TUGAS INDIVIDU: HARMONIS

October 11, 2022

SOAL

  1. Buatlah Essay (Summary) dari Materi Harmonis Minimal 200 kata.
  2. Jawablah pertanyaan berikut:
    1. Apakah suasana harmonis telah anda rasakan dilingkungan anda bekerja saat ini? Jelaskan jawaban anda?
    2. Jelaskan keberadaan dan pemberlakuan kode etik dilingkungan tempat anda bekerja?
    3. Berikan contoh kejadian yang menunjukkan nilai etika dan pelanggaran etika dilingkungan anda bekerja. Kemudian tunjukkan upaya anda sebagai ASN dalam mendorong terwujudnya nilai etika dan mengantisipasi kemungkinan pelanggaran etika tersebut.
    4. Jelaskan dan berikan contoh serta menciptakan suasana harmonis yang anda hadapi di tempat Anda bekerja?
    5. Apa upaya anda dalam turut mewujudkan suasana harmonis dilingkungan anda bekerja?

JAWAB

1. Buatlah Essay (Summary) dari Materi Harmonis Minimal 200 kata.

Materi Harmonis bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman kepada setiap CPNS dalam Latsar ASN mengenai keberagaman berbangsa, rasa saling menghormati, dan bagaimana menjad pelayan dan abdi masyarakat yang baik sehingga dapat menciptakan suasana harmonis dilingkungan bekerja, memberikan layanan yang berkeadilan kepada masyarakat, serta dapat menunjukkan perilaku yang beretika dan menjadi perekat bangsa dalam segala aspek kehidupan sebagai warga negara.

Kita sebagai sebagai ASN diharapkan bekerja baik di tempat belerja juga menjadi role model di lingkungan masyarakat. Dengan menegakkan nilai etika maka suasana harmonis dapat terwujud dilinkungan ditempat bekerja dan lingkungan masyarakat dimanapun ASN berada.

Pentingnya suasana harmonis karena salah satu kunci sukses kinerja suatu organisasi berawal dari suasana tempat kerja. Energi positif yang ada di tempat kerja bisa memberikan dampak positif bagi karyawan yang akhirnya memberikan efek domino bagi produktivitas, hubungan internal, dan kinerja secara keseluruhan.

Suasana harmoni dalam lingkungan bekerja akan membuatkan kita secara individu tenang, menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk saling kolaborasi dan bekerja sama, meningkatkan produktifitas bekerja dan kualitas layanan kepada pelanggan.

Etika publik merupakan refleksi kritis yang mengarahkan bagaimana nilai-nilai kejujuran, solidaritas, keadilan, kesetaraan, dan lain-lain dipraktikkan dalam wujud keprihatinan dan kepedulian terhadap kesejahteraan masyarakat. Supaya etika publik dapat dihayati dan dilaksanakan secara menyeluruh di dalam organisasi, para pegawai tidak cukup hanya diberikan definisi atau rumusan-rumusan norma yang abstrak tanpa rujukan yang jelas mengenai kewajiban dan larangan yang berlaku. Di sinilah letak pentingnya kode etik diantara aparat sipil negara atau PNS pada khususnya. Penerapan nilai harmonis sesuai kode etik ASN secara konseptual teoritis yang meliputi saling peduli dan meghargai perbedaan, serta memberikan contoh perilaku dengan menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain serta membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Kode Etik Profesi dimaksudkan untuk mengatur tingkah laku/ etika suatu kelompok khusus dalam masyarakat melalui ketentuan-ketentuan tertulis yang diharapkan dapat dipegang teguh oleh sekelompok profesional tertentu. Oleh karena itu, dengan diterapkannya kode etik ASN, perilaku pejabat publik harus berubah,

  • Pertama, berubah dari penguasa menjadi pelayan;
  • Kedua, berubah dari ’wewenang’ menjadi ’peranan’;
  • Ketiga, menyadari bahwa jabatan publik adalah amanah.

B. Jawablah pertanyaan berikut :

1. Apakah suasana harmonis telah anda rasakan dilingkungan anda bekerja saat ini? Jelaskan jawaban anda ?

Suasana harmonis masih bisa saya rasakan dalam lingkungan saya bekerja namun sebagai orang baru dalam lingkungan tersebut dimana banyak dosen senior yang senang berbagi pengalaman dan saran kepada kami dosen CPNS yang notabene masih baru dan butuh arahan. Kami juga sering berkumpul dan bekerja sama dengan kompak mengerjakan suatu kegiatan serta kami juga sering berkumpul dan bersenda gurau. Namun, sejauh yang saya amati hingga saat ini saya menyadari masih ada sedikit situasi yang kurang kondusif dimana adanya hubungan antara dosen yang renggang sehingga mengakibatkan kondisi yang kurang harmonis. 

2. Jelaskan keberadaan dan pemberlakuan kode etik dilingkungan tempat anda bekerja?

  • Memperhatikan dan menjaga penampilan saat di dilingkungan kerja dengan mengenakan pakaian formal maupun santai namun agar tetap dan sopan.
  • Saling menghargai dan menhormati sesama rekan kerja siapapun itu tanpa terkecuali
  • Menjadi pribadi yang profesional dan bertanggung jawab dimanapun dan kapapun itu namun tetap fleksibel
  • Peduli terhadap rekan kerja mulai dari dosen, tenaga kependidikan dan juga mahasiswa

3. Berikan contoh kejadian yang menunjukkan nilai etika dan pelanggaran etika dilingkungan anda bekerja. Kemudian tunjukkan upaya anda sebagai ASN dalam mendorong terwujudnya nilai etika dan mengantisipasi kemungkinan pelanggaran etika tersebut.

Kejadian yang menunjukkan etika di lingkungan tempat saya bekerja adalah pegawai yang terdiri atas dosen dan tenaga kependidikan yang disiplin saat bertugas yang ditandai dengan rajinnya para pegaai melakukan finger print selama 2 kali sehari sesuai peraturan yang telah ditetapkan kampus.

Pelanggaran etika dilingkungan tempat saya bekerja contohnya seperti tenaga kependidikan fakultas dimana saya ditempatkan yang kurang bertanggung jawab melaksanakan tugasnya terkait arsip dan adminisrasi sehingga sedikit menyulitkan kami sebagai dosen untuk mencari arsip bahkan sampai ada kejadian tenaga kependidikan ditegur melaui grup whatsapp dahulu agar dapat bekerja. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya pimpinan fakultas seperti Dekan ataupun pimpinan kampus seperti Rektor untuk menindak tegas perilaku pegawai yang lalai dalam tugas dengan memberikan hukuman tapi juga memberikan imbalan atau hadiah untuk pegawai yang rajin, cermat, dan bertaggung jawab.

4. Jelaskan dan berikan contoh serta menciptakan suasana harmonis yang anda hadapi di tempat Anda bekerja?

Membangun komunikasi dengan rekan kerja agar terjalin hubungan yang baik dan tetap saling menghargai. Contohnya, saya sebagai orang baru yang ditempatkan sebagai dosen CPNS di Universitas Sulawesi Barat maka saya harus menjalin hubungan profesional dan juga komunikasi dengan rekan kerja yaitu dosen dan tenaga kependidikan, saling menghargai dan menghormati sehingga bisa terciptanya suasana yang harmonis di tempat saya bekerja karena saya juga harus berkontribusi untuk menciptakan suasana harmonis tersebut melalui perilaku dan etika di lingkungan tempat kerja.

5. Apa upaya anda dalam turut mewujudkan suasana harmonis dilingkungan anda bekerja?

Saling menghormati dan menghargai sesama rekan kerja yakni dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa yang tentunya memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda-beda, saling mengenal satu sama lain antara rekan kerja, berkomunikasi dengan efektif dan bersikap secara cermat di lingkungan bekerja.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF