Panggilan Lomba Esai Mahasiswa ASEAN dan Korea, Hadiah Utama 30 Juta Loh!

August 19, 2021

2021 ASEAN-Korea Academic Essay Contest (credit: aseankorea.org)

ASEAN-Korea Centre (AKC) kembali mengadakan lomba esai yang berjudul "2021 ASEAN-Korea Academic Essay Contest" pada tahun ini. Lomba esai ini memang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya yang ditujukan untuk mahasiswa se ASEAN dan Korea. So, check this out guys!

Baca Juga:

LOMBA ESAI UNTUK MAHASISWA SE-ASEAN DAN KOREA BERHADIAH RP. 25 JUTA

INILAH PEMENANG 2020 ASEAN-KOREA ACADEMIC ESSAY CONTEST

Penyelenggara

2021 ASEAN-Korea Academic Essay Contest diadakan oleh ASEAN-Korea Centre (AKC), Korean Association of Southeast Asian Studies, Universiti Brunei Darussalam, Seoul National University Asia Centeri dan didukung oleh Sekretariat ASEAN, ROK Ministry of Foreign Affairs, ASEAN University Network, ASEAN Foundation

Latar Belakang

Meskipun pandemi berkepanjangan, ASEAN dan Korea telah memperluas kemitraan mereka melalui Kebijakan Selatan Baru Korea (NSP) dan Strategi NSP Plus. Korea telah berkontribusi pada COVID-19 ASEAN Response Fund dan telah menyelaraskan kebijakannya dengan inisiatif utama ASEAN seperti Kerangka Pemulihan Komprehensif ASEAN. Kedua belah pihak memperkuat kemitraan mereka untuk mengatasi kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19 dan mencapai kemakmuran bersama. Selanjutnya, dalam rangka memperingati Tahun Pertukaran Mekong-ROK 2021, Korea juga telah memperluas kemitraannya dengan sub-kawasan Mekong.

Dengan latar belakang seperti itu, Pusat ASEAN-Korea menjadi tuan rumah Kontes Esai Akademik ASEAN-Korea 2021 yang mengundang mahasiswa ASEAN dan Korea untuk melakukan penelitian intelektual dan berbagi perspektif dan pengetahuan mereka tentang hubungan ASEAN dan ASEAN-Korea. Melalui kontes ini, kami berharap dapat menerima esai yang kreatif dan berwawasan luas tentang bagaimana ASEAN dan Korea dapat lebih memperluas dan memperdalam kerja sama mereka untuk memajukan kemitraan masa depan yang lebih berkelanjutan. Pelamar yang tertarik dapat bekerja sebagai individu atau dalam tim (hingga 2 siswa) dan disarankan untuk bekerja dengan penasihat akademik untuk memperkuat makalah mereka.

Tema

Kalian yang pengen ikutan lomba esai ini dipersilahkan untuk memilih salah satu tema saja.

  1. Peran Pemuda dalam Mempromosikan Saling Pengertian antara ASEAN dan Korea menuju Kemitraan ASEAN-Korea yang berkelanjutan dan berorientasi masa depan. Karena lebih dari 60% dari total populasinya diwakili oleh kaum muda (15-35 tahun dengan usia rata-rata 30 tahun), ASEAN menjadi sorotan sebagai kawasan muda, dinamis, dan prospektif. Sementara banyak pemuda ASEAN sangat menyadari Korea dan budaya Korea karena efek demam Korea di kawasan, banyak anak muda Korea memiliki pemahaman yang terbatas tentang ASEAN berdasarkan keterpaparan mereka yang terbatas (terutama melalui pariwisata dan makanan) ke kawasan dan ASEAN budaya. Bagaimana pemuda di ASEAN dan Korea dapat berperan dalam mengatasi ketidakseimbangan ini dan lebih jauh lagi mempromosikan saling pengertian satu sama lain? Peran apa yang harus dimainkan oleh kaum muda, sebagai pemimpin masa depan ASEAN dan Korea dalam membangun kemitraan ASEAN-Korea yang berkelanjutan dan berorientasi masa depan?
  2. Memperkuat Kemitraan ASEAN-Korea dalam Mengatasi COVID-19 dan Membangun Kembali Lebih Baik untuk Kemakmuran yang Lebih Besar di Kawasan. Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan penurunan pertukaran yang dihasilkan merusak banyak momentum kerja sama yang dihasilkan oleh Kebijakan Selatan Baru dan KTT Peringatan ASEAN-ROK 2019. Pada saat yang sama, platform digital dan peningkatan kerja sama di sektor kesehatan telah memungkinkan ASEAN dan Korea untuk mengeksplorasi bidang dan bentuk kerja sama dan pertukaran baru. Dengan latar belakang seperti itu, bagaimana ASEAN (slogan Keketuaan ASEAN 2021 adalah “Kami Peduli, Kami Siapkan, Kami Sejahtera”) dan Korea memperkuat kerja sama dan kemitraan mereka untuk pulih dari pandemi dan membangun kembali dengan lebih baik menuju 'komunitas yang berpusat pada masyarakat. perdamaian dan kemakmuran'?
  3. Memperkuat Kerjasama ASEAN-Korea dalam Mitigasi Dampak Perubahan Iklim dan Mempromosikan Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Mekong. Selama bertahun-tahun, negara-negara di sub-kawasan Mekong (Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam) telah terkenal karena pencapaian nyata mereka dalam pembangunan ekonomi dan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Korea telah menjadi mitra yang kuat di sub-kawasan ini sejak 2011 dan meningkatkan hubungan ini menjadi kemitraan tingkat puncak dengan mengadakan KTT Mekong-ROK pertama pada tahun 2019. Dengan cara apa negara-negara ASEAN/Mekong dan Korea dapat lebih memperkuat kerja sama untuk menanggapi keduanya terhadap tantangan perubahan iklim dan memastikan pembangunan berkelanjutan di kawasan ini?

Persyaratan

Kontes ini terbuka untuk semua mahasiswa sarjana dan pascasarjana dengan kewarganegaraan ASEAN atau Korea.

- Pengajuan harus disetujui oleh penasihat akademik (profesor atau dosen)
- Pelamar dapat mengajukan sebagai individu atau sebagai tim, terdiri dari maksimal 2 siswa, di mana semua pelamar harus memenuhi kriteria di atas untuk berpartisipasi

BAHASA

Esai hanya boleh dibuat dalam bahasa Inggris

Deadline dan Persyaratan

Dikirim oleh: 14 November 2021 (Korea Standard Time (KST) atau Waktu Standar Korea)

Pengumuman Pemenang: 15 Desember 2021

Dokumen yang dibutuhkan:

  1. Esai
  2. Abstrak
  3. Formulir aplikasi (oleh peserta)
  4. Formulir rekomendasi (oleh penasihat)

FORMAT

Esai harus dalam format sbb:
  • bahasa Inggris
  • Maks. 4.000 kata atau 10 halaman
  • Font Times New Roman
  • 12 poin
  • 1,5 interlinier
  • Abstrak: 500 kata/ 1 halaman
  • Esai harus diserahkan dan diformat dalam Microsoft Word.
  • Kutipan dalam teks harus dibuat dalam APA (edisi ketujuh).

Hadiah

  • Hadiah Utama (1 tim): KRW 2.500.000
  • Hadiah Kedua (2 tim): KRW 1,500,000
  • Hadiah Ketiga (2 tim): KRW 1.000.000
  • Penghargaan Khusus (5 tim): KRW 500,000
* Tim yang terpilih akan diundang ke webinar untuk mempresentasikan esai mereka yang direncanakan akan diadakan pada Januari 2022
* Esai pemenang terpilih akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan namun tergantung pada kualitas entri

Penilaian

Semua entri yang memenuhi syarat akan dinilai oleh panel juri yang ahli di bidangnya yang dipilih oleh penyelenggara.

Perhatian!

  • Semua persyaratan harus diserahkan secara elektronik dengan batas waktu pengiriman di bit.do/2021akessay
  • Bahan referensi harus dikutip dengan benar. Tentang kebijakan plagiarisme, silakan merujuk ke www.plagiarism.org.
  • Hanya esai asli dan tidak pernah diterbitkan sebelumnya yang akan dipertimbangkan untuk evaluasi.
  • Untuk pertanyaan apa pun, silakan hubungi kami di essay@aseankorea.org.
  • Detail lomba: aseankorea.org

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF