Waktunya Omongin Soal WoS (Web of Science)

April 03, 2023

Web of Science (WoS) merupakan salah satu database publikasi ilmian terbesar di dunia. WoS yang dulunya bernama Web of Knowledge awalnya di produksi oleh Institute for Scientific Information (ISI), sekarang dikelola oleh Clarivate Analytics yang sebelumnya bernama Intellectual Property and Science business of Thomson Reuters.

Wos ini memiliki algoritma tersendiri yang berbeda dengan Scopus jadi bisa saja ada artikel ilmiah terindeks Wos namun tidak terindeks Scopus dan begitu pula sebaliknya.

WoS ID

WoS juga menyediakan halaman profil peneliti yang juga memiliki ID sebagai tanda pengenal dengan kombinasi angka, huruf dan tanda hubungi misalnya seperti HOH-9519-2023.

WoS juga bisa dihubungkan dengan ORCID dimana data publikasi ilmiah bisa di update dengan melakukan sinkronisasi dengan ORCID.

WoS Core Collection

WoS juga punya peringkat tersendiri untuk jurnal yang terindeks yang termasuk dalam dokumen core yaitu WoS Core Collection yang merupakan database kutipan terkemuka di dunia. Ini berisi catatan artikel dari jurnal berdampak tertinggi di seluruh dunia — termasuk jurnal akses terbuka — prosiding konferensi dan buku. WoS Core Collection memiliki sepuluh indeks yang berisi informasi yang dikumpulkan dari ribuan jurnal ilmiah, buku, seri buku, dan konferensi.

Indeks Kutipan Jurnal

Science Citation Index Expanded (SCIE)

Science Citation Index Expanded adalah indeks multidisiplin untuk literatur jurnal sains. Ini mencakup semua referensi yang dikutip yang diambil dari artikel yang diindeks pada publikasi sejak 1900-sekarang.

Social Sciences Citation Index (SSCI)

Indeks Kutipan Ilmu Sosial adalah indeks multidisiplin untuk literatur jurnal ilmu sosial. Itu juga mengindeks item yang dipilih secara individual dan relevan dari jurnal ilmiah dan teknis terkemuka dunia pada publikasi sejak 1900-sekarang.

Arts & Humanities Citation Index (A&HCI)

Arts & Humanities Citation Index adalah indeks multidisiplin untuk literatur jurnal seni dan humaniora. Itu juga mengindeks item yang dipilih secara individual dan relevan dari jurnal sains dan ilmu sosial utama pada publikasi sejak 1957-sekarang.

Emerging Sources Citation Index (ESCI)

ESCi telah diluncurkan sejak 2015 yang menambahkan ribuan judul dengan backfile sejak tahun 2005. Jurnal yang termasuk dalam Indeks Kutipan Sumber Baru mencakup semua disiplin ilmu dan berkisar dari publikasi internasional dan cakupan luas hingga jurnal yang memberikan spesialisasi regional atau spesialisasi yang lebih dalam cakupan wilayah.

Conference Proceedings 

Conference Proceedings Citation Index - Science (CPCI-S) yang dipublikasikan sejak 1990-sekarang.

Conference Proceedings Citation Index - Social Sciences & Humanities (CPCI-SSH) yang dipublikasikan sejak 1990-sekarang.

Book Citation Index 

Book Citation Index-Science (BKCI-S) and Social Sciences & Humanities (BKCI-SSH)

Indeks Kutipan Buku adalah indeks multidisiplin untuk literatur sains, ilmu sosial, dan humaniora.

Open Chemical Indexes

Current Chemical Reactions (CCR Expanded)

CCR berisi metode sintetik baru tunggal dan multi-langkah yang diambil dari jurnal dan paten terkemuka yang diterbitkan sejak 1985-sekarang. Aliran reaksi keseluruhan disediakan untuk setiap metode, bersama dengan representasi grafis yang terperinci dan akurat dari setiap langkah reaksi.

Termasuk catatan struktur data dari Institut National de la Propriété Industrielle (INPI) yang prestisius sejak tahun 1840. INPI adalah kantor kekayaan intelektual nasional Prancis. Itu bertanggung jawab atas paten, merek dagang, dan hak desain industri.

Index Chemicus (IC)

Index Chemicus berisi struktur dan data pendukung penting untuk senyawa organik baru yang dilaporkan dalam jurnal internasional terkemuka yang diterbitkan sejak 1993-sekarang. Ini adalah sumber penting informasi baru tentang senyawa aktif biologis dan produk alami.

Subject Categories

Setiap jurnal dan buku yang dicakup oleh WoS Core Collection ditugaskan untuk setidaknya salah satu dari subect yang ditentukan. Setiap record dalam WoS Core Collection berisi kategori subjek publikasi sumbernya di bidang Kategori WoS.

WoS dan SINTA

WoS juga menjadi salah satu dari dua basis data publikasi ilmiah internasional yang terintegrasi dengan SINTA yang tentu saja bisa meningkatkan Skor SINTA apabila artikel ilmiah tersebut masuk dalam kategori Core Collection.

Memasukkan WoS ID di SINTA

  1. Login di laman sinta.kemdikbud.go.id. 
  2. Arahkan kursor ke Nama yang berada di sudut kanan atas lalu Klik My Profile
  3. Arahkan kursor ke SINTA ID yang masih berada di sudut kanan atas lalu klik Update Profile
  4. Login dengan menggunakan Email dan Password yang digunakan saat registrasi sinta.
  5. Arahkan kursor ke Nama lalu Klik My Profile.
  6. Arahkan kursor ke SINTA ID dibagian pojok kanan atas lalu klik Update Profile
  7. Masukkan WoS ID di kolom yang sudah disediakan
  8. Klik Update Profile dan akan muncul Success! Update Profile Success
  9. Bagi yang belum memiliki akun silahkan register terlebih dahulu yang tutorialnya sudah berseliweran dimana-mana. Jadi, pas register sekalian memasukkan WoS ID.

Sinkronisasi WoS di Akun SINTA

Nah, biar artikel ilmiah yang ada di profil author WoS up to date muncul di SINTA maka harus rutin untuk melakukan sinkronisasi sbb:

  1. Login di laman sinta.kemdikbud.go.id. 
  2. Arahkan kursor ke Nama yang berada di sudut kanan atas lalu Klik My Profile 
  3. Klik My SINTA dan pilih Publication WoS
  4. Klik Req. Synchronization kemudian muncul Request Synchronization lalu pilih Yes, send request. Jika sinkronisasi berhasil maka akan muncul Success! Request synchronization success. Namun, jika tidak makan akan muncul Warning! Sorry, synchronization by the author only is allowed once every 7 days

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF