Menu Makanan Favorit Saat Sahur

May 07, 2021

Sahur merupakan salah satu aktivitas yang dikakukan oleh umat muslim di seluruh dunia untuk makan hingga waktu imsak tiba. Sahur merupakan salah satu cara agar kita bisa mengisi energi agar  kuat melaksanakan puasa meskipun kita bisa melaksanakan puasa tanpa sahur. Bisa sih cuman menurut hadist sahur itu mengadung keberkahan. 

Sahur bukan hanya sekedar makan di waktu dini hari tapi lebih dari itu karena memiliki keutamaan-keutamaan. 

  1. Sahur menjadi pembeda antara puasa yang dilakukan oleh umat muslim dengan kaum Yahudi dan Nasrani.
  2. Sahur merupakan waktu yang sangat tepat bagi kita umat muslim untuk kita beristighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT sebagai sang pencipta.
  3. Sahur memiliki keberkahan di dalamnya sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh HR. Ahmad serta  hadist oleh H.R Bukhari & Muslim. Allah dan para malaikatnya akan bershalawat kepada kita umat muslim yang melakukannnya.
  4. Sahur sebagai salah satu bentuk mentaati perintah Rasulullah Saw dan Allah SWT.
  5. Sahur bisa menambah kekuatan kita agar lebih kuat dan bersemangat dalam berpuasa.

Baca Juga:

TIPS BEROLAHRAGA SAAT BERPUASA

TIPS MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAAT PUASA

RESEP MAKANAN ANDALAN SAAT RAMADAN

Nah, sudah tahukan betapa pentingnya sahur dalam menjalankan ibadah puasa. Namun, sahur memang sulit dilakukaj apalagi untuk orang yang tidak terbiasa bangun dini hari seperti saya. Menurut saya waktu sahur membutuhkan kiat khusus agar kita bisa semangat untuk bangun lalu makan sahur. Salah satunya dengan menyediakan makanan favorit.

Kalian pasti punya dong makanan favorit kalian yang dikonsumsi saat sahur. Saya nih misalnya lebih suka menu berkuah saat sahur. Selain lebih segar juga membantu lancar saat mengkonsumsi makanan ketika sahur. Karena saya tahu kan kalo baru bangun biasanya masih sereg jadi kalo disuruh langsung makan tuh agak gimana yah, rada kurang nyaman.

Ini dia menu makanan favorit saya ketika makan sahur. Siapa tahu kalian ingin mencobanya juga atau malah mungkin juga sering mengkonsumsi saat sahur.

Sayur bening

Sayur bening emang paling simpel sih dan menyehatkan. Sayur bening juga bisa tergantung kalian mau membuat dengan sayur jenis apa saja. Mau itu sayur kangkung, bayam, wortel, jagung, daun kacang dsb. Terserah selera kalian deh. Berbagai campuran sayuran di dalamnya tentu membuat kita mengkonsumsi vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kebutuhan dan kesehatan tubuh.

Hanya tinggal merebus sayurnya taruh garam udah deh dan saya paling suka menambahkan royko atau masako rasa sapi. Rasanya jadi lebih sedap. Masaknya juga gak perlu lama-lama. Sayur kan emang gak bisa dimasak lama-lama agar vitaminnya tidak hilang.

Bakso

Bakso ini emng jadi makanan andalan saya termasuk saat sahur. Bakso yang menjadi makanan lokal hampir bisa ditemui dimana saja di Indonesia. Bakso yang paling banyak dijual berbahan daging sapi dicampur dengan tepung tapioka serta bumbu dengan persentase tertentu agar mengahsilkan rasa dan tekstur yang kenyal dan gurih. Meski begitu, ada juga bakso berbahan daging ayam, ikan ataupun sari laut atau sea food.

Bakso ini emang pernah buat sendiri sih baksonya tapi cuma beberapa kali. Seringnya lebih memilih untuk membeli bakso daging yang dijual kemasan khusus untuk dikonsumsi di rumah. Emang punya tempat langganan kalo beli bakso tuh.

Bumbu, jeruk nipis dan daun bawangnya pun sudah tersedia sepaket dengan baksonya. Praktis kan gak perlu ribet menggiling dagingnya. Apalagi harus mencampur adonan, jadi gak perlu ada drama gagal buat bakso.

Saat sahur hanya perlu merebus air lalu menambahkan bakso dan bumbu kuahnya yang sudah diberikan. Jangan lupa tambahkan daung bawang, sayur dan bawang goreng.

Sebagai pelengkap biasanya dihidangkan bersama mie, bihun, atau sohun, sambal, kecap. Apalagi kalo udah pake jeruk nipis. Emang udah oaling mantap tuh.

Sup 

Emang dasarnya saya kalo lagu sahur sukanya berkuah supaya nasinya gak kering saat dikonsumsi jadi gampang dikunyah dan ditelan. Sup yang bikin enak kayaknya tumisan bumbunya yah. 

Kayak sup ayam ini salah satunya. Adanya campuran ayam dan berbagai sayur sayuran tentu bermanfaat bagi tubuh kita. Ayam yang memberikan rasa kaldu alami dan tumisan bumbu membuat sup ayam lebih kaya akan rasa. 

Ada juga sup yang sering saya buat adalah sup sosis tahu. Kelihatan dari namanya campuran antara sosis, tahu dan sayuran lainnya. Salah satu cara saya kalo lagi gak sanggup beli ayam hihihhh.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF