Suka Duka Tentang Duit THR

April 29, 2022

Lebaran sebentar lagi~

Dulu sih waktu masih bocah girang banget kalo sudah mendekati lebaran. Mulai dari mikir baju lebaran, makanan khas lebaran, silaturami dan momen lainnya tapi ada satu sih yang gak bakal dilupain yaitu tunjangan hari raya alias THR.

Yup, saat mendapatkan THR inilah adalah satu momen paling membahagiakan saat lebaran gak zaman saat masih bocah maupun dewasa cuma yang ngasihnya aja yang udah berbeda.

Baca juga:

RESEP KUE FAVORIT YANG PENGEN DIBUAT LEBARAN KALI INI

IDE BERBURU BAJU LEBARAN ALA AINDHAE

BPN RAMADAN 2021

THR Saat Masih Bocah

Saat kecil, saya senang banget kalo lagi ngumpul silaturahmi setelah lebaran karena biasanya ada momen bagi THR dari keluarga, kerabat maupun teman dari orang tua dan biasaannya THRnya dalam bentuk uang. Tak jarang uang THR diberikan dalam bentuk amplop lucu khas lebaran.

Sampai-sampai emak sudah wanti-wanti buat mintai ke om atau tante yang emang punya banyak duit alias tajir tapi royal banget ngasih duit THR ke keluarga mana banyak pula.

Saat masih bocah sih berapa jumlahnya seperti tidak akan menjadi masalah yang penting dapat THR. Kalo duit THRnya dibagikan pas ramai saat ngumpul keluarga, saya dengan saudara sepupu sudah langsung menuju ke warun terdekat buat jajan pake duit THR tadi. Kalo sudah gitu gak bisa dihemat lagi karena duit THRnya sudah habis dipakai jajan.

Namun, tak jarang emak tiba-tiba datang meminta uang THR dengan dalih mengamankan uang THR biar nanti dipake belanja. Ini sih oas dapat duit THR yang nominaknya besar banget buat ukuran bocah. Pas diminta kadang dikasih kadang juga gak dikasih karena eh katanya dipake buat beli makanan atau mainan yang sudah-sudah. Sudah gak bisa debat lagi kalo gitu. Biasa nih terjadi. Klise banget deh yah ampun tapi sudha gak bisa berkutik kalo dikasih jawaban kayak gitu dari emak.

Transisi

Beranjak remaja dan memasuki usia dewasa, perlahan uang THR yang dperoleh tidak sebanyak dulu bahkan nyaris tidak ada karena sudah memasuki fase untuk memberikan uang THR bukan lagi menerima THR. Kalo dapat duit THT kan setidaknya duit THR sudah bisa disimoan sendiri dan Bisa ditabung-tabung dulu gak usah digunain kalo bisa. Entar aja pas lagi butuh banget.

Saat masih kuliah sih masih dapat THR namun setelah kuliah terasa banget kalo yang ngasih THR mulai terbatas apalagi dari keluarga. Saat ini jadi terasa banget transisinya dari yang sebelumnya dapat THR tapi sekarang sudah gak dapat THR lagi. Biasa kan THR biasanya diberikan buat bocah-bocah usia anak sekolah. Apalah daya, pelan tapi pasti satu persatu mulai dari sepupu, tante, om, nenek, teman orang tua mencoret namaku dari daftar untuk diberikan THR. Sudah gak eligible lagi ceritanya. Sedih sih padahal masih pengen terima THR.

THR di Tepat Kerja

Bagi orang yang telah bekerja tentu tidak jadi masalah karena akan menerima THR dari tempatnya bekerja baik yang bekerja di pemerintahan amupun swasta. Cuma beda lagi kalo mau dapat THR di tempat kerja yang harus ada effortnya dulu. Biasanya sudah ada regulasi yang mengatur buat ngedapatin THR dan tentunya harus bekerja dulu. Syarat lainnya bisa beda-beda tergantung masing-masing tempat bekerja.

Apalagi terima THR itu gak main-main sih saa keluar karena kebanyakan sejumkah sekali gaji dalam sebulan bahkan lebih. Ssstt.. THR inilah yang kadang membuat orang yang ingin berhenti bekerja memilih setelah lebaran karena bisa mendapatkan THR. Lumayan banget kan. Temenku yang mau berhenti kerja biasanya nunggu terima THR duku baru berhenti dari cari kerjaan yang lain.

Alhamdulillah, saya sudah lulus diterima sebagai CPNS di periode pendaftaran 2021 lalu, meskipun sebagai CPNS tapi belum bisa menerima THR karena belum memenuhi syarat-syaratnya. Yah~

Kan ada tuh grup buat para CPNS yang diterima di periode barusan termasuk saya. Nah, di situ kan sering sharing tentang CPNS. Di grup itulah saya tahu kenyataannya bahwa CPNS bisa mendapatkan THR jika telah TMT dan SPMT dengan minimal masa kerja selama 3 bulan. Gini deh nasib CPNS yang belum bisa memenuhi ketentuannya tapi saya jadi gak terlalu berharap dan gak berujung kecewa akhirnya karena sudah tahu kenyataannya.

Saya sih sebenarnya sudah keluar SK CPNS dengan TMT Maret 2022 tapi tanggalnya belum tahu jelas tapi kayaknya tanggal 1 deh namun karena belum SPMT jadi gagal deh bisa terima THR. Boro-boro masa kerja sudah 3 bulan, masuk kerja aja belum.

Sayangnya, saya belum dapat mengenai aturan mana yang menjelaskan secara rinci mengenai kapan CPNS bisa mendapatkan THR dan ini tentu saja akan berbeda peraturannya antara kementerian dan pemerintah daerah yang oinya aturan masing-masing.

Makanya tahun ini setelah tahu info seperti itu jadi terlalu berharap sama THR. Yah, jadinya angan-angan biar segera beli laptop baru harus ditunda lagi deh kalo gitu. Lumayan banget padahal kalo bisa dapat THR, tabungan buat beli laptop langsung nambah banyak.

Yah, setidaknya mendekati lebaran kali ini sudah ada hilal buat saya dan beberapa rekan CPNS yang diterima di Universitas Sulawesi Barat bahwa kami akan melakukan serah terima SK CPNS pada tanggal 10 Mei 2022. Entar, beberapa hari setelah lebaran harus segera menuju ke sana untuk mulai bertugas dan insya Allah tahun depan sudah bisa dapat THR dan berarti harus sudah bisa bagi THR juga buat ponakan yang masih bocah. Yeay, doain yah.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF