5 Kegiatan Korea Supporter untuk Bucin Korea ~ Part 1

June 28, 2020

Kegiatan korea yang difasilitasi langsung oleh lembaga resmi Korea

Halo, aku ada kegiatan positif untuk para pecinta Korea. Siapa disini penggemar Kpop, KDrama, atau apapun tentang Korea? Sekedar suka atau udah masuk kategori bucin (budak cinta) gak? Nah, biar aktivitas Korea-anmu lebih berfaedah, coba deh menjadi salah satu bagian dari supporter ini. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan seperti souvenir, sertifikat bahkan hadiah utama berkunjung ke Korea bagi peserta yang aktif dalam menjalankan tugasnya. On Terlebih lagi, supporters ini dibawahi langsung oleh lembaga resmi Korea Selatan seperti KOCCA, KTO maupun Korean Embassy.

K-Content Supporter

K-Content Supporter
K-Content Supporter via instagram.com/kocca_indonesia

K-Content Supporter dikelola oleh Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. K-Content Supporter ini berbeda dibanding lainnya yaitu tidak terikat waktu dan tugas. Kamu hanya perlu menyapa DM Instagram KOCCA dan mengajukan ide judul konten yang ingin dibuat sebagai kontributor menjadi K-Content Supporter. Idenya harus seputar Korea tentunya yang dibagi atas kategori drama, musik, webtoon ataupun animasi. Waktu pendaftarannya sendiri tentatif (karena kalau banyak yang minat, bukanya lagi bakal lama), jadi pantengin aja instagram KOCCA. Jika pendaftaran untuk menjadi K-Content Supporter telah dibuka, buruan daftar karena akan cepat ditutup karena tingginya peminat. Kamu bisa mendapatkan souvenir dari KOCCA dengan menjadi K-Content Supporter.
Aku sudah bisa disebut sebagai salah satu K- Content Supporter karena kontenku yang berjudul Spesialis OST K-Drama telah di publish di akun official instagram KOCCA Indonesia, yeayy. Nah loh, yang penasaran bisa baca artikel ku menjadi K-Content Supporter.

Sahabat Korea

Sahabat Korea
Social Media Supporters aka Sahabat Korea 2020 via twitter.com/korembindonesia

Social Media Supporter atau lebih dikenal dengan nama Sahabat Korea dikelola oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Selatan di Indonesia. Kegiatan yag dilakukan oleh Sahabat Korea adalah mempromosikan postingan Kedubes Korea, membuat minimal 1 postingan per bulan sesuai dengan tema yang telah diberikan, membuat postingan jika hadir ke acara yang diundang oleh Kedubes Korea dan membuat laporan 2 kali selama setahun tentang aktivitas sebagai Sahabat Korea. Pendaftarannya dibuka pada akhir atau awal tahun dan aan bertugas selama setahun penuh. Sahabat Korea dimulai sejak tahun 2018. Sahabat Korea akan mendapatkan sertifikat, souvenir, undangan untuk menghadiri kegiatan Kedubes, KTO, KCC dll, serta hadiah bagi yang aktif. 
Aku sebenarnya sangat berminat menjadi Sahabat Korea, tapi karena persyaratan followers yang lebih dari 1.000, gak jadi deh. Followers oh followers 

Wow Korea Supporter (WKS)

Wow Korea Supporter
Wow Korea Supporter 2020 via twitter.com/KTOJakarta

Wow Korea Supporter atau biasa disingkat WKS dikelola oleh Korea Tourism Organization Official Jakarta. WKS ini bertugas untuk memberikan cerita keindahan Korea yang menakjubkan, membagikan beragam daya tarik wisata Korea untuk menambah informasi bagi pecinta Korea di seluruh dunia. Pendaftarannya dibuka pada awal tahun yaitu bulan Januari dengan syarat memiliki blog atau website aktif dan akun media sosial yang aktif juga tentunya. WKS dibuka sejak tahun 2013, dimana pendaftaran pada 2013 untuk bertugas pada setahun penuh ditahun 2014 dan rutin dilakukan hingga sekarang. WKS akan mendapatkan sertifikat dan undangan menghadiri event KTO serta namanya akan dicantumkan di web resmi KTO Indonesia.
Tahun ini sudah coba daftar tapi yah sepertinya belum dapat kesempatan, semoga tahun depan bisa deh keterima.

Korea-ASEAN Online Supporter 

Korea-ASEAN Online Supporter
Korea-ASEAN Online Supporter 2020 via twitter.com/ROKASEN1989

Korea-ASEAN Online Supporter ini langsung dikelola oleh Mission of Republic of Korea to ASEAN. Kalo yang sebelumnya hanya di Indonesia, maka yang ini range nya lebih besar lagi namun minatnya bukan hanya terhadap Korea tetapi juga minat terhadap organisasi negara kawasan Asia Tenggara yang terdiri atas 10 negara (termasuk Indonesia ) yaitu yaitu ASEAN. Korea-ASEAN Online Supporter ini lingkupnya berada di Korea dan negara ASEAN. Korea-ASEAN Online Supporter bertugas untuk membuat konten digital untuk memperkenalkan Korea atau ASEAN (minimal sebulan sekali) dan mempromosikan serta membagikan berbagai aktivitas diplomatik dari Mission of Republic of Korea to ASEAN melalui media sosial (lebih dari 20 kali dalam sebulan). Pendaftarannya dibuka pada Juni 2020 dan bertugas selama 6 bulan (Juni-November). Korea-ASEAN Online Supporter baru pertama kali diadakan pada tahun 2020 ini. Bagi yang berhasil menjadi Korea-ASEAN Online Supporter akan mendapatkan souvenir atau sertifikat.
Nah, kalo aku sudah apply untuk menjadi Korea-ASEAN Online Supporter dan sekarang masih menunnggu pengumumun, ciee. Dan hasilnya, gak keterima gaessss, coba lagi tahun depan.

Honorary Reporter

Honorary Reporter
Honorary Reporter 2020 via instagram.com/koreanet_official

Honorary Reporter dikelola oleh Korea.net yang merupakan platform berita Korea dibawah Korea Cuture and Information Center yang berada di bawah naungan Kementerian Kebudayaan, Olah Raga, dan Pariwisata. Honorary Reporter ini dibuka bagi siapapun dimanapun anda berada yang tertarik dengan Korea. Jadi, warga negara manapun bisa bergabung karena cakupannya lebih luas. Pendaftarannya akan dibuka setiap awal tahun dan kamu tidak perlu mendaftar untuk tahun berikutnya lagi. Honorary Reporter telah memasuki tahun ke-8 sejak dilaksanakan pada tahun 2011. Honorary Reporter akan mendapatkan sertifikat, souvenir, hadiah bagi yang aktif serta mendapat kesempatan menjadi YouTube creator.
Yuhuu, kalo yang satu ini aku  juga sudah resmi menjadi Honorary Reporter Korea.net setelah dilakukan 2020 Induction Ceremony pada 20 Mei 2020 lalu melalui akun YouTube resmi Korea.net dengan disambut oleh Kim Jung Sook, beliau adalah istri presiden Korea Selatan, juga ada boy group ATEEZ. Oh iya, aku sudah menulis beberapa artikel di Korea.net kalian bisa membacanya disini.
Sebenarnya, kegiatan supporter seperti Sahabat Korea dan WKS sudah aku ketahui dari tahun lalu, tapi karena khawatir tidak bisa fokus menyelsaikan tesis jadi  gak daftar sama sekali. Berhubung sudah 2 dari daftar ini sudah dijabani, semoga bisa diterima untuk supporter yang saat ini masih menunggu kabar selanjutnya, dan 2 supporter lainnya bisa dilakukan di tahun depan. Aamiin.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF