Kue Selai dan Kacang Disco Wajib Ada di Rumah saat Lebaran, Kue lainnya Terserah!

May 09, 2021

Hari lebaran ga akan meriah tanpa kue lebaran. Kue lebaran biasanya dibaut saat masih bulan puasa atau  ramadan sehingga sudah bisa dinikmati saat hari lebaran itu tiba. Biasanya sih di hari-hari terakhir puasa. Mungkin kalo buatnya di awal puasa bisa-bisa kue lebarannya sudah tinggal sedikit saat hari lebaran tiba.

Namun, saat harus membuat kue lebaran godaanya adalah untuk tahan mencium aroma kue yang sedap. Kebayang gak sih aromanya saat dipanggang di oven apalagi yang masih baru dikeluarkan dari oven. Aromanya sudah menusuk hidung. Hmmm, sungguh menggoda. Syukur kalo lagi gak puasa mah aman jadi bisa coba-coba tapi kalo lagi puasa jadi harus nahan hingga waktu berbuka puasa. Iya, saya biasanya buat kue lebaran saat pagi atau siang hari, soalnya kalo malam kan harus tarawih sedangkan pulangnya udah keburu ngantuk.

Kue lebaran biasanya sebagai cemilan untuk orang-orang di rumah maupun untuk dihidangkan kepada tamu yang berkunjung ke rumah untuk silaturahmi. Namun, gak harus buat sendiri sih kuenya agar punya kue lebaran. Bisa beli kan. Apalagi sekarang ini makin menjamurnya penjual kue, kalian tinggal piih yang sesuai dengan selera dan tentunya dengan kualitas yang kalian inginkan.

Baca Juga:

RESEP MAKANAN ANDALAN SAAT RAMADAN

MENU MAKANAN FAVORIT SAAT SAHUR

RUTINITAS MENUNGGU BUKA PUASA

Kue Selai

Kue selain memang banyak jenisnya bahkan di rumah pun juga dulunya mamaku membuat kue selai, saya pun juga pernah mencobanya. Ya emang resep kue ada berbagai macam jadi kue selai yang saya buat belum tentu sama dengan orang lain. Jangankan orang lain, kue selai yang dibuat oleh nenek emang beda tapi paling the best lah! Kue selain ini sebenarnya menjadi kue lebaran wajib yang ada di rumah nenek, tapi karena dikasih nenek sehingga menjadi kue lebaran yang wajib juga ada di rumah. Dulunya~.

Kue selai ini memang berbeda lainnya. Beda pembuat beda juga rasanya. Sepertinya itulah kalimat yang tepat untuk kue selai ini. Kue selain yang saya maksud adalah kue selain buatan nenek saya yang sampai saat ini belum ada yang bisa menyamakan resep hasil buatannya. 

Dulu setiap ke rumah nenek saat lebaran pasti bungkus kue selai buatan nenek untuk dibawa pulang ke rumah. Mungkin ada sekitar 2 atau 3 toples besar. Padahal anak dan cucunya banyak dan setiap ada yang datang ke rumah nenek pasti dibungkuskan kuenya kalo pulang. Emang banyak banget dulu nenek kalo buat kue bisa sampai bertoples-toples atau berkaleng-kaleng. Namun, sejak nenek meninggal kue selainya sudah gak ada lagi yang buat. Padahal Resepnya memang sudah diberikan kepada anak dan cucunya. Tapi gak ada yang bisa menyamai rasanya.

Kue selai buatan nenek sangat khas karena tebal, legit, lembut kaya akan selain nanas, dan ukurannya lumayan besar. Mengingat kue sekarang sudah pada irit-irit alias imut-imut nan menggemaskan. Rasa susunya juga kuat tapi gak bikin enek. Bentuknya setengah lingkaran karena memang dibuat dicetakan berbentuk lingkaran yang kemudian dipotong menjadi dua bagian.

Oh iya, tahu kan ada penganan khas Bali tuh yang pie susu. Waktu pertama kali coba pie susu tuh entah mengapa rasanya hampir mirip yah dengan kue selai buatan nenekku. Saat itu memang nenek sudah lama meninggal, sampai waktu nyobain pie susunya tuh kayaknya mata udah berlinang-linang yah walaupun gak sampai nangis karena lagi di kampus dan itu oleh-oleh dari senior. Ya ampun pokoknya rasa pie susu khas Bali tuh bikin nostalgia kue selain buatan nenek. Tapi emang yang cuma dari Bali itu yang hampir mirip banget, saya lupa mereknya apa. Pie susu yang lain rasanya gak mirip soalnya. Makanya saya suka tuh sama pie susu dari Bali. Tapi rasanya memang enak kok.

Kacang Disco

Nah kalo cemilan kacang disco ada yang tahu gak? Kacang disco ini cemilan yang terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung yang berbumbu kemudian digoreng. Kacang disco ini saya kategorikan cemilan lebaran karena menjadi cemilan yang paling sering dibuat dan paling laku.

Kacang disco memang favorit keluarga di rumah, jangankan keluarga sih tamu aja doyan hihihh. Mama juga gak pernah lupa buat kacang disco saat lebaran dan selalu menyempatkan untuk membuat kacang disco meskipun lagi sibuk. Cara buatnya juga gak selama buat kue kering, lebih ringkas lah. Biasanya kalo mama lagi sibuk, buat kue pun gak sempat. Malah kadang-kadang mama ngirim bahan ke kampung buat minta tolong sama tante untuk dibuatkan kue lebaran. Sayangnya tunggunya lama, harus mudik dulu biar sekalian bawa pulang atau ngirim lewat mobil sewa tapi ribet. Alhasil kalo kacang disco pasti selalu disempatkan untuk dibuat karena cepat buatnya dan bisa segera dikonsumsi.

Kacang disco ini juga termasuk yang paling cepat habis meskipun buatnya banyak. Kacang disco ini memang cemilan yang paling cocok saat duduk-duduk. Gak sadar ngunyah tahu-tahu kacang disconya sudah habis setengah toples. Apalagi kalo dicemil sambil ngobrol, udah makin lancar tuh ngemilnya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF