Open Researcher and Contributor ID (ORCID)

April 14, 2023

Open Researcher and Contributor ID (ORCID) merupakan organisasi nirlaba yang didukung oleh anggota komunitas global organisasi, termasuk lembaga penelitian, penerbit, penyandang dana, asosiasi profesional, penyedia layanan, dan pemangku kepentingan lainnya dalam ekosistem penelitian.

ORCID menyediakan ID ORCID sebagai identitas digital persisten kepada peneliti yang ada di seluruh dunia yang dapat digunakan secara gratis tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Melalui ORCID, kita jadi bisa melihat informasi peneliti secara profesional mulai dari afiliasi, hibah, publikasi, tinjauan sejawat dan lainya.

ORCID dapat diakses melalui laman orcid.org.

Visi dan Misi ORCID

Visi

Visi ORCID adalah dunia di mana semua yang berpartisipasi dalam penelitian, beasiswa, dan inovasi diidentifikasi secara unik dan terhubung dengan kontribusi mereka lintas disiplin, batas, dan waktu.

Misi

Dalam mewujudkan visinya, ORCID berusaha untuk memungkinkan hubungan yang transparan dan dapat dipercaya antara peneliti, kontribusi mereka, dan afiliasi mereka dengan memberikan pengenal yang unik dan gigih bagi individu untuk digunakan saat mereka terlibat dalam kegiatan penelitian, beasiswa, dan inovasi.

ORCID dan Koneksi

Saat ini, sebagian besar jurnal khususnya jurnal nasional akan meminta peneliti yang akan memasukkan artikel ke jurnal untuk memberikan otorisasi ORCID iD peneliti sehinggga ketika artikelnya telah diterbitkan maka sebagai ORCID iD authornya akan ditampilkan di halaman artikel dan profil author.

Selain itu, ORCID juga dapat terkoneksi dengan akun peneliti seperti Scopus dan WoS dengan menghubungkan akun tersebut. Hal ini dilakukan agar meminimalisir berbagai masalah terkait nama peneliti misalnya adanya duplikat akun dengan nama yang sama maupun dua orang yang berbeda dengan satu akun baik pada akun Scopus dan Wos.

Registrasi Akun

ORCID iD dapat diperoleh dengan melakukan registrasi dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buka laman orcid.org/register
  2. Masukkan nama depan pada kolom First Name
  3. Masukkan nama belakang pada kolom Last Name
  4. Masukkan email utama pada kolom Prymary Email
  5. Masukkan lagi email utama pada kolom Confirm Prymary Email
  6. Masukkan email alternatif bila ada dan bisa dikosongkan pada kolom Additional Email (Optional)
  7. Klik Next maka akan muncul halaman yang menampilkan nama pengguna ID ORCID yang sama dengan yang kamu gunakan. Jika memang kamu pernah memiiki ID ORCID, klik I already have an ID, go back to sign in. Jika belum pernah, klik None of these are me, continue with registration.
  8. Masukkan Password pada kolom yang disediakan dan masukkan lagi pada kolom Confirm Password. Password terditi atas 8 karakter atau lebih dengan kombinasi minimal 1 huruf atau simbol dan minimal 1 angka.
  9. Centang kolom notification setting jika ingin mendapatkan notifikasi terkait fitur dan tips mengenai ORCID
  10. Klik Next
  11. Centang kolom everyone pada Visibility Setting
  12. Centang 2 kolom persetujuan kebiakan publik pada Term of Use
  13. Klik Register
  14. Buka email utama yang didaftarkan lalu periksa email dari ORCID yang masuk lalu klik Verivy your email address
  15. Lakukan login pada laman orcid.org/signin dengan memasukkan email dan password ORCID
  16. Klik Sign in
  17. Lengkapi data riwaat pendidikan, pekeraan dan publikasi

ORCID iD

ORCID iD teridri atas 16 digit angka dengan tanda hubung di setiap 4 karakter yang menjadi identitas peneliti.

ORCID iD dapat dilihat dengan beberapa cara yaitu:

  1. Pada email verifikasi dengan subject [ORCID] Verify your email address atau login pada laman orcid.org/signin dan lihat pada profil ORCID
  2. Pada kolom pencarian ORCID dengan memasukkan nama yang ingin dicari lalu klik maka akan muncul hasil pencarian yang menampilkan nama, afiliasi, dan ORCID iD
ORCID iD juga menjadi link untuk profil ORCID. Hanya perlu menambahkan ORCID iD setelah https://orcid.org/. Contohnya https://orcid.org/0000-0001-8878-6973 dan buka di browser maka akan menuju profil tersebut tanpa perlu login. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF