Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

April 08, 2023

Sistem informasi akademik (SIAKAD) merupakan portal website yang digunakan dalam lingkup kampus terkait kegiatan administrasi akademik mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, hingga pengelolaan data dosen dan mahasiswa serta untuk menaikkan akreditasi kampus.

SIAKAD bisa diakses oleh dosen, mahasiswa, dan operator setiap program studi dengan menggunakan akun melalui laman berupa sub domain dan akan diikuti dengan domain kampus contohnya di kampus saya yaitu siakad.unsulbar.ac.id. 

Fitur SIAKAD

Sistem SIAKAD antara kampus yang satu dengan yang lainnya bisa saja sama taupun berbeda yang tergantung dari tim pengembang kampus masing-masing. Oleh karena itu, fitur-fitur yang tersedia pada SIAKAD juga bisa sama maupun berbeda.

Berikut ini fitur-fitur yang tersedia di SIAKAD yang saya gunakan di kampus saya:

Akun SIAKAD 

Setiap dosen akan diberikam akses oleh administrator atau operator kampus untuk mengakses SIAKAD berupa nomor induk dosen nasional (NIDN) sebagai username ataupun user ID dan passwordnya. Akses SIAKAD bisa diberikan dimulai ketika dosen tersebut telah memiliki NIDN di kampus. 

Perwalian Akademik

Perwalian atau Pembimbing Akademik (PA) merupakan salah tugas dosen untuk menjelaskan, memberikan petunjuk nasihat, dan arahan kepada mahasiswa pada kegiatan akademik kepada agar studinya berjalan baik dan lancar. Untuk mendukung hal tersebut, setiap mahasiswa yang menjadi anak PA setiap dosen akan muncul di SIAKAD yang dilengkapo dengan fitur Data Perwalian dan Validasi KRS.

Fitur Data Perwalian terdiri atas nama mahasiswa, Nomor Induk Mahasiswa (NIM), program studi, dan semester serta aksi untuk melihat Transkrip dan data Akademik. 

Fitur Validasi KRS merupakan proses pengajuan Kartu Rencana Studi (KRS) oleh mahasiswa yang dilakukan secara daring. Melalui fitur ini, kita bisa melihat mahasiswa yang telah mengisi KRS untuk divalidasi, KRS mahasiswa baik yang belum maupun telah disetujui, serta dilengkapi kolom pengisian ntuk memberikan saran kepada mahasiswa terkait pengisian KRS.

Fitur inilah yang digunakan agar bisa mengontrol kegiatan akademik mahasiswa PA setiap dosen.

Presensi dan Jadwal

Semua mata kuliah yang diampu oleh dosen bersangkutan akan muncul di SIAKAD lengkap dengan jadwal perkuliahan terkait tahun akademik, nama kelas, kode mata kuliah, kode mata kuliah, nama mata kuliah, dosen pengajar atau pengampu (baik tunggal maupun sebagai tim), serta fitur absensi secara online. Jadi, pastikan mata kuliah yang diajar telah masuk ke dalam SIAKAD agar bisa mengontrol kegiatan pengajaran, bisa tertarik ke SISTER sebagai bentuk laporan Beban Kerja Dosen (BKD) di setiap semesternya.

Pembimbing dan Penguji Ujian Skripsi

Setiap dosen pasti akan mendapatkan tugas baik sebagai pembimbing maupun sebagai penguji Ujian skripsi mahasiswa dimana datanya akan terekam di SIAKAD yang tertera nama mahasiswa, judul skripsi, daftar dosen pembimbing dan penguji, tanggal dan waktu terjadwal, serta statusnya yang disertai dengan undangan elektroniknya.

Nilai

Pada kegiatan pengajaran dan pelaksanaan kegiatan akademik memiliki output berupa nilai yang dimulai dari nilai huruf A sebagai nilai tertinggi dan huruf E sebagai nilai terendah.

SIAKAD melengkapi fitur penilaian untuk pengajaran setiap mata kuliah serta perbaikan nilai jika sewaktu-waktu ada perubahan nilai mahasiswa. Namun, nilai ini hanya bisa di input oleh koordinator mata kuliah yang telah merangkum semua penilaian tim dosen pengajar atau pengampu lalu mengkonversi nilai angka menjadi nilai huruf sesuai dengan ketentuan penilaian setiap kampus. Semua mata kuliah yang diambil akan diakumulasi dlaam bentuk Indeks Prestasi Semester (Kumulasi Semesteryang muncul di Kartu Hasil Studi (KHS) dan menjadi dasar untuk pengambilan mata kuliah semester selanjutnya. Semakin rendah IPS mahasiswa tersebut maka semakin sedikit juga mata kuliah yang bisa diambil semester selanjutnya.

Selain itu, bagi dosen yang bertugas sebagai dosen pembimbing Kuliah Kerja Nyata juga bisa menginput nilai KKN di SIAKAD. Yah, tapi gak semua dosen jadi pembimbing KKN.

Terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) adalah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, dimana semua informasi dan statistik tentang perguruan tinggi di indonesia di sajikan secara real time. PDDIKTI bisa diakses melalui laman pddikti.kemdikbud.go.id dan kita bisa menemukan mulai data kampus, prodi, dosen, hingga mahasiswa.

Sebagai dosen, kita akan bisa mengetahui data mulai dari nama, NIDN, perguruan tinggi dan program studi dimana ia mengajar, jenis kelamin, jabatang fungsional, Pendidikan tertinggi dan status ikatan kerja. Selain itu, juga memuat riwayat pendidikan tinggi dan riwayat mengajar.

Terkait dengan riwayat mengajar, daftar mata kuliah yang telah terinput di SIAKAD akan muncul di PDDIKTI setelah semester berakhir.

Terintegrasi dengan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) merupakan salah satu program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti agar berbagai aktivitas kegiatan dosen yang meliputi tridarma, mulai dari latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung bisa terhimpun di dalamnya.

Data terkait perwalian akademik (PA), pengajaran, serta pembimbingan dan pengujian akan terintegrasi ke SISTER dimana datanya akan ditarik dan akan muncul di SISTER pada setiap masa penginputan data pelaporan BKS di setiap semester.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF