Kegiatan Pertama sebagai CPNS Meski Belum Serah Terima SK

May 01, 2022

Hai, balik lagi nih ke cerita tentang CPNS.

Biasanya nih kalo CPNS, kegiatan pertama yang dilakukan adalah serah terima SK CPNS. Berhubung di awal saya sebut "biasanya" maka ada juga yang tidak biasa kayak saya nih sebagai CPNS di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan teknis terlebih dahulu.

Nah, beberapa hari sebelum kegiatan  kami para CPNS yang lulus untuk jabatan dosen di lingkup Unsulbar diundang untuk hadir ke kegiatan "Pelatihan Teknis Pelaksanaan Pengusulan Jabatan Fungsional Dosen Lingkup Universitas Sulawesi Barat". Panik gak tuh karena saya masih di Makassar. 

Untungnya, pihak Unsulbar melonggarkan kami untuk bisa hadir secara luring dan daring karena kegiatannya diadakan secara hybrid. Kalo luring bisa datang ke Aula Gedung UPT Perpustakaan Unsulbar dan kalo daring bisa lewat Zoom Meeting. Yeay, lega~

Baca juga:

SAYA SAAT BELANJA ONLINE VS BELANJA OFFLINE

SUKA DUKA TENTANG DUIT THR

BPN RAMADAN 2021

Opening Speech

Acara dibuka oleh Ir. H. Anwar Sulili Arah, M.Si. dengan materi "Kebijakan pada Bidang SDM tentang jenjang Karir Dosen". Ini acara sih di undangan dimulai pukul 8.30 WITA tapi baru mulai jam 9 lewat. Baru nyadar kalo disini ngadain acara di undangan dimulai lebih cepat biar ngeantisipasi keterlambatan.

Secara umum sih beliau lebih membahas mengenai kondisi Unsulbar saat ini yang masih bentuk perguruan tinggi satuan kerja (satker) yang memang masih terbilang baru, terkait dosen Unsulbar. 

Materi Pertama

Waktu menunjukkan pukul 10.00 WITA maka dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai "Tata Cara Penyusunan Angka Kredit untuk Jabatan Fungsional dan Angka Kredit Dosen" yang diberikan oleh Prof. Dr. Muh. Abdy, M.Si, P.hd.

Disinilah dibahas apa yang dilakukan oleh dosen yang terdiri atas tri dharma penelitian yaitu: pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Buat yang sebelumnya sudah pernah menjadi dosen pasti sudah tahu garis besarnya namun bagi yang masih awam tentang dunia dosen ini menjadi sesi yang penting buat diikuti agar memberikan gambaran seperti apa kegiatan yang dilakukan oleh dosen. 

Dijelasin tuh yang mana masuk dalam kategori pendidikan dan pengajaran, mana yang masuk dalam kategori penelitian dan pengembangan, dan mana yang masuk dalam kategori pengabdian kepada masyarakat. Harusnya sduah ada bayangin aoa yang bisa dilakukan karena masing-masing sudah ada porsinya.

Materi bagian ini sebenarnya banyak banget sampai banyak yangdi skip jadi yang dijelasin cuma intinya aja dulu. Belum sesia pertanyaan dari peserta baik yanh daring maupun luring. Bahkan tuh materi ini cuma sampai jam  12.00 tapi jadi ngaret sejam saking banyaknya.

Materi Kedua

Materi terakhir disampaikan oleh Irfan AP, S.ST, M.MT tentang "Teknis Pengusulan dan Penilaian Angka Kredit untuk Jabatan Fungsional dan Pangkat Dosen melalui Aplikasi SISTER".

Kata Beliau sih lebih enak ngasih tahu dan ngarahin dosen baru makanya diadakanlah kegiatan pelatihan teknis ini. Makanya ini lebih strategi kepada kami sebagai dosen baru di Unsulbar kecuali yang sebelumnya sudah jadi dosen di Unsulbar.

Terutama strategi buat lulus sertifikasi dosen (serdos) yang tiap tahun peraturannya makin ketat. Sebenarnya saat masih kuliah sudha dengar sih tentang serdos ini yang katanya rada sulit sekarang ini tapi karena benefitnya yang mbuat kita bisa mendapatkan tunjangan sebesar 1 kali gaji pokok sebagai dosen. Gimana gak menggiurkan dan bikin semangat menargetkan agar bisa serdos.

Nah, Beliau disini ngasih tahu kalo serdos ini walaupun sukit tapi bukan hal yang tak mungkin yang penting dipersiapkan sebaik mungkin dan kami bisa memulai untuk mengurus persyaratan serdos setelah mendapatkan status sebagai PNS. 

Eh, serdos ini gak cuma buat dosen PNS yah tapi juga non PNS selama berstatus dosen tetap. Bedanya kalo dosen PNS tunjangannya diberikan oleh pemerintah sedangkan dosen tetap non PNS tunjangannya dibeeikan oleh kampus.

Di penghujung kegiatan juga kami dikasih tahu kalo yang sudah ada SKnya maka kemungkinan besar serah terima SK akan dilakukan pada tanggal 9 atau 10 mei 2022 dan tanggal pastinya akan dikabari kepada kami. Mulai ada hilal nih kapan bisa berangkat ke Majene.

Sesaat sebelum Leave Zoom

Terakhir baru deh foto-foto. Biasalah sebagai bukti acaranya terlaksana dan siapa saha yang hadir. buat yang mengikuti kegiatan secara luring dan screen capture buat yang mengikuti kegiatan secara daring. Acara pun selesai sekitar jam 4 dan sudah bisa leave meeting zoom deh. Saya cuma ikutan secara daring kok rasanya pegal banget yah.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF