Sebaiknya mengASIhi berapa lama?

August 17, 2022

Pada 1 Agustus lalu diperingati sebagai Hari ASI Sedunia. Sebenarnya agak bingung dikasih tooik kayak gini berhubung belum punya bayi jadi akhirnya rada-rada kayak studi literature nih tulisan. Hitung-hitung buat bekal saya juga nantinya saat punya bayi.

Air susu Ibu (ASI) menjadi sumber gizi utama bayi yang baru lahir hingga berusia paling tidak 6 bulan sampai mampu mencerna makanan pendamping ASI hingga lama-kelamaan dapat mengkomsumsi makanan seperti orang dewasa.

ASI dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang terdiri atas lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang lebih mudah dicerna dan diserap di saat organ perncernaan bayi belum siap mengkomsumsi selain ASI. Banyak Studi yang mengkaji tentang ASI termasuk lama mengASIhi bayi, mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Baca juga:

CATATAN KECILKU SAAT JADI ORANG TUA NANTI

BEGINILAH POLEMIK PENINDAKAN KEJAHATAN DI...

MENELITI DAN MENULIS BARENG KEDAI BUKU JENNY

Al Quran

Dalam Al-Quran yang menjadi sumber ilmu utama dalam Islam bahkan sudah sejak dahulu sudah memuat mengenai ASI dan berapa lama sebaiknya bayi diberikan ASI dan sampai disebut di beberapa ayat dalam Al Quran seperti:

  1. "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan" (QS al-Baqarah 2: 233).
  2. "Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya." (QS al-Baqarah 2: 233).
  3. "Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun." (QS Luqman 31: 14).

WHO & UNICEF

Lembaga Internasional seperti World Health Organization (WHO) bekerja sama dengan United Nations International Children's Emergency Fund untuk mengembangkan Global Strategy for Infant and Young Child Feeding yang mendukung program pemberian ASI sehingga merekomendasikan kepada ibu-ibut untuk:

  1. Memberikan ASI kepada bayi segera dalam waktu 30 menit setelah bayi lahir,
  2. Memberikan hanya ASI saja atau pemberian ASI secara eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan, 
  3. Memberikan Makanan Pendamping (MP-ASI) sejak bayi berusia 6 bulan sampai 2 tahun, dan
  4. Meneruskan pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun.

Pemerintah

Pihak Pemerintah juga sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia No. 3 Tahun 2010 Tentang Penerapan Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui yang juga memuat anjuran pemerintah kepada masyarakat Indonesia untuk meberikan ASI kepada bayinya.

  1. Menjelaskan kepada semua ibu hamil tentang manfaat menyusui dan penatalaksanaannya dimulai sejak masa kehamilan, masa bayi lahir sampai umur 2 (dua) tahun termasuk cara mengatasi kesulitan menyusui;
  2. Membantu ibu mulai menyusui bayinya dalam 30 menit setelah melahirkan, yang dilakukan di ruang bersalin. Apabila ibu mendapat operasi caesar, bayi disusui setelah 30 menit ibu sadar;
  3. Tidak memberikan makanan atau minuman apapun selain ASI kepada bayi baru lahir.

Jadi...

Oleh karena itu, memang sebaiknya ibu-ibu di luar dana memberikan ASI kepada bayinya hingga dua tahun. Meskipun ada beberapa situasi dan kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk ibunya meberikan ASI itu juga diperbolehkan karena ibu-ibu kan beda-beda keadaannya. Yah, paling tidak bisa mencapai enam bulan agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si bayi namun jika tidak mencapai dua tahun juga gak papa sih karena kondisi tiap ibu itu bisa saja Berbeda. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF