Upacara dan Refreshing di Hari Kemerdekaan RI

August 23, 2022

Pada 17 Agustus 2022 kemarin, saya ikut merayakan Hari Kemerdekaan dengan civitas akademika kampusku tercinta Universitas Sulawesi Barat. 

Beberapa hari sebelum hari H, memang sudah ada informasi mengenai upacara 17an yang disusul dengan undangan untuk memghadiri upacara bendera dalam rangka memperingati  Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indoenesia Tahun 2022 di Kementerian yang akan digelar di halaman Gedung Kembar Kampus Baru Universitas Sulawesi Barat.

Baca juga:

KAMPUS NEGERI DI "KOTA PENDIDIKAN" MAJENE

POSTINGAN BLOGKU (SEMPAT) DIHAPUS BLOGGER

SEBAIKNYA MENGASIHI BERAPA LAMA?

Tibalah waktunya di hari Kemerdekaan Indonesia.

Di undangan sih tertera waktunya pukul 07.15 tapi yah gitu. Sudah menduga-duga bakal ngaret jadi saya baru mandi pukul 7 dan mungkin mendekati 7.30 baru berangkat ke tkp bareng teman-teman naik motor. 

Tiba di sekitar gedung dimana kami akan upacara, sudah banyak orang-orang yang mengenakan baju adat sementara diriku hanya pake batik. Ini sekalian buat merayakan Hari Jadi Kabupaten Majene 2022 yang ke-477 tahun pada 15 Agustus 2022 lalu, sekalian jadinya.

Di undangan sih sudah tertera bahwa kami para dosen dan tenaga kependidikan harus memakai baju adat. Hmm…. gak bawa baju adat daerah lagi. Sebenarnya mau pake baju batik adat Jawa gitu tapi gak ada bajunya. Ada sih sarung batik yang bisa dipake ala-ala adat Jawa tapi ada di Makassar. Mau pake baju adat Bugis atau Mandar tapi malas banget harus keluarin duit buat bayar sewa mana seratus ribu pula. Kondisi keuangan pas-pasan jadi gak rela keluarin duitnya. Berhubung bawanya batik dan masih relate lah sama baju adat Indonesia tapi lebih ke nasional sih tapi ya sudah sih. Saya masih nasionalis kok.

Saat sudah di halaman Gedung Kembar Kampus Baru Universitas Sulawesi Barat pun acaranya belum dimulai. Tuh kan… sudah kubilang. Baru pada pukul 8 upacara baru dimulai. Sebelum itu disibukkan dengan mencari absen buat para dosen apalagi buat yang masih CPNS yang sudah diberikan warning oleh Kabiro karena akan tambahan penillaian dari pimpinan. Siap pak! Laksanakan. Yah, sepenting itulah absennya. Masih sempat foto-foto juga tapi pas dicek yang diupload di grup ternyata diriku tercrop, hadeuh~

Upacara dimulai

Saat upacara ternyata pas diperhatikan ternyata rame banget karena memang sekalian dibarengi dengan proses  pembukaan pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) Unsulbar jadi rame banget. Belum lagi sebagian besar dosen dan tenaga kependidikan memang datang apalagi yang megang jabatan penting di kampus jadi harus banget tuh datang ke kampus.

Upacara gimana yah ceritanya. Kurang lebih samalah sama upacara yang kita lakukan saat masih sekolah dulu. Panas pula dan ini masih mending cuaca Majene lagi mendung karena kalo gak bakal lebih panas lagi. Hampir dua jam deh durasi upacaranya.

Beres upacara yah apalagi kalo gak foto-foto. Kapan lagi coba foto-foto dengan dosen Fakultas Peternakan dan Perikanan dan banyak yang hadir. Mana ada lagi hasil fotonya yang diriku tercrop lagi gara-gara posisi pas paling pinggir gara-gara terlambat demi ngambil kotak kue. Gak mau lagi deh kayak gitu. 

Gak lupa juga foto sama dosen khusus Prodi Peternakan dan sayangnya hanya sedikit dosen Prodi Peternakan yang hadir. Positifnya jadi diriku gak tercrop lagi. Sempat foto sama Pak Dekan kami Dr. Ir. Salmin, MP sebagai pemimpin di lingkungan Fakultas Peternakan dan Perikanan. 

Habis itu pada nyebar kemana aja dan masih sempat foto sama dosen yang dari fakultas lain termasuk CPNS. Terus nongkrong gak jelas buat nungguin habis dari sini mau ngapain. 

Refreshing

Rencananya mau makan jadi ngajakin yang lain. Untungnya ada teman yang mau. Awalnya mau makan di café aja sekalian nongkrong tapi cafenya belum buka karena belum jam 10 juga jadi singgah berteduh buat diskusi mau makan sekalian nongkrong dimana. Agak alot sih diskusinya berhudung matahari sudah agak terik dan kami berempat cewek yang pergi dengan 2 motor. Hubungin teman lain gak ada yang respon jadi kami gas ajalah ke Dapur Mandar yang menjadi salah satu restoran andalan di Majene.

Kami tiba kira-kira setengah sebelas dan untungnya Dapur Mandar sudah buka dan kami jadi pelanggan pertama hari itu. Disana makan sambil ngobrol hingga pukul 02.00 nunggu matahari biar gak pas banget di atas kepala buat lanjut minum es kelapa muda yang tak jauh dari situ. Santai-santai lagi disitu.

Pokoknya hari itu temanya refreshing dan emang segar habis pulang. Jadi ingat kata teman kalo “Merdeka itu bebas dari tugas-tugas yang …” dan benar-benar terrealisasi hari itu. Pulangnya jadi segar lagi. Lumayanlah buat kembali ke ruitnitas nyambut tugas yang sudah numpuk. Kalo kata orang sekarang mah healing gitu 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF