Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Puasa

May 05, 2021

Puasa merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan pahala karena segala aktivitas kita yang bernilai ibadah akan diganjar pahala 2 kali lipat. Sehingga momen yang hanya datang sekali dalam setahun hijriah ini merupakan momentum yang sangat penting dan dinantikan bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia.

Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan produktivitas selama berpuasa untuk tabungan menghadap Yang Maha Kuasa. Kita kan gak pernah tahu kapan ajal menjemput, apalagi saya. So, mumpung masih bisa menikmati bukan ramadan tahun ini jangan lewatkan untuk lebih produjtif berbuat baik di bukan baik ini.

Baca Juga:

NGUMPUL BERSAMA KELUARGA SAAT RAMADAN

INIKAH RASANYA PUASA SAAT PANDEMI?

TIPS BEROLAHRAGA SAAT BERPUASA

Niat

Segala sesuatu harus dimulai dengan niat terlebih dahulu. Jadi jangan lupa di awal puasa untuk berniat untuk bisa lebih produktif saat berpuasa. Ingat, semua tergantung dari niat kalian loh. 

Buat Jadwal

Buat jadwal aktivitas yang kalian lakukan selama berpuasa mulai dari sahur, saat puasa, berbuka puasa hingga kalian tidur kembali. Termasuk ibadah, membereskan rumah, mengenai pekerjaan, buka puasa bersama keluarga, teman ataupun kolega, pokoknya jangan ada yang terlewat deh. Jangan lupakan catatan sedikit pun. Disiplin mengikuti jadwal menjadi faktor yang sangat penting agar lebih produktif dalam berpuasa.

Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan mengisi jadwal kalian dengan aktivitas yang berfaedah yah. Kalo saran saya manfaatkankah waktu setelah makan sahur, jangan malah tidur setelahnya. Melakukan kegiatan di waktu subuh sangat baik untuk membangun mood sehingga kita lebih bersemangat. Kalau saya sih memilih untuk tidur di waktu siang.

Estimasikan waktu kompensasi jika kalian sewaktu-waktu molor dalam melaksanakan jadwal dengan tertib sehingga tak ada kegiatan yang terlewat. Menurut saya kita bisa molor jika dilakukan sekali-kali tapi kalo sudah kebanyakan itu mah keterlaluan.

Memulai

Langkah yang tepat untuk meningkatkan produktivitas saat berpuasa adalah memulai dengan menjalani dengan aktivitas yang biasa dilakukan saat tidak berpuasa. 

Gak perlu langsung menjadwalkan segala kegiatan yang bejibun di saat hari pertama puasa. Seperti yang saya bilang, mulai dengan kegiatan yang selalu kalian lakukan. Lalu bisa dengan menambahkan kegiatan yang memang kalian lakukan saat berpuasa atau yang ingin kalian lakukan dengan kegiatan sederhana  

Jangan langsung kegiatan yang menurut kalian susah untuk dilakukan. Keep calm, step by step aja.

Evaluasi

Lakukanlah evaluasi setiap hari sebelum tidur terhadap jadwal kalian. Pilah aktivitas mana yang telah dilakukan sampai yang tidak dilakukan. Pilah aktivitas secara detail yang mana paling sering hingga jarang dilakukan.

Melalui hasil evaluasi jadwal terhadap aktivitas yang kalian lakukan maka kalian bisa menemukan kelemahan atau kesalahan yang bisa mengganggu produktivitas kalian saat berpuasa. 

Konsisten

Konsisten menjalani kegiatan produktif yang telah dimulai dan disusun ternyata lebih berat dan banyak cobaannya bila dibandingkan dengan memulainya. Tanamkan dalam diri kalian agar Bisa konsisten menjalani puasa dengan lebih produktif.

Reward

Jangan lupa untuk apresiasi diri sendiri dengan memberikan hadiah. Reward dapat memotivasi diri sendiri agar lebih giat dan semangat melakukan aktivitas sehingga dapat meningkatkan produktivitas saat berpuasa. Gak perlu mahal atau yang heboh. Hal yang sederhana pun juga bisa. Seperti segelas es buah dengan buah yang kalian idamkan.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF