Kenali dan Penuhi Kebutuhan Vitamin D untuk Tubuh

February 13, 2024

Vitamin tergolong ke dalam mikronutrien yang artinya dibutuhkan oleh tubuh kita namun dalam Jumlah yang sedikit. Salah satu vitamin  yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita adalah vitamin D. Vitamin D sendiri merupakan nama generik atau yang umum digunakan untuk kedua molekul vitamin D2 (ergocalciferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). 

Vitamin D dapat diperoleh dari paparan sinar matahari, makanan, dan suplemen. Sebenarnya sih gampangnya tinggal cari aja tuh vitamin D yang bagus merk apa di Google. Cuma biar sekalian mengedukasi pembaca setia blogku, sini saya kasih tahu hal-hal terkait vitamin D. Yah, all about vitamin D lah~

Manfaat Vitamin D

Sebagai vitamin esensial, Vitamin D tentu saja memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita mulai dari:

  • Memperkuat sistem imun tubuh dan melawan penyakit tertentu seperti mengurangi risiko multiple sclerosis dan gangguan jantung, memperkecil  kemungkinan terkena penyakit parah seperti flu dan COVID-19,
  • Memperbaiki mood atau suasana hati serta tidak mudah terkena depresi 
  • Membantu mengurangi berat badan dengan memperkecil indeks massa tubuh (BMI)

Kebutuhan Vitamin D

Setiap orang membutuhkan vitamin D yang berbeda-beda karena ditentukan dari faktor usia dan resiko. Berdasarkan angka kecukupan gizi atau yang kita kenal dengan AKG menganjurkan untuk mengkonsumsi vitamin D sebanyak:

  • Usia 0-12 bulan sebanyak 10 mcg (400 IU)
  • Usia 1–79 tahun 15 mcg (600 IU) 
  • Usia >70 tahun 20 mcg (800 IU) 

Konsumsi vitamin D juga dibatasi  sebanyak 4.000 IU per hari karena akan meningkatkan resiko overdosis  meningkat.

Sumber Vitamin D

Seperti yang saya tulis di awal bahwa sumber vitamin D yaitu dari paparan sinar matahari, makanan, dan juga suplemen.

Sinar Matahari

Tahu kan? vitamin D memiliki hubungan yang erat dengan sinar matahari. Tak hanya makanan dan suplemen tapi sinar mataharilah yang menjadi sumber vitamin D untuk tubuh kita. Sinar matahari menjadi sumber vitamin D yang paling mudah dan murah yang bisa kita dapatkan.
Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua sinar matahari itu adalah sumber vitamin D yah. Saya jelaskan dulu. Jadi, sinar matahari terdiri atas 3 yaitu UVA, UVB, dan UVC. Akan tetapi, hanya UVB inilah yang merupakan sumber vitamin D yang berperan dalam mengaktifkan enzim prekursor vitamin D di bawah kulit sehingga tubuh kita dapat melakukan metabolisme untuk mengubahnya menjadi vitamin D.

Nah, kalau mau menjemur pastikan di antara pukul 10 hingga pukul 13 siang karena intensitas UVB paling banyak saat waktu tersebut. Berjemurnya gak usah lama-lama, cukup 10-15 menit aja karena kita konsepnya buat mendapatkan vitamin D bukan buat tanning.

Makanan

Sinar matahari bukanlah sumber utama vitamin D melainkan memiliki peran dalam mengubah prekursor menjadi provitamin D2 dan D3. Makanya, kalian jangan hanya mengandalkan sinar matahari lagi sebagai sumber vitamin D tapi juga harus mengkonsumsi makanan kaya nutrien termasuk suplemen vitamin D. 

Kontribusi menjadi sumber vitamin D sebanyak 90% diperoleh dari sinar matahari sedangkan 10% yang diperoleh hanya 10%. Angka tersebut akan sangat cocok saat musim kemarau. Saat musim hujan? Yah persentasenya akan bergeser dong. Apalagi saat hujan secara terus menerus. Makanya penting untuk mengkonsumsi makanan sumber vitamin D. 
Ada banyak makanan maupun minuman yang bisa kalian konsumsi buat memenuhi kebutuhan vitamin D, seperti:

  • kuning telur, ini ada banyak telur yang bisa dipilih untuk dikonsumsi mulai dari telur ayam, bebel, itik, maupun telur puyuh
  • hati, bisa hati ayam, sapi, kambing bahkan hati ikan termasuk minyaknya seperti minyak hati ikan kod
  • ikan berlemak seperti ikan tuna, ikan sarden, ikan haring dan ikan salmon  
  • susu, bisa susu sapi, kambing, susu  maupun susu kedelai 
  • margarin

Manfaat yang dapat kita rasakan dari mengonsumsi vitamin D juga sangatlah banyak karena tidak hanya untuk menjaga kesehatan tulang saja, tetapi juga berfungsi untuk melawan penyakit, seperti sclerosis, penyakit jantung, dan mengurangi kemungkinan terserang flu. Selain itu, dapat mengurangi gejala depresi dan menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan (Wilson, 2020).

Suplemen

Kalau sinar matahari sudah gak kondusif kayak hujan terus-terusan. Belum lagi makanannya amburadul saking sibuknya maka suplemen yang paling cocok buat memenuhi kebutuhan vitamin D tubuh kita. Ada berbagai suplemen vitamin D yang tersedia baik secara offline dan online di retail-retail terdekat yang bisa kalian beli.

Ada beberapa nih nih yang saya bisa  rekomendasikan sebagai suplemen vitamin D 400 IU yaitu:

Sido Muncul Natural Vitamin D3 400 IU 

Sido Muncul... Kalau mendengar brand satu ini pasti sudah identik dengan jamu atau yang kita kenal sekarang dengan nama herba atau herbal. Nah, Sidomuncul merupakan produsen jamu dan herbal terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak lama dan sangat terkenal bahkan sejak jaman orang tua. Dulu orang tua yang sering beliin produk Sido Muncul Makanya sekarang masih sering beli produk Sido Muncul.

Gak hanya jamu, Sido Muncul juga punya produk suplemen kesehatan seperti Sido Muncul Natural Vitamin D3 400 IU ini yang merupakan herbal yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi sistem imun biar tetap sehat dan kuat dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Sido Muncul Natural vitamin d3 400 IU dikemas dengan kemasan botol kecil yang berisikan 50 kapsul yang lunak yang bisa dengan nyaman kita konsumsi buat mendapatkan khasiat dari vitamin D. Penyajiannya juga cukup mudah tinggal konsumsi 1 kapsul per hari baik itu sebelum maupun setelah makan.

Harga: Rp. 97.000 - Rp. 116.900

Wellness Vitamin D3 400 IU 

Wellness Vitamin D3 400 IU berperan dalam pemenuhan kebutuhan kalsium saat masa pertumbuhan, hamil dan menyusul, dan juga mencegah terjadinya osteoporosis setelah memasuki masa menopause.

Wellness Vitamin D3 400 IU  ini dikemas dengan botol berisi 60 kapsul lunak yang dapat diminum sehari sekali.

Harga: Rp. 82.500 - Rp. 227.600

Nature's Pride Vitamin D3 400 IU 

Nature's Pride Vitamin D3 400 IU berperan dalam menjaga kesehatan tubuh kita serta untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan salah satu perannya dalam menghambat gangguan tulang.

Nature's Pride Vitamin D3 mempunyai kemasan botol berisi 30 kapsul lunak yang dapat diminum 1 kapsul di setiap harinya.

Harga: Rp. 66.000 - Rp. 114.600

Nutrimax D3 400 IU

Nutrimax D3 400 IU 30 Tablet menjadi suplemen D3 dengan berbagai manfaat mulai dari perannya dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor di usus sehingga tulang dan gigi tetap sehat, meningkatkan sistem imun, anti peradangan, menjaga kesehatan paru-paru dan kardiovaskular, menambah tingkat sensitivitas insulin, menekan pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan otot dan saraf, mempercepat kehamilan yang sehat, menekan risiko preeklampsia, hingga mempengaruhi aktivitas gen.

Nutrimax D3 400 IU dikemas dengan botol berisi 30 kapsul lunak yang kecil dan terbuat dari bahan colorcon.

Harga: Rp. 40.200 - Rp. 44.500

KAL D3 400 IU

KAL D3 400 IU merupakan suplemen yang mengandung tak hanya mengandung vitamin D3 sebanyak 400 IU tapi juga mengandung vitamin A dari minyak hati ikan yang berperan sebagai antioksidan dalam menjaga tingkat imunitas tubuh serta membuat tulang dan gigi tetap sehat. 

KAL D3 400 IU memiliki kemasan botol berisi 100 kapsul lunak. 

Harga: Rp. 195.000 - Rp. 206.300

Freddo Vitamin D3 400 IU 

Freddo Vitamin D3 400 IU adalah suplemen yang berperan dalam membangun tulang yang kuat dan memperkuat sistem imun, mencegah terjadinya osteoporosis, serta baik dikonsumsi untuk Ibu hamil.

Freddo Vitamin D3 400 IU dikemas ke dalam botol berisi 60 kapsul lunak.

Harga: Rp. 88.300 - Rp. 107.600

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF