Glosarium Publikasi

January 06, 2023

Anjani [Anjungan Integritas Akademik Indonesia]: Portal yang disiapkan untuk melakukan promosi dalam pembinaan, evaluasi dan pengukuran, klasifikasi dan pelanggaran serta sanksi yang diberikan untuk pelanggar integritas akademik. Sumber dokumen Anjani berasal dari integrasi repositori perguran tinggi dan lembaga litbang dalam portal Rama, jurnal elektronik dalam portal Garuda dan kekayaan intelektual dosen/ peneliti dalam portal SINTA.

Arjuna [Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional]: Sistem Layanan terpadu yang digunakan untuk kegiatan kegiatan penilaian dalam penjaminan mutu Jurnal Ilmiah melalui  kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan Jurnal Ilmiah, sehingga Jurnal Ilmiah mendapatkan pengakuan resmi atas penjaminan mutunya.

Artikel Ilmiah: Tulisan ilmiah yang ditulis dengan mengikuti kaidah ilmiah, secara perorangan atau bersama dengan penulis lainnya, yang telah direview dan siap diterbitkan pada jurnal ilmiah.

BIMA [Basis Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat]: Pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi yang sebelumnya difasilitasi melalui Simlitabmas.

BKD [Beban Kerja Dosen]: Gambaran beban SKS dosen melaksanakan Tri Dharma dalam satu semester ke depan dengan unsur-unsur utama terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Beban kerja dosen ini perlu dilaporkan secara periodik untuk mengetahui gambaran kinerja riil dosen melaksanakan Tri Dharma dalam hitungan SKS satu semester terakhir yang sudah dijalani, dimana batas rentang SKS paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks dan paling banyak 16 (enam belas) sks pada setiap semester sesuai dengan kualifikasi akademiknya.

CiteScore Metrics: Membantu mengukur dampak kutipan jurnal. Metrik gratis, komprehensif, transparan, dan terkini yang dihitung menggunakan data dari Scopus®, database abstrak dan kutipan terbesar dari literatur peer-review.

Editor Jurnal Ilmiah: Seseorang yang mengkoordinasikan peran dan fungsi pengarang, mitra bestari, dan pengelola jurnal dalam proses mempublikasikan karya tulis berdasarkan kaidah ilmiah dan etik.

Elsevier: Pusat informasi dan analitik untuk membantu para peneliti dan profesional kesehatan dalam memajukan ilmu pengetahuan dan meningkatkan hasil kesehatan untuk kepentingan masyarakat.

Garuda [Garba Rujukan Digital]: Portal indeksasi terhadap jurnal ilmiah yang sudah terbit secara elektronik (e-journal) sehingga terintegrasi dan mudah diakses oleh pengguna. Garuda memiliki jutaan artikel ilmiah dari jurnal ilmiah yang dapat dijadikan referensi penelitian.

Google Scholar: Mesin pencari web yang dapat diakses secara bebas yang mengindeks teks lengkap atau metadata literatur ilmiah di berbagai format dan disiplin penerbitan untuk memeriksa siapa yang mengutip publikasi dan kutipan grafik Anda dari waktu ke waktu.

H-index [Hirsch Index]: Indikator berbasis distribusi yang sesuai dengan jumlah makalah pada tingkat kutipan yang sama dengan nilai ambang batas kutipan.

Impact factor [IF]: Ukuran berapa kali rata-rata makalah dalam jurnal dikutip, selama setahun. Clarivate Analytics merilis Journal Impact Factors setiap tahun sebagai bagian dari Web of Science Journal Citation Reports®. Hanya jurnal yang terdaftar di Science Citation Index Expanded® (SCIE) dan Social Sciences Citation Index® (SSCI) yang menerima IF.

ISSN [nternational Standard Serial Number]: Sebuah nomor tertentu yang digunakan untuk identifikasi publikasi jurnal ilmiah cetak ataupun elektronik.

JIF [Journal Impact Factor]: Dihitung oleh Clarivate Analytics sebagai rata-rata jumlah kutipan yang diterima pada tahun tertentu untuk publikasi jurnal dua tahun sebelumnya, dibagi dengan jumlah publikasi yang “dapat dikutip” dalam dua tahun sebelumnya.

Jurnal: Bentuk pemberitaan atau komunikasi yang memuat karya ilmiah dan diterbitkan secara terjadwal dalam bentuk tercetak dan/ atau elektronik.

Jurnal Terakreditasi: Jurnal ilmiah yang telah dinilai dan dinyatakan memenuhi syarat untuk menyandang predikat terakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jurnal Ilmiah Internasional: Jurnal ilmiah yang menggunakan bahasa resmi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan memenuhi kriteria sebagai jurnal internasional sebagaimana ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kode Etika Peneliti: Acuan moral yang berlaku secara nasional bagi peneliti di unit penelitian dan pengembangan (litbang) dalam melaksanakan penelitian dan memublikasikan hasil penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemanusiaan.

Mendeley: Manajer referensi gratis yang dapat membantu Anda menyimpan, mengatur, mencatat, membagikan, dan mengutip referensi dan data penelitian mulai dari membuat bibliografi secara otomatis, berkolaborasi dengan mudah dengan peneliti lain secara online, mengimpor makalah dengan mudah dari perangkat lunak penelitian lain, menemukan makalah yang relevan berdasarkan apa yang Anda baca, dan mengakses makalah anda dari mana saja secara online.

Mitra Bestari Jurnal Ilmiah: Seseorang yang membantu editor untuk menclaah secara kritis substansi karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang kepakarannya.

ORCID [Open Researcher and Contributor ID]: Sebuah kode kode alfanumerik noneksklusif yang secara unik menidentifikasi penulis ilmiah dan saintific serta kontribusi lainnya. Orchid membantu masalah terkait kontirbusi penulis pada literature sains dan publikasi-publikasi ilmiah yang penulisnya tidak mempunyai nama unik. Pengguna profil orcid dapat merubah identitas diri dari berbagai aspek.

Pengarang Jurnal Ilmiah: Seseorang yang menuangkan hasil-hasil pemikiran dan/ atau penelitian dan pengembangannya dalam bentuk karya tulis yang telah memenuhi persyaratan kaidah ilmiah dan etik.

Pengelola Jurnal Ilmiah: Suatu institusi yang mempublikasikan naskah ilmiah yang telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah dan etik, Hak Kekayaan Intelektual, dan mempromosikan serta menjamin keberlanjutan penerbitan jurnal.

Publikasi Ilmiah: Hasil karya pemikiran seseorang atau sekelompok orang, setelah melalui penelaahan ilmiah disebarluaskan dalam bentuk karya tulis ilmiah, antara lain berupa: jurnal, buku, prosiding, laporan penelitian, makalah, dan poster ilmiah.

Q [Quartile]: Peringkat jurnal atau makalah yang ditentukan oleh basis data apa pun berdasarkan faktor dampak (IF), kutipan, dan pengindeksan jurnal tersebut yang termasuk dalam bidang disiplin tertentu atau tertentu dan juga dikenal sebagai parameter pengukuran atau peringkat jurnal. Q dapat dibagi menjadi empat kuadran yang berbeda dimulai dengan Q1, Q2, Q3, dan Q4.

Q1 [Quartile 1]: Posisi pertama dari 25% jurnal teratas dalam kategori tertentu ditempatkan di kategori ini (25% teratas)

Q2 [Quartile 2]: Posisi menengah ke atas selanjutnya ditempati oleh 25% Jurnal setelah kuartil 1 termasuk dalam kategori ini (antara 25% hingga 50% teratas)

Q3 [Quartile 3]: Posisi tengah-bawah 25% berikutnya Judul jurnal setelah Q2 termasuk dalam kategori ini (antara 50% hingga 75%)

Q4 [Quartile 4]: Posisi terakhir atau terendah setelah 25% Judul jurnal dari bidang yang dipilih akan masuk dalam kategori ini (antara 75% hingga 100%).

RAMA  [Repository Tugas Akhir Mahasiswa]: Repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa proyek mahasiswa (diploma), skripsi/tugas akhir (sarjana), tesis (magister), disertasi (doktor) ataupun laporan penelitian dosen/peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal ilmiah, konferensi maupun buku yang diintegrasikan dari Repositori Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian di Indonesia. RAMA Repositori dibuat dengan harapan semua penelitian yang sudah dilakukan di Perguruan Tinggi khususnya Tugas Akhir Mahasiswa dan Lembaga Penelitian dapat terhindar dari duplikasi dan plagiarism hasil penelitian.

S1 [Sinta 1]: Tingkatan Jurnal Sinta 1 dengan nilai (n) mulai dari 85 ≤ hingga 100≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai 

S2 [Sinta 2]: Tingkatan Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)

S3 [Sinta 3]Tingkatan Jurnal Sinta 3 dengan nilai (n) mulai dari 60 ≤ hingga 70 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 3 (S3)

S4 [Sinta 4]: Tingkatan Jurnal Sinta 4 dengan nilai (n) mulai dari 50 ≤ hingga 60 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 4 (S4)

S5 [Sinta 5]Tingkatan Jurnal Sinta 5 dengan nilai (n) mulai dari 40 ≤ hingga 50 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)

S6 [Sinta 6]Tingkatan Jurnal Sinta 6 dengan nilai (n) mulai dari 30 ≤ hingga 40 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 5 (S5)

Scopus: Pangkalan data (database) pustaka yang dimiliki dan dikelola oleh Elsevier dan sudah memenuhi standar dan reputasi di jurnal internasional yang  meliputi meliputi abstrak dan kutipan dari literatur peer-review dengan alat untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian.

Siakad [Sistem Informasi Akademik]: Aplikasi berbasis web yang dirancang untuk menangani proses pengeloaan data akademik dan data terkait lainnya, sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi, pengambilan keputusan serta pelaporan di lingkungan perguruan tinggi.

Simlitabmas [Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat]: Sistem pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dikembangkan oleh DRTPM (saat itu Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Dikti). Menggunakan Simlitabmas, proses pengajuan dan seleksi usulan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, laporan akhir, Surat Pertanggungjawaban Belanja (SPTJB), serta pelaporan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat dikelola dengan baik sehingga transparansi, efisiensi dan akuntabilitas dapat dijamin.

Sinta [Science and Technology Index]: Pusat indeks, kutipan, dan kepakaran terbesar di Indonesia berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah, dan komprehensif untuk mengukur kinerja dosen/peneliti dan institusi berdasarkan luaran penelitian seperti publikasi ilmiah, buku, kekayaan intelektual dan pengabdian kepada masyarakat. SINTA menyediakan benchmark, analisis, identifikasi kekuatan riset setiap institusi, memperlihatkan kolaborasi penelitian, serta menganalisis kecenderungan penelitian dan direktori pakar.

Sister [Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi]: Program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Sister digunakan menjadi sumber sistem yang berisi portofolio para tenaga pendidik di Indonesia yang mungkinkan setiap layanan saling terhubung sehingga akses portofolio dosen, data-data formal seperti aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat terlihat yang akhirnya mempermudah perencanaan pengembangan kompetensi dan karir pada dosen yang bersangkutan.

SJR [Scimago Journal Rank]: Situs peranking jurnal yang mengambil database dari Scopus.

SNIP [Source Normalized Impact per Paper]: Metrik canggih yang memperhitungkan perbedaan spesifik lapangan dalam praktik kutipan.

WoS [Web of Science]: Platform akses berbayar yang menyediakan akses ke beberapa database yang menyediakan data referensi dan kutipan dari jurnal akademik, prosiding konferensi, dan dokumen lain dalam berbagai disiplin ilmu dengan alat untuk melacak, menganalisis, dan memvisualisasikan penelitian.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF