Jaringan 3G Hilang, Akhirnya Baru Ganti ke 4G deh!

January 17, 2023

GraPARI Sudiang (credit: aindhae)

Perkembangan jaringan telekomunikasi dimana sejak Mei 2021, Indonesia sudah memasuki layanan 5G secara komersial dengan menggandeng operator Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk menghapus jaringan 3G secara bertahap yang dimulai pada 5 Agustus 2022 termasuk wilayha Makassar. Hal ini dilakukan karena jaringan 3G sudah discover oleh jaringan 4G yang lebih kuat.

Sayangnya, semua pasti ada imbasnya. Jangankan 4G apalagi 5G, saya masih menggunakan kartu sim 3G karena sebelumnya tidak urgentu banget makanya gak diganti-ganti kartunya. Namun, di tahun 2022 mulai terasa sih dampaknya karena masih menggunakan kartu sim 3G. Saat itu masih bolak balik Makassar-Majene, jadi setiap ke Makassar pasti jaringan seller gak bisa dipake buat internetan sejak pertengahan 2022. Padahal saat di Majene masih lancar aja. Notifikasi pesan singkat dari Telkomsel Makassar juga mulai sering muncul yang menghimbua untuk mengganti kartu sim ke 4G sebelum jaringan 3G simku hilang. Hingga pada Januari 2023, dapat notifikasi pesan singkat dari telkomsel Majene untuk segera beralih ke 4G sebelum nomorku mati. Belum lagi kalo ke daerah yang susah sinyal pasti bakal susah dapat jaringan buat internetan. Di saaat jaringan teman sudah pada muncul malah jaringanku malah masih hilang. 

Go to Grapari

Akhirnya, saya memutuskan untuk segera mengganti setelah ditunda beberapa kali daripada nanti gak bisa internetan. Berabe kan. Berhubung kartu ku As yang merupakan nomor Telkomsel yang ngurusnya harus di Grapari.

Sebenarnya, dua hari sebelumnya di hari Sabtu saya menuju Grapari yang ada di Kima Square, Daya. Sekalian singgah ceritanya. Eh, ternyata sudah gak ada. Gak jadi deh.

Baru deh di hari Senin tempatnya 16 Januari 2023 saya ke Grapari Sudiang yang berada di Kompleks Ruko 237 sebelum Pasar Mandai. Saya buka pintu dan sudah disambut sama staf Grapari dan ditanya keperluannya, orangnya yang mau ngurus yang mana dan bawa ktpnya atau nggak. Berhubung saya ngomong saya orangnya yang mau ganti kartu 4G Dan sudah membawa ktp jadi saya diminta untuk duduk Dan menunggu sebentar. Tempatnya gak terlalu ramai dan orang-orang di dalamnya bisa dihiung jari.

Sembari menunggu saya perhatikan ruangannya. Ada 4 loket Pelayanan yang disediakan yang terdiri atas satu yang serupa dengan meja pelayanan teller di bank dan sisanya lagi berupa meja bundar yang dilengkapi dengan kursi yang terkesan lebih santai. Ada dua staf saat itu yang sedang bertugas dimana satunya yang lagi mode serius dan satunya lagi yang nyambi nerima pelanggan kayak saya tadi. Buat pelanggan yang sedang menunggu disediakan bangku panjang kok. Ada satu sal sih yang menarik perhatikan saya. Di sudut depan ada bilik yang mirip kayak bank gitu yang ditempatkan di sudut depan yang memiliki pintu terpisah dengan Graparinya sendiri tapi apa yah? Hmmm...

Gak lupa, Saya juga ngambil foto dan video buat disetor di Google Maps. 

Cetak Kartu Sim 4G

Kira-kira setelah 5-10 menit akhirnya staf tadi memanggil saya dan meminta untuk mengikutinya. Ternyata menuju bilik tadi yang kayak ATM. Stafnya sudah menekan layar mesin tersebut dan meminta saya menyiapkan ktp. Pokoknya stafnya yang memandu saya saat itu jadi gampang. Sempatlah saya nanya pergantian nomor ke 4G berpengaruh gak ke paket data yang digunakan saat ini dan memang tidak. Padahal lebih khawatir kalo paket murah internet yang saya dapat bakal hilang karena termasuk nomor telkomsel lama. Mudah-mudahan gak yah.

Saya kemudian diminta menyebutkan nomor Hp Telkomsek. Kusebutlah nomorku sembari staf yang memasukkan nomor Hpku di mesin, ktp ku di scan, dan scan sidik jari telunjuk. Tak berapa lama mesin berbunyi dan tada~ keluarlah kartu As dengan jaringan 4G milikku sudah tercetak. Staf kemudian memberikan kartunya untuk saya. Setelah memberikan Informasi kami kembali masuk ke ruangan Graparinya. Saya kembali duduk untuk mengganti kartu sim dan stafnya kembali melayani pelanggan yang datang.

Stafnya sudah mengingatkan setelah memberikan kartu sim 4G untuk mencadangkan kontak yang tersimpan di kartu sim Hpku agar nanti datanya tidak hilang. Pas kucek ternyata di kartu sim gak ada kontak sama sekali karena memang sudah tersimpan di hp dan akun Mi. Jadi, aman dong. Lanjut deh ganti kartu dan saya butuh pentul atau semacamnya buat membuka tempat kartu sim. Mana cuma pake satu pentul di jilbab saat itu. Untung ada mba yang memberikan klip kertas yang bisa dipake buat mengeluarkan tempat kartu simnya. Kartu lamanya saya masukin ke tas dan memasang kartu sim baru yang sudah 4G ini dan saya rebootlah hpnya. Fungsinya kurang lebih samalah dengan restart. Saat hpku sudah kembali on, tulisan 4G+ juga sudah tampil di ikon jaringan internet hpku. Saya teslah dulu lewat video call di nomor adek dan ternyata lancar kayak padahal tadi saya browsing pun pake lama loadingnya.

Saya konfir lagi ke stafnya apa ada lagi yang harus diurus untuk pergantian kartu sim ke 4G dan ternyata tidak ada karena memang sudah beres. Gak dipungut biaya juga alias gratis.

Efek Ganti Kartu Sim 4G

Oh iya, staf tadi juga sempat memberitahukan soal penggunaan nomor Hp yang terhubung ke rekening bank juga akan terganggu. Eh, beneran dong malamya sekitar jam 7 malah dapat email dari BRI yang berisi:

Sehubungan dengan adanya permintaan pergantian nomor ponsel kepada pihak provider telekomunikasi terkait maka nomor ponsel Anda telah kami blokir demi meningkatkan keamanan bertransaksi. Kunjungi kantor BRI terdekat untuk mengaktifkan kembali akun BRImo Anda.

Ngurus lagi dong ke bank. Ngantrinya ituloh apalagi kalo.ke bagian customer servicenya. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF