Buku dan Profesi Dosen

April 06, 2023

Menurut Permendikbudristek No. 25 Tahun 2022, buku merupakan karya tulis dan/ atau karya gambar yang diterbitkan berupa cetakan berjilid atau berupa publikasi elektronik yang diterbitkan secara tidak berkala.

Berhubung lagi bahas buku dalam konteks sebagai dosen makanya definisi bukunya saya kutip dari kementerian yang notabene masih satu paying sama kampus saya.

Buku ini memiliki peranan penting bagi dosen karena pada jabatan fungsional tertentu sudah diwajibkan untuk menulis buku seperti dosen yang sudah bergelar guru besar alias professor. Melalui buku, dosen dapat membagikan ilmu pengetahuan dan penelitian dengan tulisan.

Perbedaan Buku Ajar, Buku Referensi dan Buku Monograf

Secara umum, dosen mengenal 3 jenis buku yaitu:

  • Buku ajar merupakan buku yang digunakan sebagai buku mata kuliah di bidang studi tertentu dan disusun oleh dosen membahas seluruh isi rencana perkuliahan dalam satu semester. Buku ajar tak hanya diperuntukkan untuk dosen tapi juga untuk mahasiswa yang juga menjadi target pembuatan buku ajar tersebut sehingga dapat digunakan untuk pembelajaraan Mandiri oleh mahasiswa. Buku ajar adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar di bidangnya dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan.
  • Buku monograf merupakan buku yang berisi kumpulan karya tulis ilmiah yang membahas satu topik dalam satu bidang keilmuan. Buku monograf memuat hasil penelitian dosen sebagai pendukung kegiatan mengajar dan meneliti. Buku monograf adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku (ber-ISSN/ ISBN) yang substansi pembahasannya hanya pada satu topik/ hal dalam suatu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novelty/ ies), metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka yang menuniukkan rekam jejak kompetensi penulis. 
  • Buku referensi adalah jenis karya tulis ilmiah berbentuk buku yang menjabarkan semua topik dari suatu bidang keilmuan, biasanya berisi detail hasil penelitian. Buku referensi memuat bahan untuk mengajar dan meneliti. Buku referensi adalah suatu ttdisan dalam bentuk buku (ber-ISBN) yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novelty/ ies), metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka yang menunjukkan rekam jejak kompetensi penulis.
  • Buku jenis lainnya adalah yang tidak termasuk dalam buku referensi dan buku monograf tetapi tetap mempunyai nilai akademik dan memenuhi kaidah ilmiah.

Buku dan BKD

Buku termasuk ke dalam rubrik penilaian beban kinerja dosen (BKD) sebagai bentuk pertanggung jawaban telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan minimal 12 SKS dan maksimal 16 SKS.

Tergantung jenis bukunya, maka bisa dimasukkan ke dalam pengisian BKD mulai dari pendidikan, penelitian, dan penunjang sesuai dengan kriteria masing-masing buku.

Berikut ini rubrik penilaian BKD terkait dengan buku berdasarkan Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO BKD) Tahun 2021:

Unsur/ Subunsur Kegiatan Satuan Hasil SKS Per Semester Bukti Penjelasan
B. Pelaksanaan Pendidikan
8. Mengarbangkan bahan pmgajaran/ bahan kuliah yang mempunyai nilai kebaharuan (cetiap produk) 1. Buku ajar Setiap buku 5 Cover, kata pengantar, daftar isi buku, surat tugas pimpinan PT Tidak dibatasi jumlah buku. Karya tim, ketua 60%, anggota 40% dibagi jumlah anggota
C. Pelaksanaan Penelitian
1. Menghasilkan karya ilmiah sesuai dengan bidangnya 1. Hasil penelitian atau pemikiran yang dipublikasikan
a. Monograf atau referensi
1) Buku referensi Setiap buku 10 Halaman sampul dan bukti kinerja Tidak dibatasi jumlah buku. Pembagian sks tim penulis, ketua 60%, anggota 40% dibagi jumlah anggota
2) Buku Monograf Setiap monograf 5 Halaman sampul dan bukti kinerja Tidak dibatasi jumlah buku.
b. Hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam buku yang dipublikasikan dan berisi berbagai tulisan dari berbagai penulis (book chapter):
1) Internasional Setiap bab buku 3,75 Halaman sampul, daftar isi, dan bukti kinerja
2) Nasional 2,5
4. Menerjemahkan/ menyadur buku ilmiah Diterbitkan dan diedarkan secara nasional (Ber-ISBN) Setiap buku 3,75 Surat tugas pimpinan PT, cover buku, kata pengantar, daftar isi Tidak dibatasi jumlah buku ilmiah yang disadur di dalam per semester
5. Mengedit/ menyunting karya ilmiah 2,5 Tidak dibatasi jumlah suntingan karya ilmiah di dalam per semester
E. Unsur Penunjang
8. Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional a. Buku SLTA atau setingkat Setiap buku 5 Surat tugas pimpinan PT, sampul, kata pengantar, daftar isi Memiliki ISBN, memenuhi standar buku. Tidak dibatasi jumlah buku per semester
b. Buku SLTP atau setingkat
c. Buku SD atau setingkat

Buku dan Angka Kredit

Sebenarnya kriteria penilaiannya buku dalam BKD dan angka kredit sama saja tapi yang membedakan adalah poin angka kredit. Angka kredit sendiri merupakan satuan nilai yang digunakan untuk naik jabatan fungsional pada dosen mulai dari asisten ahli, lektor, lektor kepala bahkan hingga profesor maupun naik pangkat.

Berikut ini penilaian angka kredit terkait dengan buku berdasarkan Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit (PO PAK) Jabatan Akademik/ Pangkat Dosen  Tahun 2019

Unsur/ Subunsur Komponen Kegiatan Bukti Kegiatan Batas Maksimal Diakui Angka Kredit
B. Pelaksanaan Pendidikan
8. Mengarbangkan bahan pmgajaran/ bahan kuliah yang mempunyai nilai kebaharuan (cetiap produk) 1. Buku ajar File produk 1 buku/ tahun 20
C. Pelaksanaan Penelitian
1. Menghasilkan karya ilmiah sesuai dengan bidangnya a. Hasil penelitian atau pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku
1. Buku referensi Pindai halaman sampul dan bukti kinerja 40 1 buku/ tahun
2 Buku Monograf 20
b. Hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam buku yang dipublikasikan dan berisi berbagai tulisan dari berbagai penulis (book chapter):
1) Internasional Pindai halaman sampul, daftar isi dan bukti kinerja 15 1 buku/ tahun
2) Nasional 10
4. Menerjemahkan/ menyadur buku ilmiah yang diterbitkan (ber ISBN) Pindai halaman sampul dan bukti kinerja yang dapat diakses oleh asesor 15
5. Mengedit/ menyunting karya ilmiah dalam bentu buku yang diterbitkan (ber ISBN) 10
E. Unsur Penunjang
8. Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional a. Buku SLTA atau setingkat, tiap buku 5
b. Buku SLTP atau setingkat, tiap buku
c. Buku SD atau setingkat, tiap buku
:

Buku monograf atau buku referensi yang diambil dari disertasi atau tesis tidak dapat dinilai untuk usul kenaikan jabatan akademik/ pangkat.

Buku dan SINTA

Jangan lupa, sebagai dosen dan peneliti untuk mengupdate setiap buku yang telah terbit di akun SINTA biar nambah portfolio dan tentunya bakal naikin Skor SINTA juga ujung-ujungnya. 

Berikut ini tutorial memasukkan buku ke dalam profil SINTA dengan hanya bermodalkan ISBN (tapi pastikan buku kalian sudah terbit baru diinput ke SINTA):

  1. Carat atau copy terlebih dahulu Kode ISBN bukunya
  2. Login di halaman sinta.kemdikbud.go.id. 
  3. Arahkan kursor ke Nama yang berada di sudut kanan atas lalu Klik My Profile 
  4. Klik My SINTA dan pilih Books
  5. Klik Add Books yang berada di kanan atas
  6. Masukkan atau paste kode ISBN pada kolom ISBN 
  7. Klik Check ISBN
  8. Jika kode ISBN telah benar maka detail data terkait buku tersebut akan muncul secara otomatis, lakukan perbaikan data jika masih ada data yang tidak sesuai mulai dari kategori, judul, penulis, penerbit, tahun, jumlah halaman dan cover buku tersebut. Nah, jenis buku yang teridentifikasi dalam profil SINTA terdiri atas 4 kategori yaitu: Buku ajar, Buku referensi, Buku monograf, dan Lainnya
  9. Klik Claim Book
  10. Tunggu agar diverifikasi oleh operator PT agar bisa diverifikasi. Namun, tanda verifyed ataupun unverified ini tidak akan dilihat oleh orang kecuali sang pemiliki akun SINTA.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF