Ayo gabung Honorary Reporter 2021 dan buktikan se-Korea Apa Kamu

March 03, 2021

Join Honorary Reporter 2021!
Join Honorary Reporter 2021! (credit: korea.net)

Halo, akhirnya saya bisa mengabarkan bahwa pendaftaran program Honorary Reporter 2021 telah dibuka! Honorary Reporter 2021 dibuka bagi siapapun dan dimanapun kalian berada yah termasuk di Indonesia. Program ini dicanangkan oleh  The Korean Culture and Information Service (KOCIS) di bawah naungan Ministry of Culture, Sports and Tourism atau Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan merekrut Reporter Kehormatan Korea.net untuk mempromosikan Korea ke dunia. Jadi, ini resmi yah.

Honorary Reporter akan berperan sebagai content creator untuk memproduksi konten terkait Korea dalam berbagai bentuk untuk membantu dunia mempelajari lebih lanjut tentang semua hal tentang Korea. Ini kesempatan kalian bergabung untuk mengembangkan diri untuk bergabung bersama Honorary Reporter dari berbagai belahan dunia yang akan menjadi teman kalian yang bisa membuat berbagai konten mengenai Korea. 

Honorary Reporter in bentuknya voluntary atau sukarela. Tapi, ada berbagai benefit yang bisa kalian dapatkan mulai dari hadiah atau penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Honorary Reporter seperti surat yang ditulis oleh wanita nomor 1 di Korea Kim Jung Sook, istri presiden. Wah, ciamik gak tuh. 

Bagi yang suka menulis maka ini jadi rekomendasi karena kalian bisa menulis di platform web resmi Korea.net, tapi harus dalam Bahasa Inggris yah atau pun 8 bahasa lainnya yang diperbolehkan. Bagi yang cuma bisa Bahasa Indonesia bisa belajar dahulu, karena masih ada waktu hingga 21 Maret 2021.  

Kalian bisa mencobanya yang bisa sebagai pengalaman untuk belajar kaidah penulisan artikel dalam Bahasa Inggris. 

Kualifikasi

  • Warga negara non-Korea yang amat sangat tertarik dan bersemangat mengenai Korea
  • Pengguna aktif media sosial seperti Instagram, Facebook, Weibo, YouTube dan lainn
  • Mampu membuat konten* dengan salah satu bahasa berikut: Inggris, Cina, Arab, Spanyol, Rusia, Prancis, Jerman, Jepang, dan Vietnam

*Konten dapat dalam format apapun termasuk artikel tertulis, foto, video atau ilustrasi

Aktivitas

  • Periode: Tanggal seleksi hingga Maret 2021 (Honorary Reporter sebelumnya dipersilahkan untuk mendaftar)
  • Menulis artikel tentang berbagai topik tentang Korea dan budaya Korea
  • Memproduksi dan mempromosikan video YouTube dan atau konten media sosial yang terkait dengan Korea
  • Berpartisipasi dalam acara yang dijalankan KOCIS atau program pariwisata dengan organisasi terkait seperti Kedutaan Besar Korea dan Korean Cultural Center (KCC) sebagai pusat kebudayaan Korea di berbagai negara

*Honorary Reporter 2021 yang berhasil terpilih akan menerima pedoman terperinci mengenai aktivitas apa yang akan dilakukan

Benefit

  • Honor kecil bagi mereka yang menghasilkan pekerjaan unggul
  • Hadiah kecil untuk mereka yang dianggap luar biasa
  • Berpartisipasi dalam berbagai program yang berkaitan dengan budaya Korea termasuk program yang diadakan oleh dan Kedutaan Besar Korea dan KCC yang mengundang Honorary Reporter secara khusus
  • Dapat membuat konten Korea.net seperti artikel dan video
  • Surat pengangkatan(dapat berupa hard copy atau PDF)

Aplikasi

  • Isi dan kirimkan formulir aplikasi melalui tautan berikut: https://forms.gle/2v5CtkbK7AV2Bf5G8
  • Kalian akan diminta untuk melampirkan semua link atau tautan media sosial yang kalian milliki dan YouTube tentunya

Jadwal

  • Periode pendaftaran dibuka pada 3-21 Maret 2021
  • Pengumuman: Akhir Maret 2021 (akan diumumkan melalui email namun hanya kandidat terpilih yang akan menerima pemberitahuan)
  • Induction ceremony (Upacara pelantikan): Mei 2021

Informasi

Detail pendaftaran bisa kalian baca di Korea.net.

Pertanyaan mengenai perekrutan melalui email honoraryreporter.eng@gmail.com.

Atau kalian bisa bertanya kepada saya selaku Honorary Reporter 2020 hihihh. 

Pengalaman diriku menjadi Honorary Reporter bisa dibaca di artikel di bawah ini:

AKU DITERIMA SEBAGAI HONORARY REPORTERS KOREA.NET

MY STORY AS HONORARY REPORTER FROM INDONESIA

Perhatian:

Di tahun-tahun sebelumnya,  siapa saja yang telah berhasil menjadi Honorary Reporter pada tahun 2011-2020 dimana aplikasi pendaftaran hanya sekali tanpa perlu melakukan pendaftaran setiap tahun. Namun, pada tahun 2021 ini kebijakannya sepertinya diubah dimana Honorary Reporter di tahun sebelumnya dipersilahkan untuk bergabung kembali menjadi Honorar Reporter 2021. Pantas saja, kami Honorary Reporter pernah dihimbau untuk mengisi angket mengenai keanggotaannya ternyata ini toh.

Setelah beberapa saat merespon kebimbangan kami Honorary Reporter apakah harus mendaftar kembali atau tidak, maka inilah jawabannya:

Enny Kim Berpesan "..."

Enny Kim - Jika kalian Honorary Reporter pasti tahu siapa, yang tak lain dan tak bukan adalah manager kami - punya pesan buat Honorary Reporter sejak tahun-tahun sebelumnya.

Pertama, Honorary Reporter diharapkan untuk melakukan pendaftaran kembali guna memperbarui informasi pribadi yang akan membuat partisipasi program kita menjadi lebih mudah.

Kedua, Honorary Reporter juga diharapkan menulis artikel review tentang pengalamannya selama ini yang akan membuat bagia siapa pun yang tertarik untuk bergabung mendapatkan gambaran mengenai apa yang kita lakukan sebagai Honorary Reporter.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF