bukan avatar. Datang dan enjoy it buat memeriahkan festivalnya!

Festival Internasional F8

Makassar International Eight Festival & Forun (F8) officially in the list Top 10 Wonderful Event Indonesia 2020 via instagram.com/f8makassar
Festival Internasional F8 di Makassar merupakan festival perpaduan semua potensi kreatif yang berakar kuat pada tradisi serta budaya lokal disajikan dalam satu panggung berlatar alam yang diselenggarakan sejak 2016. Angka 8 menunjukkan akan ada 8 unsur dalam festival besar ini yaitu Fashion, Food, Fiction Writers & Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna, dan Film.
Festival F8 meliputi campuran tema yang khas dan inklusif yaitu hampir semua orang akan mendapatkan sesuatu hiburan atau kegiatan yang menyenangkan.
F8 ini digelar untuk mengenalkan dan mewariskan ragam budaya Sulawesi Selatan kepada dunia. F8 bahkan berhasil masuk dalam Top 10 Wonderful Event Indonesia di tahun 2019. Jika COVID-19 telah mereda dalam waktu dekat maka F8 akan kembali digelar tahun 2020. 

Makassar International Writers Festival (MIWF)

See you in Makassar International Writers Festival 2021 via makassarwriters.com
MIWF adalah event tahunan yang rutin diadakan bertemakan sastra sejak tahun 2012 di Makassar. MIWF berawal dari acara kecil-kecilan yang diadakan oleh Rumata' Artspace pada tahun 2011 yang telah membawa pengaruh cukup besar bagi masyarakat, tidak hanya dalam dunia kesusastraan (penulis, pembaca, penerbit, kritikus) melainkan juga bagi masyarakat setempat dan Indonesia Timur.
MIWF bertujuan untuk menghubungkan penulis, seniman, aktivis sastra, penerbit, pembaca, kaum muda dan khalayak umum untuk meningkatkan kebiasaan membaca di kalangan orang Indonesia (terutama anak muda dan mahasiswa) dan untuk mendorong kegiatan menulis dan publikasi. Meningkatnya jumlah perpustakaan komunitas, meningkatnya minat terhadap buku dan acara bercerita dan peluang tak terbatas untuk berkolaborasi dengan penulis dan seniman lokal, nasional dan internasional adalah sorotan utama festival ini. 
MIWF dianugerhkan The winner of the Literary Festival Award dari The London Book Fair 2020.
Rumata' Artspace akhirnya memutuskan untuk mengadakan MIWF ke-10 pada  23-26 Juni 2021 setelah menimbang kondisi sekarang ini yang mengkhawatirkan dikarenakan pandemi COVID-19. 

Japanese film festival (JFF)

Thank you & see you in Japanese Film Festival 2020 via instagram.com/indonesiajff
JFF adalah festival yang menayangkan fil Jepang yang satu-satunya diadakan di luar Jepang. Pertama kali JFF dadakan pada tahun 2015 oleh Badan Urusan Kebudayaan Jepang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang, Japan Foundation, dan Japan Image Council. JFF menerima sambutan yang baik maka mulai 2016, Japan Foundation berinisiatif untuk mengadakan JFF setiap tahun hingga sekarang.
Japan Foundation (JF) adalah pusat kebudayaan Jepang di bawah naungan pemerintah Jepang yang bertujuan untuk mengenalkan budaya dan intelektual Jepang ke negara lain. Termasuk JF yang didirikan di Jakarta pada tahun 1979, hingga sekarang masih aktif dengan berbagai programnya berbau jejepangan.
JFF juga mengadakan talkshow atau workshop singkat mengenai film dengan mengundang sang aktor, produser atau penulisnya. Selain itu, film Indonesia terpilih juga ditayangkan dalam festival film ini seperti film hits Indonesia ataupun film garaoan dari kedua negara yaitu Jepang dan Indonesia. 
Sampai sekarang sudah ada 5 kota sebagai lokasi teetap penyelenggaraan JFF ini yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan termasuk Makassar. CGV sebagai partner resmi menjadi venue pelaksanaan di setiap lokasi. JFF selanjutnya akan dadakan pada akhir tahun 2020.

Korea indonesia film festifal (KIFF)

Kamsahamnida, terima kasih, sampai jumpa di KIFF 2020 via instagram.com/festfilmkorea
KIFF merupakan festival film tahunan yang masih bagian dari Korea Festival yang rutin diadakan pada bukan oktober setiap tahunnya. KIFF diadakan oleh Korea Cultural Center (KCC) Indonesia yang merupakan pusat kebudayaan korea  yang secara aktif menyebarkan budaya Korea sejak 2011. KCC ini masih dibawah naungan  Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Republik Korea. 
KIFF memiliki misi  dan tujuan yang masih sama seperti sebelumnya yaitu untuk memperkenalkan kehidupan sosial, kebudayaan dan tradisi warga Korea melalui film, begitupula sebaliknya.
Makassar masuk dalam daftar kota pelaksanaan KIFF 2018, namun harus absen pada KIFF 2019. Semoga KIFF selanjutnya kembali dilaksanakan di Makassar. 

Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI)

Festival Sinema Australia Indonesia 2020 via evenbrite.com
Dari namanya saja sudah dapat diketahui FSAI ini adalah festifal yang memutar film besutan Australia dan Indonesia. Ada sesi kelas film juga pada FSAI yang dibahas bersama pakar atau dosen film.
FSAI merupakan bagian dari program Australia Connect oleh Kedutaan Besar Australia.
FSAI dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Makassar. Pada tahun 2020 ini telah memasuki tahun ke-5 pelaksanaan FSAI dan lokasi bertambah menjadi 6 yaitu di Jakarta, Surabaya, Mataram, Bandung, Yogyakarta juga Makassar.
Bagi yang ingin menonton pun diberikan secara gratis namun harus memesan tiket terlebih dahulu di platform digital evenbrite. Nah khusus Makassar gak perlu registrasi, tinggal datang sejam sebelum acara dimulai. Berhubung pelaksanaan FSAI di awal tahun yaitu di bulan Februari, sehingga masih sempat dilaksanakan. Jadi, selanjutnya menunggu FSAI 2021.

World Indonesia Scholarship Festival (WISH)

World Indonesia Scholarship Festival (WISH) 2020 via indorelawan.org
WISH penting buat para pencari beasiswa ataupun melanjutkan studi baik di dalam negeri maupun luar negeri. WISH meruapakn kegiatan beasiswa terbesar pertama di Indonesia yang mempertemukan para scholarship hunter, awardee, komunitas/organisasi, lembaga pendidikan (dalam dan luar negeri), kedutaan asing, pemerintah hingga perusahaan/institusi yang peduli terhadap beasiswa dan pendidikan di Indonesia. Tahun 2020 ini rencananya akan dilakukan roadshow ke 15 kota namun sekali lagi akan ditunda dikarenakan pandemi COVID-19. 
Ada berbagai macam forum dalam WISH mulai dati inspiring talkshow, forum beasiswa, scholarship supermentor and competition, education and scho expo dan workshop. Pokoknya WISH ini bisa kamu manfaatkan untuk memperlias wawasan untuk melanjutkan studi.
WISH mulai dilaksanakan tahun 2018 dan mendapat antusias yang tinggi hingga lebih sari 25.000 peserta sehingga dilanjutkan dengan mengadakan kembali pada tahun 2019 di 21 kota termasuk Makassar. Festival seperti ini masih terbilang jaran di makassar bila dibandingkan di Jakarta. WISH diadakan berkat kolaborasi berbagai komunitas dan organisasi pendidikan termasuk Mata Garuda LPDP, salah satu lembaga pemberi beasiswa yang terkenal di Indonesia.

Rock In Celebes (RIC)

Rock In Celebes 2020 via twitter.com/rockincelebes
Bagi pecinta musik maka ini festivalnya. RIC merupakan festival musik dari berbagai genre baik dari Indonesia maupun mancanegara. Dari Indonesia sendiri, terlibat penyair ibu kota bahkan musik indie juga hadir dalam festival ini. 
RIC sudah dilaksanakan selama 1 dekade sejak 2010. RIC berawal dari gigs reguler yang bernama Chamber Show sejak 2004, dan akhirnya pada tahun 2010 menjelma menjadi medium festival Rock In Celebes. RIC digagas oleh Hardiansyah yang jiga owner dari Chamber Entertainment.
RIC konsisten dalam menampilkan festival musik sehingga tetap terjaga yang bertahan hingga saat ini.
Dikarenakan pandemi RIC 2020 pun ikut serta dalam gerakan Work for Home dengan mengadakan ‘Rock In Celebes at Home and Online’ pada 2-6 Juni 2020.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF