Buat yang belum hafal dimana letak 13 Auditorium & Gedung Serbaguna IPB

February 10, 2021

IPB (Institut Pertanian Bogor) menjadi salah satu kampus negeri favorit - almaater saya, jadi kangen deh - yang fokus pada perkembangan pertanian di Indonesia. Berawal dari sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia, IPB akhirnya diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 1 September 1963. 
Pernah  bingung gak letak gedung atau ruangan di IPB? Sama, saya juga dan itu dirasakan oleh mahasiswa lain kok yang baru pertama kali ke IPB. Salah belok dan naik tangga bisa-bisa tembus ke dunia lain, eh~ maksudnya departemen atau fakultas lain. Apalagi kalo udah kepepet dan sudah telat buat masuk kuliah atau seinar ataupun kegiatan lain.
Nah, saya sebagai orang yang pernah menjadi mahasiswa IPB ingin berbagi dan merangkum gedung serbaguna seperti auditorium yang ada di IPB yang biasa digunakan untuk seminar, kuliah umum, talkshow atau acara lainnya. Mayoritas yang saya rangkum ada di Dramaga berhubung saya kuliahnya di Dramaga. 

Graha Widya Wisuda

(credit: infografis.ipb.ac.id)

Graha Widya Wisuda yang biasa disingkat GWW dibangun pada 1990 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto. Sesuai ciri khas bangunan IPB, GWW juga berbentuk segi enam, berlantai dua dan di dalamnya menyerupai stadion. GWW dengan luas 4.195 m2 dapat menampung 4.000 orang dengan 1.500 kursi permanen. GWW sudah terlihat dari Jalan Raya Dramaga jadi tidak sulit untuk menemukannya.

GWW menjadi tempat sebagai momentum sejarah selama menjadi mahasiswa IPB. Hal ini disebabkan karena saat proses registrasi atau pendaftaran ulang sebagai mahasiswa dan sesuai namanya prosesi wisuda tentu dilakukan di GWW. Alhamdulillah, saya masih berkesempatan untuk memulai dan menutup status saa sebagai mahasiswa di GWW. Meskipun saat ini proses registrasi mahasiswa ulang tidak lagi dilakukan di GWW tapi di Common Class Room. Tak hanya wisuda, GWW juga sering mengadakan kuliah umum ataupun event kampus besar yang bisa menampung orang lebih banyak. Saya juga pernah lewat saat GWW dijadikan tempat resepsi pernikahan.

YEAY, AKU DIWISUDA PART 2 ~ GLADI RESIK ~

YEAY, AKU DIWISUDA PART 3 ~ WISUDA ~

IPB International Convention Center 

(credit: yabes.co)

Jika gedung lainnya semua berlokasi di Kampus Dramaga IPB, beda dengan yang lainnya IPB International Convention Center (IICC) merupakan gedung serbaguna ini berada di Kampus Barangsiang IPB. Tepatnya berada di lantai 2 Botani Square, kalian hanya perlu naik tangga di sebbelah kiri yang berada tepat di sebelah kiri setelah memasuki pintu utama. IICC memang didesain waw sebagai lini bisnis untuk berbagai acara yang menyediakan fasilitas dan ruangan (ballroom dan ruang rapat) yang dapat menampung hingga 2000 orang. Terakhir kali saya mengikuti lauching buku Pak Arif Satria di IICC. 

LAUNCHING & BEDAH BUKU "POLITIK SUMBER DAYA ALAM" OLEH REKTOR IPB ARIF SATRIA

Auditorium Common Classroom

(credit: facebook.com/Ricky-sanjaya-461472890579940)

Common Class Room (CCR) merupakan gedung perkuliahan mahasiswa untuk Tahap Persiapan Bersama (TPB).  Selain itu juga dijadikan tempat registrasi mahasiwa sejak 2018. CCR memiliki banyak ruang kuliah dan auditorium.

Auditorium Andi Hakim Nasution (AHN)

(credit: aktuaria.ipb.ac.id)

Gedung rektorat IPB memiliki nama yaitu Gedung Andi Hakim Nasution atau biasa disingkat AHN  berada tepat di depan jalan masuk gerbang utama IPB. Gedung AHN diperoleh dari nama tokoh dan mantan rektor IPB Andi Hakim Nasution. Gedung AHN mempunyai pola unik dengan bentuk segitiga eskpun secara geometri berbentuk limas segitiga. Gedung ini berlantai enam dan digunakan oleh rektor, wakil rektor, dan kantor administrasi dan pelayanan akademik. Tersedia Meeting Room yang biasa digunakan unutk rapat, talkshow, seminar namun dalam skala kecil karena hanya memuat tidak terlalu banyak orang. Di balik gedung, terdapat Auditorium AHN yang emilliki kapasitas 300 kursi.

Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit (JHH)

(credit: aindhae.com)

Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit atau JHH merupakan auditorium Fakultas Peternakan IPB. Nama auditorium disematkan dari nama Prof Dr drh Jansen Humuntal (JH) Hutasoit, salah satu pendiri dan Dekan pertama Fakultas Peternakan IPB atas jasanya  dalam mengembangkan ilmu peternakan di Indonesia. Meskipun sudah berdiri sejak 2004, auditorium ini baru diresmikan dengan nama Auditorium JHH oleh Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Ahmad Ansori Mattjik, M. Sc. pada 23 Maret 2007 yang berada tepat dihadapan halaman parkir Fakultas Peternakan IPB.

YEAY, AKU DIWISUDA PART 1 ~ PELEPASAN WISUDA FAPET IPB ~

Auditorium Sumardi Sastrakusumah

(credit: megapolitan.antaranews.com)

Auditorium Sumardi Sastrakusumah diresmikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Ir. Yonny Kusmaryono, MS mewakili Rektor IPB pada 19 Agustus 2008. Nama auditorum Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) diambil dari nama salah satu sesepuh IPB, Prof. Sumardi Sastra Kusumah yang dianggap sebagai sosok yang paling berjasa dalam mendirikan Fakultas Perikanan pertama di IPB dan di Indonesia serta berbagai kiprah pengembangannya. 

Auditorium FMIPA

(credit: facebook.com/FmipaIpb)

Auditiorium FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) berlokasi di  Jalan Agatis Kampus Dramaga IPB yang berdekatan dengan Departemen Biologi dan Departemen Kimia dan berada diseberang Masid Al-Hurriyah. Auditorium FMIPA diresmikan oleh Dekan FMIPA Dr. Sri Nurdiati pada April 2016 yang berguna untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan bagi civitas IPB dan umum.

Auditorium Toyib Hadiwijaya

(credit: faperta.ipb.ac.id)

Auditorium Toyib Hadiwijaya merupakan uditorium utama di Fakultas Pertanian IPB yang dapat menampung kurang lebih 400 orang dan digunakan untuk berbagai acara ceremonial lainnya di IPB terutama di Fakultas Pertanian.

Auditorium Abdul Muis Nasution

(credit: megapolitan.antaranews.com)

Auditorium atau balairung Abdul Muis Nasution ini biasa disingkat dengan AMN merupakan auditorium Fakultas Teknik Pertanian. Auditorium AMN lebih dekat bila melalui Jalan Kamper lalu melalui tangga depan ATM Kantin Sapta atau melalui Jalan Ulin yang berhadapan langsung dengan jalan dan tepat parkir

Auditorium Sylva Pertamina

(credit: twitter.com/EHBogor)

Auditorium Sylva Pertamina merupakan miliki Fakultas Kehutanan yang di Jalan Ulin, Kampus IPB Dramaga. Dengan luas 520 m2, Auditorium Sylva Pertamina dapat menampung 350 orang. Auditorium Sylva Pertamina  diresmikan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry SUhardiyanti, M.Sc pada akhir Juni 2010 bersamaan dengan diresmikannnya gedung asrama internasional, laboratorium pusat komputer, pusat kebugaran (fitness center), dan wisma tamu. 

Auditorium GMSK IPB

(credit: gizi.fema.ipb.ac.id)

Auditorium GMSK atau Gizi berada Departemen Gizi Masyarakat Lt.2, Jl. Lingkar Akademik, Kampus IPB Dramaga. Auditorium GMSK memiliki kapasitas 250 kursi. 

Auditorium Mandiri Mahasiswa

(credit: bogor.tribunnews.com/AfdhalulIkhsan)

Auditorium Mandiri Mahasiswa dikhususkan untuk penggunaan kegiatan organisasi kemahasiswaan IPB yang berlokasi di samping Gymnasium IPB di Jalan Meranti. Direktur Teknologi dan Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyono dan Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis IPB Arif Imam Suroso (kanan) yang melakukan penandatanganan dokumen serah terima peresmian gedung Mandiri Auditorium Mahasiswa IPB yang berkapasitas 250 orang.

Auditorium FEM IPB (Convention Hall)

(credit: fem.ipb.ac.id)

Auditorum FEM IPB bisa diilang paling muda karena baru diselesaikan dan digunakan pada 2019 lalu dan bisa menampung ±600 orang. Auditorum FEM IPB berlokasi tepat di samping gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Kampus IPB Darmaga.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF