Rutinitas Menunggu Buka Puasa

May 08, 2021

Kegiatan menunggu magrib saat berbuka puasa di bulan ramadan atau yang lebih bekennya dikenal dengan nama ngabuburit menjadi momen penting bagi umat muslim. 

Nah, ngabuburit ini berasal dari Bahasa Sunda loh yaitu burit yang berarti sore. Kamus Umum Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Basa jeung Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit yaitu ngalantung ngadagoan burit atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah bersantai menunggu waktu sore tiba atau berbuka puasa.

Saya biasanya tidak memiliki banyak rutinitas saat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Gak ada yang spesial banget dan mungkin kegiatannya sama sama dengan umat muslim lainnya. Kegiatan hanya itu-itu saja dan gak pengen yang ribet. Maunya yang sederhana gak bikin diri sendiri susah. 

Baca Juga:

TIPS MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS SAAT PUASA

RESEP MAKANAN ANDALAN SAAT RAMADAN

MENU MAKANAN FAVORIT SAAT SAHUR

Nah kalau kalian ngapain aja sih selama ngabuburit?

Masak

Berhubung saya kebanyakan tinggal di rumah jadi kalo ngabuburitnya di rumah yah sambil menyiapkan hidangan berbuka puasa baik itu takjil hingga makanan berat. Rutinitas ini pasti dilakukan selama menunggu buka puasa di rumah. 

Emang siapa coba yang nyiapin hidangan buka puasa kalo bukan kita sendiri orang rumah. Yah, beda kagi kalo punya asisten rumah tangga atau yang banyak duit jadi bisa pesan lewat jasa ojek online ataupun beli di restoran atau warung.

Ngabuburit dengan menyiapkan hidangan berbuka puasa di rumah biasanya dimulai ketika selesai salat ashar. Saya, mama, sama saudara bareng-bereng menyiapkannya. Menunya tergantung, bisa beda-beda atau sama untuk beberapa hari sesuai stok yang ada di kulkas.

Berhubung mama tuh biasanya mama tuh kalo masak ada aja rempongnya. Maklum kali yah emak-emak. Gak tahu pasti masaknya lama padahal bisa lebih sederhana saja sih.

Nah pas masak biasanya saya juga sekalian beres-beres dapur. Sudah menjadi kebiasaan dan cara ini ampuh agar tidak banyak waktu yang terbuang saat nunggu misalnya cuci piring saat masakan matang, merapikan dapur. Kan enak kalo makan tmdi tempat yang bersih dan juga setelah makan kan gak terlalu banyak yang dibersihkan atau dicuci karena sudah dilakukan sambil masak tadi. 

Bukber

Beda lagi kalo ada undangan atau ajakan bukber (buka puasa bersama) di luar bai itu dari keuarga maupun teman. Kalo bukber dengan keluarga ngabuburitnya yah ngumpul bareng keluarga sambil membantu menyiapkan makananan berbuka puasa. Bersenda gurau ataupun menyaksikan tingkah laku keponakan-keponakan kecilku yang banyak tingkat. 

Nah kalo bukber bareng teman juga kurang lebih sama sih. Ngabuburitnya dengan bertukar kabar, ngobrol hingga bisa dikategorikan ghibah euy. Enaknya kalo bukber tuh jadi bisa ketemu teman yang sudah lama tidak jumpa dengan akasan kesibukan lah, udah kerja di luar kota, apalagi masa sekarang yang apa-apa masih dibatasi.

Ngabuburit dengan bukber bareng teman tuh rasanya kayak nostalgia saat sekolah atau kuliah dulu yang sering ngumpul. Ingat masa saat duku sambik membandingkan dengan saat sekarang ini. Ada yang banyak berubah dan ada yang gak berubah sama sekali. Yah itulah hidup.

Satu lagi nih yang entah kenapa kalo bareng teman ada aja alasan buat ngeghibah entah itu teman ataupun orang lain. Kalo teman yang dighibahin sih biasanya yang gak datang, telat datang maupun yang cepet pulang. Ada-ada aja memang. Maaf, untuk ngeghibah ini memang tidak baik untuk dicontoh wahai yang membaca postingan ini saat ini.

Mandi

Saat berbuka puasa emang enak banget dengan yang segar-segar tapi biar lebih mantap lagi kalo badan kita juga segar. Makanya setelah menyelesaikan menyiapkan hidangan berbuka puasa saya pasti memilih untuk pergi mandi. Biar segar dan setelah berbuka dengan takjil bisa langsung wudhu dan salat. Kecuali kalo kepepet yah mandinya setelah berbuka puasa, kadang juga gak mandi kalo udah malas, biasanya karena cuaca dingin atau mandi paginya yang sudah pertengahan hari yang akhirnya dirapel sekalian mandi sore.

Main Hp

Ngabuburit dengan main hp biasanya saat menyiapkan hidangan berbuka puasa sudah selesai dan masih ada waktu bersantai setelah kegiatan semua itu yah main hp. Entah ngecek email, media sosial, main game atau apapun itu. Ya tahulah kalo lagi main hp semuanya dijejalin apalagi kalo bosan. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF