Transaksi Digitalku yang Tergantung Sikon

August 09, 2022

Saya termasuk orang yang sangat menikmati perkembangan jaman sekarang dengan adanya teknologi transakasi keuangan berbasis digital mulai dari mobile banking sampai dompet digital.

Sekarang ini, aplikasi keuangan bebrasis digital termasuk dompet digital sudah tak terhitung jumlahnya. Mungkin sudah ratusan bahkan ribuan mulai dari yang terkena sampai gak dikenal sama sekali pun ada. Bingung juga lihatnya.

Sebagai kaum milenial saya mau gak mau ikut perkembangan jaman dengan ikut menggunakan layanan keuangan berbasis digital ini. Bahkan setiap rekening bank yang saya miliki sekarang pun saya buatin moile banking biar gampang.

Baca juga:

KELUARGAKU MENGAJARKANKU...

DIBALIK DUKA

TANTANGAN NGEBLOG IIDN MAKASSAR 

Belum lagi dompet digital yang pernah saya pake dan itu gak cuma satu mulai dari Ovo, Dana, Gopay, sampai LinkAja. Cuma sekarang pakenya cuma Ovo dan Dana aja. Ovo dipake buat ongkos ojek online (ojol) sekalian buat jajan di merchant-merchant atau beli pulsa dan paket data. Dana dipake buat transfer duit yang beda bank biar hemat. Gopaynya sempat gak dipake lama terus pas mau dipake lagi minta verifikasi jadi malas pakenya mana minta foto dengan ktp segala, ribet dah. Kalo LinkAja gak pernah dipake karena jarang banget merchant yang sering aku datangin menyediakan pembayaran melalui LinkAja.

Masa transisi saya menggunakan layanan keuangan berbasis digital saya bagi menjadi tiga yang berdasarkan dimana saya berada saat itu. Alasannya sederhana sih, beda kota beda penerapan soalnya. Situasi dan kondisinya (Sikon) berbeda.

Jabodetabek

Saat masih kuliah di Bogor menjadi awal saya mulai menggunakan teknologi keuangan berbasis “digital” ini. Awalnya cuma pengen bertransaksi lebih ringkes aja gak perlu sampai repot-repot datang ke atm ataupun sampai nebeng transfer ke teman-teman. Sampai banyaknya promo yang menggiurkan dengan cashbak yang tak kira-kira mulai dari download bahkan sampai menggunakan dompet digital. 

Biasalah kota metropolitan yang segalanya serba digital jadi mau gak mau harus ikut perkembangan biar gak ribet.

Apalagi saya waktu masih di Bogor sering jalan ke Jakarta entah buat menghadiri acara berbau Korea maupun ikut kegiatan seminar, pameran dan sebagainya. Inilah yang semakin membuat saya jadi makin seing menggunakan dompet digital entah buat jajan, beli pulsa maupun paket data maupun ongkos transportasi ojol. 

Banyak merchant yang menyediakan pembayaran berbasis digital yang semakin memudahkan termasuk dalam urusan duit kembalian. Kadang sebal banget kalo lagi bayar tapi duit kembalian gak ada tau paling gak kurang tuh duit kembalian. Apalagi kalo buru-buru. Kayak mau gak mau jadi harus ikhlasin deh.

Makassar

Saya kembali ke Makassar ketika pandemi sudah mulai merebak dan smepat nganggur lama membuat penggunaan teknologi keuangan secara digital dilakukan hanya sekali-kali. Maklum aja, soalnya harus hemat karena belum ada penghasilan saat itu. Mobile banking juga jarang digunakan.

Sampai kerja pun masih digunakan penggunaan mobile banking dan dompet digital hanya beberapa kali setidaknya lebih banyak dibanding saat masih nganggur. Peruntukannya masih sama untuk jajan, beli pulsa dan paket data, dan ongkos ojol. Tapi jadi lebih seirng jajan sih karena  sudah ada oleh mobile banking  dan didukung oleh saldo yang mencukupi buat transaksi. 

Kadang kala, beberapa merchant yang katanya menyediakan pembayaran melalui dompet digital ternyata saat melakukan transaksi ujung-ujungnya dompet digital gak bisa dipake dengan alasan jaringan error. Belum lagi promo cashback yang tidak sebanyak dulu bikin gak semangat buat jajan. 

Majene 

Namun, kemudahan marasakan transaksi keuangan yang serba digital membuat saya kelabakan ketika sudah pindah ke Majene, dimana saya mengabdikan diri minimal selama 25 tahun ke depan berdasarka ontrak yang sudah saya tanda-tangani. Sstt.. Majene masih bisa dibilang desa soalnya jadi ya gitu deh.

Bagaimana tidak, sejauh yang saya temui sampai sekarang ini tidak ada satupun tempat umum yang menyediakan pelayanan pembarana secara digital kecuali bank itu sendiri. Jadi, segala dompet digital yang saya miliki sampai sekarang gak ada yang bisa saya gunakan untuk bertranksaksi di Majene ini.

Agak kagok sih sebenarnya di awal-awal karena saya sudah kebiasaan buat cashless selama di Makassar tapi ada enaknya juga sih karena saa jadi bisa menghemat duit buat jajan sekalian dalam rangka nabung duit buat beli laptop.

Sekarang ini, dompet digital paling saya gunakan buat beli pulsa atau paket data aja selama di Majene. Paling pas balik ke Makassar baru bisa pake buat jajan dan ongkos ojol. Itupun saya balik ke Makassar kayaknya sekali sebulan aja. Selain daripada itu, dompet digital saya kebanyakan gabut yang cuma  nankring aja di beranda hp. Soalnya di Majene itu, emang harus banget bayar pake cash alias tunai.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF