Mengenal Hanbok (Part 1): Pakaian Kerajaan ~ 궁중복식 ~ Gungjungboksik

January 27, 2021

Ada yang tahu Hanbok? Ya, Hanbok adalah pakaian traditional Korea yang biasanya dipakai saat hari besar dan semacamnya. Hanbok juga menjadi pakaian yang wajib dikenakan saat berkunjung di beberapa istana di Korea. 

Hanbok juga akan selalu kalian lihat di drama Korea saeguk atau bertema kerajaan. Kalian Perhatikan gak sih bahwa ada perbedaan hanbok yang digunakan baik antara anggota kerajaan dan rakyat biasa, baik wanita maupun pria juga akan berbeda, dan masing-masing memiliki nama. Itupun berbeda lagi tergantung acara atau urusan yang harus dihadiri.

Saya menulis ini berawal saat merapikan buku-buku di kamar dan menemukan handbook mengenai Hanbok. Saya memperolehnya ketika menghadiri seminar mengenai Hanbok pada 29 September 2018 di KCC Indonesia (hmm... sudah lama yah dan jadi rindu maen kesana) yang berjudul "Wear HANBOK on Happy Day" dalam rangka 2018 Hanbok Cultural Education Contents Promotion Project. 

Umumnya, Hanbok terbagi atas dua yaitu untuk kerajaan dan umum. Nah, Kali ini saya akan membahas terlebih dahulu mengenai pakaian kerajaan di Korea dalam bahasa Korea berarti 궁중복식 (Gungjungboksik).

Siapa tahu kalian bisa langsung menebak jenis hanbok apa yang digunakan oleh artis dan idol Korea favorit kalian. 

Pakaian Raja (왕복: Wangbok) 

1) Myeonbok (면복) dan Myel-lyu-gwan (몔류관)

(credit: kook-hyang.com)

Myeon-bok adalah pakaian seremonial Raja yang dipakai untuk upacara pengorbanan kenegaraan yang diadakan di Kuil Jongmyo atau Altar Sajikdan atau upacara resmi lainnya di Jeongjo (Pagi Bulan Pertama), Dongji (Titik Balik Matahari Musim Dingin), Johoe (Audiensi Istana), atau Napbi (pernikahan). 

Myeon-bok dikenakan dengan myeollyugwan dan jubah yang disebut gonbok, yang meliputi gonui (jubah dengan sulaman desain naga), jungdan (jubah bagian dalam), pyeseul (ornamen sabuk), ikat pinggang, paeok (ornamen giok), daedae (sabuk lebar ), su (hiasan warna-warni), mal (kaus kaki), seok (sepatu), dan gyu (pita jubah luar).

Myel-lyu-gwan adalah mahkota kekaisaran. Myel-lyu-gwan memiliki garis yang terbuat dari manik-manik biru, merah, kuning, hitam. 12 baris untuk Raja, 9 baris untuk Putra Mahkota, 7 baris untuk putra tertua Putra Mahkota.

2) Je-bok (제복) dan Yang-gwan (양관)

(credit: hanbokinfo.files.wordpress.com)

Je-bok adalah pakaian seremonial tertinggi yang dikenakan untuk ritual Konfusianisme oleh sarjana-bangsawan pada zaman dinasti. Raja dan para pejabatnya mengenakan jebok saat melaksanakan ritual istana yang paling khusyuk, seperti pengorbanan kepada leluhur dan dewa masyarakat.

Yang-gwan adalah mahkota resminya.

3) Jobok (조복) dan Won-yu-gwan (원유관)

(credit: quora.com/q/hangukyusa)

Jobok adalah pakaian resmi Raja yang dikenakan saat pertemuan pagi dengan pejabat (menerima tamu) dan upacara lainnya. Raja juga mengenakan kaus kaki panjang berwarna putih dan sepatu bot hitam.

Won-yu-gwan adalah mahkota Raja.

4) Hong-yongpo (홍룡포) dan Ik-seon-gwan (익선관)

(credit: kook-hyang.com)

Hong-yongpo merupakan mantel raja dengan pola naga. Hong berarti merah, jadi Hong yongpo adalah Yongpo merah. Namanya bervariasi menurut warnanya. 

Hong-yongpo terdiri atas Hwangikseongwan (topi bersayap), gonryongpo (jubah kerajaan), okra (sabuk giok), dan hwa (sepatu). Gonryongpo juga disebut sebagai yongpo karena desain naga bercakar lima, simbol otoritas raja, disulam di dada, di punggung dan bahu, tetapi lebih kecil dari sebelumnya. Lengan bajunya lebar, dan sisi depan jubah dilipat ke belakang dan dijahit menjadi satu di atasnya. Goreum (tali jaket) terbuat dari kain yang sama dengan yang digunakan untuk lapisan dalam, dan geot goreum (tali jaket luar) dibuat dalam tiga bagian.

Ik-seon-gwan adalah mahkotanya.

Memiliki Bo (*digunakan untuk jubah berhias yang dikenakan oleh keluarga kerajaan) di bagian depan dan belakang.

Pola pada Bo bervariasi menurut kelas. Raja dan Ratu memiliki naga berjari lima. Putra mahkota dan putri mahkota memiliki naga berjari empat.

5) Jobok (조복) dan Yang-gwan (양관)

(credit: doi.org/10.30751/kfcda.2019.21.2.75)

Jobok adalah pakaian yang dikenakan oleh para abdi dalem raja ketika raja melakukan ritual leluhur.

Pakaian Ratu (왕비복)

1) Jeokui (적의) dan Daesu (대수)

(credit: royalcostume.net)

Jeokui adalah jubah upacara utama yang juga dikenakan oleh putri mahkota atau istri Raja. dan merupakan pakaian istana wanita Korea yang paling formal.

Pada tahun 1897 Raja Gojong menjadi Kaisar Gojong, dan Dinasti Jose menjadi Kekaisaran Han Agung. Daeryebok merah ratu (pakaian seremonial lengkap) diubah menjadi guryong sabonggwan indigo gelap dengan dua belas bagian. Dikatakan sebagai 12 Deong-Jeokui, artinya dibagi menjadi 12 bagian dan disulam dengan burung pegar dan bunga pir, dengan total 154 pasang. Untuk Sang Putri dibagi menjadi sembilan bagian yang sama dan berjumlah 132 pasang dengan cara yang sama. Wonsam (jubah upacara) menggantikan semua jubah formal lainnya untuk ritual kenegaraan dalam skala yang lebih kecil.

Guryong sabonggwan termasuk daesu (baju berlengan besar), junggui (baju panjang), hapi (pakaian dalam), pyeseul (ornamen sabuk), daedae (sabuk lebar), su (hiasan warna-warni), paeok (ornamen giok), cheongmal (kaus kaki biru), cheongseok (sepatu satin biru), okdae (sabuk giok), okgokgyu (kalung jade bid), sang (rok), dan dae (pita jubah luar).

Daesu adalah gaya rambut seremonial Ratu. Itu dibuat dari potongan rambut palsu.

2) Hwang-wonsam (황원삼) dan Keunmeo-ri (큰머리)

(credit: pinterest.com/SongQiLan)

Hwang artinya kuning, Hwang-wonsam adalah Wonsam kuning/emas.

Awalnya, Wonsan (jubah upacara) ratu dibuat dalam warna merah marun gelap atau merah tua dengan lengan lebar, tetapi setelah nama negara diubah menjadi Kekaisaran Han Agung, ratu menjadi permaisuri; oleh karena itu, wonsamnya diubah menjadi hwang wonsam, wonsam kekaisaran.

Hwang wonsam terbuat dari kain berwarna emas, dan lengan bajunya dilapisi dengan garis-garis merah dan biru di ujungnya. Selongsong itu kemudian disambungkan ke hansam yang terbuat dari sutra putih. Desain peony dan anggur yang dibordir. Lapisan bagian dalam terbuat dari kain merah, dan desain naga bercakar lima yang mewah dicetak dengan warna emas di bahu, punggung, bawah, jahitan lengan, dan lapisan bawah jubah.

Keunmo-ri adalah gaya rambut seremonial.

3) Nok-wonsam (녹원삼) dan Keunmeo-ri (큰머리)

(credit: pinterest.com/SongQiLan)

Nok artinya hijau. Nok-wonsam adalah wonsam hijau atau jubah upacara hijau dipakai oleh Ratu untuk kehidupan sehari-hari sampai akhir periode Joseon. Pada tahun Gwangmu pertama dimana warna wonsam berbeda tergantung gelarnya, dimana emas untuk permaisuri, merah untuk ratu, ungu untuk selir, hijau untuk putri. 

Masyarakat umum kemudian mulai menggunakan nok wonsam dengan jokesri (sebutan formal wanita berhiaskan perhiasan) sebagai busana pernikahan. Lengannya lebar dilapisi dengan garis-garis merah dan kuning dan kemudian dihubungkan ke hansam. Dua huruf yang melambangkan “umur panjang” dan “nasib baik” dicetak dengan warna emas di bagian depan, lengan baju dan hansam.

4) Hwarot (활옷) dan Hwa-gwan (화관)

(credit: pinterest.com/sarahphang)

Hwarot juga disebut Hong-jangsam. Hwarot digunakan sebagai pakaian formal untuk putri dalam urusan kenegaraan selama Dinasti Goryeo, tetapi menjadi populer sebagai pakaian pernikahan di masyarakat umum di tahun-tahun berikutnya sehingga diizinkan sebagai pakaian pengantin untuk kelas umum pada periode akhir Joseon. 

Bentuknya mirip dengan wonsam (jubah upacara), tetapi memiliki lengan yang lebih lebar, terbuat dari sutra merah, dilapisi dengan garis kuning, merah tua, dan nila, dan termasuk hansam putih (lengan panjang). Sutra merah tua disulam dengan desain bunga dan huruf keberuntungan yang melambangkan umur panjang dan keberuntungan.

Hwa-gwan adalah mahkota upacara wanita.

5) Dang-ui (당의) dan Hwa-gwan (화관)

(credit: en.wikipedia.org/wiki/Dangui)

Dang-ui adalah pakaian semi formal untuk selir kerajaan dengan belahan samping yang dikenakan sehari-hari sedangkan Hwa-gan adalah mahkotanya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah aku jadi tambah pengetahuan nih mengenai hanbok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga memberikan informasi yang berfaedah mengenai hanbok krn ada banyak macam

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF