Saya Saat Belanja Online vs Belanja Offline

April 30, 2022

Hayo, kalian kalo disuruh milih antara belanja online atau belanja offline pilih yang mana coba?

Kira-kira kalian harus pilih belanja online atau offline, apa yang menjadi alasannya? Pertimbangan apa yanv kalian pikiran?

Hmm... kalo saya sih tergantung situasi dan kondisinya kayak mana dulu yah. Ada banyak pertimbangan sih sebenarnya sebelum nentuin pilih yang mana.

Alasan

Produk

Alasan utama kalo mau pilih antara belanja online atau offline itu yah tergantung jenis produknya apa. Kalo resiko belanja online tuh buat produk yang gak gampang rusak dan gak perlu ukuran untuk membeli. Malas banget kalo sampe gak cocok apalagi barangnya gak bisa ditukar kalo pun iya tetap ribet.

Baca juga:

SUKA DUKA TENTANG DUIT THR

RESEP KUE FAVORIT YANG PENGEN DIBUAT LEBARAN KALI INI

BPN RAMADAN 2021

Harga

Selanjutnya faktor penting yah harga. Bayangin kalo belanja online harga berkali-kali lipat lebih murah jika dibandingkan dengan belanja offline. Kalo beki satuan sih emang gak masalah kalo selisih harganya banyak tapi kalo beli banyakan alias grosiran yah bakalan terasa lah. Mana gak tergoda buat belanja online

Kalo offline kita juga perlu memikirkan biaya transportasi biar uang yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. 

Waktu

Enaknya kalo belanja online yah pasti lebih hemat waktu karena gak perlu sengaja nyediain waktu buat pergi beli kemana gittu kayak mall, pasar atau toko. Sedangkan kalo mau belanja offline sih buat yang yang sudah jelas untuk keperluan apa kayak mau beli

Tenaga

Kalo mau dibandingkan antara belanja offline dan belanja online yah enakan online lah karena emang gak perlu capek-capek buat sibuk pergi berbalanja kesana kemari tapi gregetan oas nunggunya sih. Kalo offline sudah belanja kan yah sudah karena gak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

Promo

Ini sih yang makin banyak berseliweran dimana-dimana kalo mau belanja. Makin banyak promonya makin besar keinginan buat beli.

Pengiriman

Pengiriman bisa menjadi sisi positif sekaligus sisi negatif dari berbelanja online. Positifnya kitanya gak.perlu ribet taoi negatifnya ongkos kirimnya bisa menjadi sangat mahal karena jarak yang sangat jauh. Belum lagi kalo pengirimannya ada masalah keterlambatan sampai barang rusak yang bisa bikin geram.

Belanja Online

Sekarang ini saya sampai gak bisa nyebutin satu per satu saking banyaknya media belanja secara online yang makin beragam. Toko-toko yang menjual secara online yang biasa kita sebut dengan online shop juga makin bejibun. Kayaknya orang-oramg sduah banyak yang berjualan meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap selain itu.

Ecommerce

Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak merupakan contoh sebagian kecil ecommerce yang  Indonesia yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang ecommerce ini pasar atau mallnya untuk berbelanja onlineEcommerce menjadi salah satu wadah untuk melakukan belanja online yang melalui website bahkan ecommerce besar sudah memiliki aplikasi tersendiri.

Ecommerce bisa memiliki ratusan, ribuan bahkan jutaan online shop yang menjual berbagai produk  yang sudah terkategori sehingga lebih memudahkan untuk memilih produk sesuai yang diinginkan. Ada banyak brand terkenal maupun terbaik yang sudah memiliki online shop resmi di banyak plihan ecommerce sehingga lebih percaya untuk berbelanja. 

Kalo belanja lewat ecommerce juga gak perlu satu kota sayangnya faktor pengiriman baik biaya mauoun prosedurnya yang kadang kala jadi mikir ulang lanjut belanja atau gak. 

Ojek Online

Ojek online yang biasa disingkat ojol sekarang ini tak hanya menyediakan sarana transportasi tapi juga memfasilitasi pelanggan untuk berbelanja online. Ojol ini menjadi jasa untuk berbelanja online namun terbatas hanya untuk merchant, toko atau warung yang terdaftar dalam ojol tersebut serta berada dalam satu kota namn real time alias saat itu juga. 

Biasanya sih kalo ojol bisa belanja makanan siap saji atau keperluan dapur. Nah, saya tuh lebih sering belanja makanan siap saji kalo lewat ojol. Cepat, murah, gak perlu kemana-mana karena tinggal tunggu aja di rumah, apalagi kalo ada promo jadi makin hemat deh. Makanan yang sering saya beli kewat ojol saya tulis di RESTORAN FASTFOOD ANDALAN SAAT PESAN ONLINE.

Offline Shop

Kalo belanja secara offline alias secara langsung mah sudha kita lakukan sejak dulu mulai dari jajan di warung dekat rumah, toko, supermaket, pasar bahkan mall. Faktor lokasi dan transportasi juga menjadi hal yang perlu diperhitungkan saat berbelanja secara langsung. Jangan sampai karena lokasinya gak strategis dan jauh membuat kita merogoh dompet hanya untuk biaya transportasi padahal belum berbelanja.

Kalo berbelanja secara langsung mah enak bisa langsung pilih barangnya dengan detail mulai dari bahan, warna, ukuran dan sebagainya. Biasanya kalo belanja secara langsung tuh Huat beli keperluan masak dapur kayak ikan, daging karena lebih yakin kalo pilih sendiri. Gak papa sih jalo yang lain suka belanja online untuk keperluan dapur karena ini soal kebutuhan dan selera juga. So, its okay.

Ah, belanja barang elektronik juga ebih suka secara langsung karena bisa tanya-tanya secara detail tentang produknya. Saya banyak nanya dan mikirnya lama kalo beli barang elektronik apalagi harganya yang lamayan merogoh duit kayak laptop, kulkas dan lainnya. Takut banget kalo pesan online dan barangnya jadi rusak saat pengiriman. Parno banget kalo sampai itu terjadi, ngeri cuy. Makanya pilih yang pasti aja beli secara langsung kan jadi bisa cek juga sebelum dibeli.

Sadar gak sih, makin berjamurnya media berbelanja baik secara offline maupun online ini sebenarnya membuat kita makin ingin terus berbelanja? 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF