Keluargaku Mengajarkanku...

August 07, 2022

Ada yang tahu kapan Hari Keluarga Nasional (Harganas) gak, hayo?? Nah, Hari Keluarga Nasional itu jatuh di tanggal 29 Juni setiap tahunnya. Sampai pada hari ini pun kita bisa berkumpul bersama keluarga dan sampai bisa mempunyai Hari Keluarga Nasional pun ada ceritanya loh. 

Sudah menjadi sejarah yang mesti kitahui bahwa kita pernah dijajah ratusan tahun lamanya bahkan setelah memproklamirkan Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 pun situasi kala itu masih belum kondusif juga sehingga masyarakat diwajibkan untuk mengikuti wajib militer. Mau gak mau harus pisah dong dari keluarga dan berjuang mempertahankan kedaulatan Negara kita tercinta ini. Akhirnya, berbuah Manis dengan diakuinya kedualatan negara kita oleh Belanda pada 22 Juni 1949. Tepat seminggu yang jatuh pada 29 Juni 1949, para pejuang akhirnya bisa kembali dan berkumpul bersama keluarganya masing-masing. Nah, inilah yang menjadi momen sampai adanya Hari Keluarga Nasional.

Baca juga:

DIBALIK DUKA

TANTANGAN NGEBLOG IIDN MAKASSAR 

BPN RAMADAN 2022

Berat juga yah ternyata perjuangannya sampia adanya Hari Keluarga Nasional. Ini bisa jadi salah satu momen buat kita untuk selalu mengingat, menyayangi dan mengayomi keluarga kita masing-masing. Apalagi keluarga memang menjadi tempat kita berawal, tempat tinggal dan tempat kita kembali. 

Meskipun Hari Keluarga Nasional sudah lewat namun saya ingin tetap menyemarakkan dengan menuliskan tentang apa saja yang paling berkesan dari keluarga yang masih saya ingat dan lakukan hingga sekarang. Walaupun saya tahu gak ada yang sempurna sih tapi si doi pernah bilang katanya coba ingat yang baik-baik, makanya... tara~ jadilah tulisan ini.

Jangan pernah abaikan sarapan

Mamak saya memang mengajarkan saya sejak kecil untuk tidak pernah meninggalkan sarapan apapun yang terjadi. Pokoknya jam berapa pun itu harus tetap sarapan meskipun sampai telat. Eh, tapi gak pernah telat sih hanya karena sarapan. 

Padahal sarapan emang penting loh. Sarapan yang juga bisa membuat kita jadi lebih energik sehingga jadi lebih semangat. 

Bayangin setelah tidur malam selama beberapa jam organ pencernaan kita harus tetap bekerja dengan perut kosong padahal masih harus aktivitas lagi seharian. Bisa tepar tuh organ kita ujung-ujungnya bisa cepat lemas dan gampang sakit terutama di bagian lambung. Kalo sering-sering gak sarapan bisa bikin kita gampang kena maag loh. 

Makanya utamain sarapan yah dengan menu yang sehat biar kita bisa punya energi untuk bisa beraktivitas. Menu sehat buat sarapan itu tinggi protein dan tinggi serat namun rendah kalori.  Misalnya bubur, sandwich, atau telur.

Saya jadi ingat kalo dulu saya gak mau sarapan, pasti Mamak jadi suapin sarapan sampai habis dan itu masih terjadi sampai saya sudah SMA. Mana Mamak penganut paham "bukan makan namanya kalo bukan nasi". Jadilah tiap hari saya pasti sarapannya nasi. Makanya jadi kebiasaan sarapan. Kalo gak sarapan bisa-bisa saya sudah gemetaran sebelum siang wkwkwk...

Dongeng sebelum tidur

Ini sih yang masih saya ingat sampai sekarang juga. Mamak saya itu suka mendongengkan sebelum saya tidur entah itu saat tidur siang maupun tidur di malam harinya dan itu ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Biasanya yang didodongengin itu cerita tentang legenda cerita rakyat seperti Malin Kundang, Sangkuring dan sebagainya. Ada juga kisah para nabi dan rasul yang menjadi dongeng pengantar tidur.

Kadang kala saya lebih dulu tertidur sebelum dongengnya selesai sampai-sampai saya sering meminta sama Mamak buat didongengkan cerita yang itu-itu lagi. Sampai kadang bertengkar sama kakak karena sudah bosan dengar cerita yang sama lagi.

Dongengnya ini sebenarnya Dan seharusnya bisa menjadi pembelajaran buat kita yah tapi entah kenapa waktu itu saya tahunnya cuma pengen dengar dongen aja terus. Padahal Mamak sudah ngasih tahu hikmah yang bisa dipetik tuh apa aja. Ya gimana anak kecil tahunya cuma main doang wkwkw...

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF