TUGAS INDIVIDU: WAWASAN KEBANGSAAN

October 01, 2022

TUGAS

Buatlah Learning Journal yang berisi pengalaman belajar (substansi dan proses pembelajaran) saat mengikuti pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) Agenda I!

Ketentuan Tugas :

  • Learning journal dibuat dalam bentuk narasi atau video rekaman suara
  • Narasi : 3-5 halaman (pdf)
  • Rekaman Suara : 3-5 menit (mp4)
  • Jika dibuat dalam bentuk file rekaman suara, hasil tugas diupload di kanal youtube masing-masing.
  • Unggah tugas pada LMS dalam bentuk Link Youtube

JAWAB

Assalamulaikum wr. wb.

Perkenalkan saya aindhae yang merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Instansi  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi dengan Unit Kerja Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar). Saya saat ini sedang mengikuti Pelatihan Dasar atau yang kita kenal dengan dengan Latsar sebagai peserta pada Gelombang III Angkatan IX Golongan III yang difasilitasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat. 

Sekarang ini, saya sudah memasuki tahap kedua pada latsar CPNS yaitu Distance Learning atau Pelatihan Jarak Jauh. Nah, di pertemuan pertama saya mendapatkan tugas individu pertama untuk membuat Learning Journal yang berisi pengalaman belajar (substansi dan proses pembelajaran) saat mengikuti pembelajaran MOOC Agenda I.

MOOC sendiri yang merupakan singkatan dari Massive Open Online Course merupakan komponen pertama pada Latsar CPNS yaitu adalah Pelatihan Mandiri secara Daring. MOOC ini dikelola oleh LAN dan dapat diakses langsung oleh CPNS melalui situs jar-asnpintar.lan.go.id dengan login menggunakan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) sebagai username dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai password.

Pengalaman saya selama pembelajaran MOOC ini dilakukan secara luring sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja sehingga lebih fleksibel dan tidak menuntut kita harus berada dalam koneksi internet yang lancar. Setiap sub materi disajikan dengan 3 media yaitu modul yang berisi materi secara lengkap dan rinci, intisari dalam bentuk PPT, serta secara visual melalui tayangan Youtube. Materinya bisa didownload dan ditonton dilain waktu.

Pada pembelajaran MOOC Agenda I saya mempelajari tentang Sikap Perilaku Bela Negara. Yang terdiri atas 3 sub materi yaitu:

  1. Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara
  2. Analisis Isu Kontemporer, dan 
  3. Kesiapsiagaan Bela Negara

Setiap sub materi tentunya memiliki poin-poin yang disampaikan kepada kami sebagai peserta Latsar CPNS agar dapat dipahami dan dipraktekkan termasuk untuk diri saya sendiri.

Pertama, pada sub materi Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara membahas tentang bagaimana cara kita meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta tntang landasan kehidupan berbangsa dan bernegara; nilai-nilai dasar bela negara; penghormatan terhadap lambang-lambang negara dan ketaatan kepada peraturan perundang-undangan; pembinan kerukunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua, pada sub materi Analisis Isu Kontemporer membahas tentang bagaimana cara kita memahami konsepsi perubahan dan perubahan lingkungan strategis melalui isu-isu strategis kontemporer sebagai wawawan strategis PNS dengan menyadari pentingnya modal insani, dengan menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi perubahan lingkungan strategis.

Ketiga, pada sub materi Kesiapsiagaan Bela Negara membahas tentang bagaimana kita memahami kerangka bela negara dalam Latsar CPNS dan dasar-dasar kesiapsiagaan bela negara, menyusun rencana aksi bela negara dan melakukan kegiatan kesiapsiagaan bela negara sebagai kemampuan awal bela negara dengan menunjukkan sikap perilaku bela negara melalui aktivitas di luar kelas melalui kegiatan praktik peraturan baris-berbaris, tata upacara sipil, dan keprotokolan, bermain peran sebagai badan pengumpul keterangan, kemudian diakhiri dengan melakukan kegiatan ketangkasan fisik dan penguatan non mental dengan penekanan pada aspek kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama, dan prakarsa menggunakan metode-metode pembelajaran di alam terbuka dalam rangka membangun komitmen dan loyalitas terhadap negara dalam menjalankan tugas sebagai PNS profesional pelayan masyarakat.

Melalui pembelajaran MOOC Agenda I ini, saya memahami pentingnya untuk senantiasa merefleksikan praktek Sikap Perilaku Bela Negara dalam mengaktualisasikan kehidupan sehari-hari sebagai PNS dalam menjalankan tugas. 

Saya harus senantiasa mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan negara kita yang berlandaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bela negara menjadi tekad, sikap dan perilaku serta tindakan saya sebagai warga negara baik secara individu maupun sebagai makhluk sosial dalam menaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa kita.

Saya jadi memahami bahwa sebagai warga negara Indonesia kita harus memiliki fisik yang sehat, keterampilan dan jasmani yang prima serta mental dengan dengan kecerdasan intelektual dan spiritual yang baik dan senantiasa selalu bekera keras, ulet dan disiplin. Saya tahu bahwa CPNS ini menjadi awal saya untuk mengabdi kepada negeri dengan dasar-dasar nilai negara. Saya juga menjadi lebih siap bahwa sebagai dosen CPNS saya harus siap untuk mengabdikan diri secara maksimal kepda bangsa dan negara dan tetap siaga dalam menghadapi segala macam ancaman yang akan terjadi kedepannya. 

Pada akhirnya, dengan menerapkan praktek Sikap Perilaku Bela Negara dalam kegiatan saya sebagai CPNS dan segera menjadi PNS pada akhirnya (Aamiin…) maka kita akan terbebas dari kondisi yang bebas dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan serta akan tercipta kondisi yang aman dan harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF