Bergabunglah Sebagai Honorary Reporter 2022 di Korea.net!

March 29, 2022

Honorary Reporter 2022
Honorary Reporter 2022 (credit: korea.net)

Hai, saya sebagai Honorary Reporter sejak tahun 2020 hingga sekarang mau mengabarkan bahwa pendaftaran Honorary Reporter 2022 telah dibuka.

Korea Culture and Information Service (KOCIS) dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan pada tahun 2022 mencari Honorary Reporter untuk Korea.net yang mencari warga negara asing di luar negeri untuk memproduksi berbagai konten terkait Korea untuk membantu dunia belajar lebih banyak tentang semua hal Korea untuk mempromosikan Korea ke dunia 

Honorary Reporter merupakan kegiatan volunteer yang tugasnya membuat berbagai konten tentang Korea baik itu artikel, foto, video, maupun ilustrasi. Bisa dibilang Honorary Reporter ini kerjannya kayak content creator atau content writer lah. Jadi, bagi yang cari pengalaman sebagai content creator atau content writer bisa mendaftar Honorary Reporter 2022 untuk menambah portofolio karya kalian.

Baca juga:

AYO GABUNG HONORARY REPORTER 2021 DAN BUKTIKAN SE-KOREA APA KAMU

MY STORY AS HONORARY REPORTER FROM INDONESIA

AKU DITERIMA SEBAGAI HONORARY REPORTERS KOREA.NET

Kalo saya selama menjadi Honorary Reporter lebih banyak membuat artikel meskipun di tahun 2021 agak sedikit karena sibuk sama kerjaan dan mencari kerja. Ada juga challenge yang berbeda setiap bulan yang diberikan kepada Honorary Reporter yang mengasah kreatifitas. Kalo yang mau baca kumpulan tulisanku tentang Honorary Reporter bisa elalui taq Honorary Reporter di blog ini.

Apalagi di tahun 2022 ini, Korea.net menambahkan Bahasa Indonesia ke dalam bahasa yang tersedia sehingga Honorary Reporter bisa membuat artikel berbahasa Indonesia. Dengar-dengar sih Bahasa Indonesia ini sudah diancang-ancang untuk bisa tersedia di Korea.net sejak 2018 dan baru tercapai pada tahun ini. Keren aja sih, Bahasa Indonesia yang notabene bahasa nasional kita bisa tersedia di platform resmi Korea. Yang buat artikel juga jadi makin gampang karena menggunakan bahasa sehari-hari dan orang-orang yang hanya tahu Bahasa Indonesia jadi bisa tahu informasinya seperti apa. Kan makin banyak juga pembacanya dari Indonesia

Yuk bergabung jadi bagian dari keluarga besar Korea.net dengan menjadi Honorary Reporter. Buat Honorary Reporter yang telah bergabung di tahun-tahun sebelumnya sangat disarankan untuk mendaftar kembali.

Kualifikasi

  • Warga negara non-Korea yang sangat tertarik dan bersemangat tentang Korea
  • Pengguna aktif media sosial seperti Instagram, Facebook, Weibo, dan YouTube
  • Mampu menghasilkan konten berkualitas* dalam salah satu bahasa berikut: Inggris, Cina, Arab, Spanyol, Rusia, Prancis, Jerman, Jepang, Vietnam, dan Indonesia

*Konten dapat dalam format apa pun termasuk artikel tertulis, foto, video, atau ilustrasi

Kegiatan*

  • Periode: Mei 2022 ~ Mei 2023 (Perpanjangan SDM sebelumnya dimungkinkan)
  • Tulis artikel Korea.net tentang berbagai topik terkait Korea
  • Memproduksi dan mempromosikan video YouTube dan/ atau konten media sosial yang terkait dengan Korea
  • Undangan untuk berpartisipasi dalam acara atau program yang diselenggarakan KOCIS dengan organisasi terkait

*Bagi pendaftar yang berhasil akan menerima panduan terperinci

Benefit

  • Honor kecil bagi mereka yang menghasilkan karya unggul
  • Hadiah kecil untuk mereka yang dianggap luar biasa
  • Berpartisipasi dalam program yang berkaitan dengan budaya Korea
  • Kemungkinan berpartisipasi dalam pembuatan konten Korea.net seperti artikel dan video
  • Surat resmi penunjukan berupa sertifikat (berkas PDF via Email)
Semua Honorary Reporter pasti akan menerima softfile sertififkatnya namun untuk beberapa Honorary Reporter juga bisa mendapatkan sertifikat fisiknya tergantung dari Korea.net. Kayak saya waktu tahun 2020 dapat sertifikat fisik tapi saat tahun 2021 malah dapat setifikat fisiknya. Katanya tergantung dari negara yang ditinggali Honorary Reporter, kalo misalkan ada Korea Cultural Centre atau KCC maka kemungkinan menerima sertifikat fisik lebih tinggi. 

Aplikasi

Kunjungi atau klik link untuk apply baik bagi yang baru mendaftar ataupun yang sudah pernah terdaftar Honorary Reporter di tahun-tahun sebelumnya di honoraryreporters.korea.net

Jadwal

  • Periode aplikasi: 28 Maret 2022 - 17 April 2022
  • Pengumuman: melalui pemberitahuan email
  • Upacara peluncuran*: Mei 2022

*Hanya kandidat terpilih yang menerima pemberitahuan

Kontak

Informasi mengenai pendaftaran Honorary Reporter 2022 bisa dibaca di Join the Honorary Reporters team in 2022

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai rekrutmen Honorary Reporter 2022, silakan kirim email ke honoraryreporter2022@gmail.com

You Might Also Like

4 komentar

  1. Wah, informasi menarik sekali. Saya penasaran pengen coba daftar Honorary reports Team di Korea Net ini. Kebetulan suka Korea (siapasih yang enggak suka Korea) hehe.

    Btw salam kenal yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo daftar, kegiatannya sih gak beda jauh sama blogger juga dan enaknya sekarang sudah bisa nulis bahasa indonesia.

      Salam kenal juga hihihh

      Delete
  2. Halo! Mau nanya dong. Kalau kita udah jadi honorary reporter tahun 2021, nah mau join lagi di 2022, itu prosesnya sama kayak daftar awal atau gimana?
    Thank you.

    Btw, salam kenal ya (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga. Kamu harus daftar lagi kalo mau lanjut jadi Honorary Reporter. Nanti pas pilih tahun mendaftar pilih tahun 2021.

      Salam kenal juga yah

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

PART OF