Ada Apa Aja di The 1st Anniversary aindhae.com

October 15, 2020

Yup, hari ini tepat 1st Anniversarry sudah aindhae.com, yang berarti setahun pula saya membuat sekaligus belajar ngeblog.

Awalnya saya cukup bingung menentukan untuk tanggal anniversarynya, apakah ketika pendaftaran, postingan pertama, atau saat menggunakan domain TLD. Hmmm,, mengingat, menimbang dan memutuskan bahwa saat melakukan postingan pertama blog inilah yang paling bersejarah karena setelah beberapa tahun menuntaskan sign up untuk memiliki blog akhirnya tercapai. Selain itu, challenge yang saya berikan untuk diri sendiri agar menuntaskan pada hari itu juga yaitu 15 Oktober 2019 karena jika menunda terus-menerus maka yakinlah aindhae.com tidak akan ada hingga saat ini.

Setahun sudah namun sepertinya masih banyak hal yang harus saya perbaiki pada blog ini. Alangkah senangnya bagi diriku yang pemula ini yang bisa mempelajari berbagai banyak hal yang bisa mendatangkan pembaca dan membuat postinganku bisa bermanfaat, cielahh~. Mungkin bisa dianggap seperti review terhadap blog saya sendiri tentu saja subjektif ataupun penilaiannya akan bias, wong dari saya sendiri.

Google Search Console

Okeh, bayangkan diriku membuat postingan pertama blog ini pada Oktober 2019 sedangkan saya baru mengetahui untuk mendaftarkan link ke Google Search Console agar bisa diindeks Google pada Maret 2020 tapi menginginkan pengunjung yang terus menerus datang ke blog ini dan organik tentunya. Eits, tapi jangan salah, ternyata ada salah satu postingan dari sekian yang telah terindeks Google tanpa saya submit ke Google Search Console. Artikel tersebut adalah Cara Menghitung Root Mean Square Error (RMSE) dengan Excel yang bermula saat saya mencoba mencari materi metode tugas akhir saya. 

Loh kok bisa yah, sepertinya - tapi ini menurut pendapat saya yah, jadi mungkin saja - karena (1) postingan itu memang tidak ditemukan dalam penelusuran Google dalam Bahasa Indonesia dan akhirnya saya membuat postingan tersebut berbekal dari artikel Bahasa Inggris yang tentunya akan membuat mumet alias kurang mengerti, itupun butuh waktu bagi saya untuk memahami artikel tersebut. Jadi, saya mengasumsikan bahwa banyak yang (2) Nah, satu lagi caranya yaitu dengan membuka artikel saya satu persatu dengan link secara langsung disetaap komputer yang saya gunakan. Apalagi saat itu saya memang rajin pergi ke LSI A (Layanan Sistem Informasi) alias perpustakan IPB yang menyediakan sarana komputer yang bisa digunakan mahasiswa dengan bebas tapi bertanggung jawab. Setiap menggunakan komputer LSI tuh pasti saya buka satu persatu postingan saya tentu berpengaruh dong ke trafficnya apalagi kalo ada yang lupa log out gmailnya (Eh tapi aku log out kan aun mereka ok, gak saya gunakan macam-macam), padahal belum uga beresin tugas atau apalah. Sayangnya ini gak disaranin  buat dilakukan, buktinya cuma satu postingan saya yang nembus dengan

Google Search Console inilah yang menjadi pembuka saya untuk mempelajari SEO secara otodidak meskipun masih cetek-cetek biar berdampak ke blog ini. Termasuk mengenal istilah dalam dunia SEO seperti DA (Domain Authority), PA (Page Authority), QB (Quality Backlink) dan masih banyak lagi yang sebelumnya masih awam bagi saya. Berhubung lagi bahas itu, sebagai bahan pembelajaran untuk tahun depan saya cuma pengen nulis kalo blog ini punya DA 3, PA 7, QB 3, dan Alexa rank 5.525.167 yang sempat naik turun saat beralih ke domain TLD akhir Juli kemaren.

Apalagi saat itu Maret 2020, saya baru selesai diwisuda dan pulang ke Makassar ketika COVID-19 "pecah" di Indonesia yang akhirnya berdampak pada kegabutan apalagi saya belum menemukan pekerjaan, yah~ sambil mengisi waktu lah.

Domain TLD

Saya memutuskan untuk membeli domain untuk blog saya pada akhir Juli 2020 dimana dari aindhae.blogspot.com menjadi aindhae.com karena tergoda promo dari Qwords untuk domain .com meski awalnya sempat keukeuh untuk tetap memakain subdomain blogspot. 

Template

Setelah sehari merasakan memiliki blog berdomain TLD, namun saya merasa tidak puas dengan tampilan blog saya yang masih mengikut dari tempate yang tersedia di blogspot yang masih jauh dari impian blog yang saya inginkan. Pertimbangan sana-sini memutuskan untuk memakai template yang gratis saja yang saya cari di goyaabitemplates. 

Saya menjatuhan pilihan pada tempate Trendy free version dari BeautyTemplates. Setelah bertahan selama sebulan menggunakan kemudian memutuskan untuk berpindah ke lain hati dengan template lain karena masih kurang sreg, alias tampilan gambar yang masih buram pada beranda yang kode htmlnya gak bisa saya otak-atik. Traffic sempat down juga sih dan bikin sedih selama dua mingguan dan mulai normal itupun setelah saya mengcopy ulang meta taq di tempate sebelumnya.

Template yang saya gunakan sekarang adalah Futura dari ThemeXpose yang font, warna dan detail lainnya saya sesuaikan dengan ngotak-ngatik kode html sana-sini akhinya jadilah tampilan blog yang kalian lihat saat ini.

Adsense

Belum bisa melakukan pendaftaan dan penolakan sempat saya alami ketika mengajukan Adsense pada blog ini. Setelah melakukan perbaikan, perombakan dan sebagainya yang sesuai kaidah oleh Adsense akhirnya tepat setahun blog ini telah menayangkan iklan Adsense. Meskipun saya tahu, bahwa saya tidak bisa berharap lebih untuk penghasilan dari Adsense karena tidak akan signifikan sedangkan harus bisa seitar Rp. 1.300.000 agar uang tersebut bisa kita terima, kurang dari itu maka tidak bisa. Entah kapan saya bisa menguangkannya?

Happy Birthday Lee Dong Hae!!!

Eittt, satu lagi kenapa saya bisa membuat postingan tepat pada 15 Oktober karena setiap tahunnya saya memang selalu merayakan ulang tahun bias utama saya di SUPER JUNIOR (Kalau kalian perhatikan di blog ini saya memenag memposting banyak mengenai SUPER JUNIOR yang notabene adalah group band Korea Selatan favorit saya) yaitu Lee DOng Hae atau lebih beken dipanggil Donghae yang dilahirkan 34 tahun lalu tapi masih terlihat awet muda hingga sekarang. Tapi kalo di Korea Selatan umurnya akan ditambah setahun lagi jadi sekarang Donghae umurnya 35 tahun ini.  Saya selalu meluangkan waktu untuk mengucapkan selamat ulang tahun terutama lewat twitter - Kebetulan waktu itu memang sediain waktu luang untuk ultah si doi, eh idola maksudnya maka jadilah postingan pertama saya -. Salah satu doaku taitu pengen di notice Donghae tapi on di twitter aja si doi jarang, padahal sejak aktif di twitter saya selalu ucapin setiap tahun dalam sebuah thread.

Happy Birthday Donghae, wish you all the best. I Hope can watch you again in another Story in Concert, Fanmeeting or whatever.

Sekian review dari aindhae.com

Kira-kira di anniversary selanjutnya bakal ada apa yah?? hmmmm... Sekian dan Seeya... 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah selamat ya kak udah satu tahun! Ada atau nggak ada nya pengujung blog ya tetep semangat nulis ya kak! Semangat🤩🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba atas ucapan & ash mengingatkan, padahal saya niat awal memang ingin berbagi, semoga bisa konsisten

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

GROUP