TUGAS INDIVIDU: BERORIENTASI PELAYANAN

October 07, 2022

SOAL

A. Buatlah Essay (Summary) dari Materi Berorientasi Pelayanan! Minimal 200 kata.

B. Amati dan cermati video pada Link di bawah:

https://youtu.be/_7y5ZhNakxc

IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) inovasi layanan publik dari Badan

Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (pemenang SINOVIC Kemenpan RB Tahun

2020)

  1. Prinsip dalam pelayanan Publik apa saja yang telah diterapkan pada video Tersebut? Jelaskan argumentasi anda!
  2. Perilaku Pelayanan prima apa saja yang telah diterapkan dan yang belum diterapkan pada video tersebut? Jelaskan argumentasi anda!
  3. Jelaskan Inovasi pelayanan publik yang dilakukan didalam video tersebut!

JAWAB

A. Buatlah Essay (Summary) dari Materi Berorientasi Pelayanan! Minimal 200 kata.

ASN menjadi profesi yang lekat dengan pelayanan masyarakat sehingga sangat perlu untuk mempelajari Materi Berorientasi Pelayanan. Mewujudkan pelayanan publik yang baik juga harus memenuhi prinsip-prinsip yang digunkan untuk merespons berbagai kebutuhan yaitu partisipatif, transparan, responsif, tidak diskriminatif, mudah dan murah, efektif dan efesien, aksessibel, akuntabel, dan berkeadilan. Maka dengan mewujudkn prinsip-prinsip tersebut, kita sebagai ASN bisa harusnya sudah mengetahui bahwa ada 3 unsur penting yang ada dalam pelayanan publik yaitu penyelenggaraan pelayanan publik yaitu ASN/ Birokrasi, penerima layanan yaitu masyarakat, stakeholder, atau sektor privat, dan kepusan yang diberikan dan atau diterima oleh penerima layanan.

Selain itu, ASN juga harus mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas melalui enam elemen yaitu: komitmen pimpinan yang merupakan kunci untuk membangun pelayanan yang berkualitas; penyediaan layanan sesuai dengan sasaran dan kebutuhan masyarakat; penerapan dan penyesuaian Standar Pelayanan di dalam penyelenggaraan pelayanan publik; memberikan perlindungan bagi internal pegawai, serta menindaklanjuti pengaduan masyarakat; pengembangan kompetensi SDM, jaminan keamanan dan keselamatan kerja, fleksibilitas kerja, penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan sarana prasarana; dan secara berkala melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja penyelenggara pelayanan publik.

Saat ini, ASN  juga harus memiliki Core Values (Nilai-Nilai Dasar) ASN BerAKHLAK dan Employer Branding (Bangga Melayani Bangsa). BerAKHLAK yang dapat Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. NIlai tersebut harusnya menjadi nilai yang dapat dipahami dan dapat diimplementasikan pada keseharian menjadi ASN.

Pada akhirnya, kita sebagai ASN harus dapat memberikan pelayanan yang prima dan memenuhi harapan serta kebutuhan masyarakat mulai dari kebutuhan dasar dan hak sipil atas barang publik, jasa pulik, dan pelayanan masyarakat. ASN harus seoptimal mungkin untuk bisa memberikan layanan yang prima kepada masyarakat sehingga nilai berorientasi pelayanan menjadi paradigma bagi setiap insan ASN dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya demi kepuasan masyarakat.

B. Amati dan cermati video pada Link di bawah:

https://youtu.be/_7y5ZhNakxc

IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) inovasi layanan publik dari Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (pemenang SINOVIC Kemenpan RB Tahun 2020)

1. Prinsip dalam pelayanan Publik apa saja yang telah diterapkan pada video Tersebut? Jelaskan argumentasi anda!

  1. Transparan. Ada berbagai kegiatan yang bisa dirasakan masyarakat yang ingin menikmati  pelayanan Karantina dilihat melalui sistem IQFAST mulai dari mengurangi kontak fisik, pemantauan permohonan secara daring, pembayaran melalui transfer antar bank, sertifikat disajikan sscara elektronik, interknoneksi lebih optimal, adanya jaminan keberterimaan komoditas ekspor, tersedianya draft phitosanitary, sistem mitigasi risiko lewat prior notice, layanan prioritas karantina, dan Peta komoditas pertanian ekspor.
  2. Tidak diskriminatif. Adanya sistem secara daring membuat pelayanan IQFAST lebih objektif tanpa memandang siapapun yang sedang menggunakan pelayanan Karantina.
  3. Mudah dan Murah. Seluruh tindakan karantina jadi lebih tersinkron sehingga pendistrubusian barang jadi lebih cepat. Bahkan Badan Karantina Pertanian mampu menurunkan biaya logistik hingga 75%.
  4. Efektif dan Efisien. Pelayanan yang mudah dan murah bahkan jauh lebih cepat serta sistemnya yang bida dilakukan secara daring membuat pelayanan Karantina jauh lebih efektif dan efesien.
  5. Aksesibel. Adanya sistem daring pelayanan bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.

2. Perilaku Pelayanan prima apa saja yang telah diterapkan dan yang belum diterapkan pada video tersebut ? Jelaskan argumentasi anda!

Perilaku pelayanan prima yang telah diterapkan berdasarkan video tersebut ada 6 yaitu:

  1. Adil dan tidak diskriminatif. Adanya sistem IQFAST membuat pelayanan menjadi lebih transparan tanpa memandang siapa pun itu selama persyaratannya terpenuhi.
  2. Cermat. Sistem IQFAST menjadi bukti cermatnya ASN di Badan Karantina Pertanian yang mencoba memikirka inovasi pelayanan Karantina yang lebih terintegrasi sehingga menjadikan pelayanan lebih efektif dan efesien.
  3. Tegas, andal, dan tidak memberikan putusan yang berlarut-larut. Melalui IQFAST aspek kemudahan layanan publik lebih terealisasi seperti mengurangi kontak fisik dengan petugas dan menjadikan layanan menjadi lebih cepat mulai dari pendistribusian barang, proses jadinya surat dan sertifikat, memberikan layanan priorotas karantina sehingga komoditas pertanian yang masuk dapat langsung didistribusikan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karantina, sistem daring phitosanitory sehingga eksportir bisa melakukan pengajuan konsep sertifikat kapan pun dan dimana pun.
  4. Profesional. IQFAST menjadi salah satu upaya yang menjadikan Badan Karantina Pertanian menjadi profesional karena berusaha mencoba menyediakan layanan yang terintegrasi dan memahami masyarakat yang menggunakan layanan Karantina.
  5. Tidak mempersulit. IQFAST menjadikan pelayanan menjadi lebih terintegrasi dalam suatu sistem sehingga pelayanan menjadi cepat, mudah dan murah sehingga bisa dikatakan IQFAST menjadikan pelayanan Karantina menjadi lebih efesien dan efektif.
  6. Menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas dan integritas institusi penyelenggara. Segala bentuk pelayanan Karantina ditampilkan di sistem IQFAST mulai dari informasi, prosedur, pelayanan, dan biaya yang bisa dilihat oleh pengguna layanan sehingga lebih transparan. 

Sedangkan perilaku pelayanan prima yang telah belum diterapkan berdasarkan video tersebut ada 2 yaitu:

  1. Santun dan ramah. Melalui IQFAST maka aspek kemudahan layanan Karantina lebih terealisasi seperti mengurangi kontak fisik dengan petugas sehingga tidak ada interaksi secara langsung yang terlihat antara pengguna dan pemberi pelayanana. Belum ada pernyataan dalam video tersebut yang membuktikan bahkan menyinggung para ASN yang mempunyai perilaku santun dan ramah.
  2. Patuh pada perintah atasan yang sah dan wajar. Dalam video juga tidak ada hal yang menjelaskan mengenai patuhnya para ASN kepada atasannyya secara sah dan wajar sehingga belum bisa dikatakan bahwa perilaku tersebut sudah diterapkan oleh Badan Karantina Pertanian.

3. Jelaskan Inovasi pelayanan publik yang dilakukan didalam video tersebut!

IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System) merupakan inovasi mengenai pelayanan publik yang dilakukan oleh Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian berupa sistem yang memberikan sistem layanan terpadu pada semua pelayanan karantina yang bisa dilakukan secara daring sehingga bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. IQFAST tidak hanya menjadi sistem informasi dan pelayanan tetapi juga sebagai bentuk pengawasan terhadap pelayanan yang telah dilakukan oleh Badan Karantina Pertanian.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF