Momen yang Paling Dirindukan Saat Ramadan

May 01, 2021

Bulan ramadan pasti menjadi momen yang paling dirindukan oleh kita sebagai umat muslim. Bahkan yang non juga bisa merindukan bulan ramadan karena akan banyak sekali penjual jajanan berbukan puasa yang bertaburan di jalan.

Hanya sekali setahun hijriyah terjadi dan rutinitas yang selalu dilakukan selama bukan ramadan selalu membuat saya merindukannya. Rutinitas mukai dari bangun sahur, ngabuburit, buka puasa bersama, hingga tarwih pun dilakukan dengan berbagai cerita dan momen saat melakukannya. Dan menurut saya semuanya berkesan!

Yupp, kadang kala rutinitas si bukan ramadan membuat bosan. Wajar dan itu masih manusiawi, yang penting saya melakukan yang terbaik karena harus menunggu setahun lagi agar bisa lagi merasakan bukan ramadan.

Baca Juga:

TENTANG NGEBLOG, YANG JADI HOBI TERBARUKU

3 AKUN CHANNEL RESEP MAKANAN FAVORIT

HARI LIBUR? INI 4 KEGIATAN YANG SAYA LAKUKAN

Sahur

Awal mula puasa dimulai dengan niat lalu dilanjutkan dengan makan sahur hingga batas imsak. Inilah saat-saat paling menguji sih, saat ngantuk-ngantuknya makah disuruh bangun. Mana saya susah banget bangunnya sampai kadang gak bangun buat makan sahur di rumah. Padahal udah dibangunin berkali-kali sama bapak, ibu dan saudara. Tapi yah itu, kebiasaan jelek yang harus segera diubah.

Susah banget bangun sahur. Emang lebih ampuh kalo dikagetin. Kalo banguninnya baik-baik biasanya lanjut lagi tidurnya.

Apalagi waktu ngekost dulu di Bogor itu mah nambah susah bangun sahur. Setidaknya pernah merasakan 2 kali puasa di perantauan. Tahun pertama masih aman karena teman kost rajin bangunin meski butuh waktu lama buat melek. Kadang kala gak ashur saking malas atau susah bangun.

Tahun kedua udah kebablasan. Malah jarang makan sahur karena yang sering bangunin udah selesai jadi udah balik ke kampung halaman sedangkan teman yang lain juga sama-sama susah bangun. Selama disana, bisa dibilang cuma dihitung jari bisa bangun makan sahur. Itupun awalnya karena mau konsultasi ke pembimbing. Loh hubungannya apa memang? Ya tentu adalah. Kalo bimbingan kan perlu mikir dan kalo mikir perlu tenaga. Apalagi saya udah kebiasaan banget kalo habis bimbingan kayak orang kurang darah, lemes banget. Akhirnya diusahain deh mulai bangun sahur 

Bukber

Buka bersama yang biasa disingkat bukber memang dari dulu selalu dinantikan. Momen kumpul bersama sambil menunggu waktu berbuka puasa bersama orang yang jarang berkumoul bersama saat berbuka. Jadi salah satu ajang reuni juga sih menurutku.

Di Masjid Komplek

Saat masih bocah doyan banget pergi ikut bukber di masjid komplek karena ifharnya bisa macam-macam. Tahulah anak-anak kalo liat kue saja matanya sudah berbinar-binar. Di masjid komplek memang menu berbuka puasa berupa cemilan disediakan oleh orang-orang komplek secara bergantian. Kalo ada makanan beratnya mah lebih enak lagi. Bahkan sampai ada part buah bungkus kalo ada yang lebih. Bukber di masjid komplek jadi seru karena sekalian bisa ngumpul dan main sama anak-anak komplek.

Bareng teman

Sejal lulus SMA, saya dan teman kelas waktu SMA memang rutin melakukan bukber. Agenda tiap tahun bisa beda-beda. Bisa di rumah teman ataupun di restoran. Yah tergantung hasil keputusan bersamanya gimana. Saya memang jarang melewatkan momen bukber bersama mereka sejak di tahun 2013. Berkumpul bersama, bersenda gurau, ngebanyol, dan ghibahnya jangan lupa.

Selain itu, juga ada momen bukber dengan teman kuliah yang cukup intens selain bareng teman SMA. Yang lain meskipun tidak serutin dan jarang hadir sih soalnya saya rada pemalu sama teman yang jarang ketemu dan gak suka suasana jadi awkward gitu.

Tarawih

Di bulan suci ramadhan, puasa itu gak afdol kalo gak tarawih atau tarwih, ah terserah sih mau nyebut yang mana.

Dulu...

Dulu saat komplek belum memiliki masjid seperti sekarang, kami warga komplek harus ke masjid tempat lain. Biasanya di masjid komplek sebelah sih. Seringnya berangkat bareng anak-anak komplek. Meskipun izin sama orang tua pengen salat tarawih tapi aslinya mah setelah salat isya sudah kabur main keluar sambil jajan bakso langganan. Plus main kembang api yang kecil kalo ada yang baik hati bagi-bagiin. Soalnya ceramahnya lama banget. Udah keburu ngantuk entar. Nah balik lagi ke masjid saat sudah waktunya shalat tarwih tapi gak ikut salat witir. Hmmm... maklum saat itu masih bocah tengil yang tahunya cuma main aja.

Dulu juga sempat salat tarwih beberapa kali di masjid yang agak jauh. Berhubung gak punya kendaraan jadi numpang ke tetangga yang punya jadi bareng deh perginya. Kekeluargaannya jadi terasa banget.

Nah, di komplekku tuh awalnya cuma mushalla bukan masjid. Bahkan sempat rumah dinas yang kosong dijadikan tempat shalat tarwih. Jamaahnya banyak juga waktu itu. Akhirnya, mulai deh pelan-pelan diperbaiki dengan beberapa kali pemukaran hingga jadi masjid yang sekarang. Enaknya salat tarawih di masjid komplek itu kita jadi salam-salaman sebelum pulang. Kan sudah saling kenal. Malah orang tua nagur kalo gak salam sama yang lain.

Paling jauh tuh waktu rutin salat tarwih di Masjid Raya Kota Makassar, salah satu masjid besar di Kota Makassar. Beberapa tahun terakhir sebelum pandemi COVID-19 sering salat disitu. Butuh setengah jam perjalanan kalo gak macet dan lewat tol. Bisa lebih. Jadi, berangkat harus lebih awal biasanya sekitar jam 7. Enaknya disana tuh mungkin karena ramai banget jadi semarak ramadan terasa banget. Suara imamnya saat melantunkan ayat suci Al-Quran juga merdu banget. Sayangnya, kalo ceramah tuh laaammmaaa banget.

Salat tarawih di Majid Raya tuh sampai 23 rakaat. Awalnya cuma ikutin sampai 8 rakaat. Pas pulang malah kelamaan di tempat parkir. Saking lamanya di masjid sudah lewat 8 rakaat lagi. Belum lagi macetnya karena orang-orang memang lebih banyak pulang salat tarwih saat itu. Utamanya yang cuma sampai 8 rakaat. Akhirnya memutuskan untuk ikut salat tarwih hingga 23 rakaat daripada habisin waktu banyak di tempat parkir dan di jalan.

Pandemi, 2020

Sayangnya setelah pandemi semuanya berubah. Entah itu karena anjuran atau perintah dari pemerintah pokoknya salat tarwih di masjid komplek di tahun 2020 lalu ditiadakan. Masih ada sih masjid yang melakukan salat tarwih berjamaah tapi masih was-was. Bahkan ada masjid yang sampai mematikan lampu agar tidak menarik perhatian. Alhasil saya dan keluarga lebih memilih salat tarwih di rumah.

Sekarang

Tibalah bulan Ramadan yang jatuh pada April hingga Mei 2021. Salat tarwih sudah diperbolehkan tapi dengan mematuhi protokol yang sudah ditetapkan. Mulai pake jarang, pake masker, bawa sajadah sendiri dan protokol lainnya. Salam-salaman pun udah gak ada lagi. Tapi yah setidaknya sudah bisa salat tarwih berjamaah.

You Might Also Like

1 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF