Gladi Bersih alias Latihan Dulu Sebelum Terima SK CPNS

June 02, 2022

Hari kedua di Majene masih diawali dengan betapa susahnya diriku biar bisa bangun subuh. Mana rasanya capek juga yah setelah perjalanan jauh kemarin kayak masih mau lanjut tidur. Sayangnya aktivitas harus segera dimulai jadi harus mulai bangun.

Gladi resik baru akan dimulai jam 2 siang meskipun diundangan diminta untuk datang 20 menit sebelum acara dimulai namun saya akan tetap datang pas jam 2 aja deh. Jadi, pagi-pagi masih bisa leyeh-leyeh. Mager banget ya ampun. Alhasil di kostan aja sebelum pergi gladi resik padahal niat sebelumnya biar keluar jalan-jalan dulu.

Sekitar jam 12 ternyata yang punya kostan datang jadi saya dan keluarga saling berkenalan secara langsung. Ternyata Ibunya pemiliki kostan yang ternyata masih keluarga dari Tanteku sedangkan nomor yang saya hubungi kemarin itu adalah salah satu anaknya. Kami sambil bercengkrama dan biasalah nanya-nanya soal kostan. Mana Mamakku gak lupa ngasih saran si pemilik kostan biar bisa menyediakan kulkas buat kostan dan katanya sih memang mau beli. Mudah-mudahan secepatnya yah.

Baca juga:

MAJENE, I'M COMING!

LIRIK DAN LONTARA LAGU ᨕᨗᨊᨗᨊᨏ ᨔᨅᨑᨕᨙ [INNINNAWA SABBARAE]

KEGIATAN PERTAMA SEBAGAI CPNS MESKI BELUM SERAH TERIMA SK

Hmm, sudah jam 1 ternyata jadi saya berpamitan untuk bersiap-siap pergi gladi resik. Harus isoma dulu soalnya. Istirahat, salat, makan dan sipa-siap.

Gladi Resik

Kurang 5 menit jam 2 saya baru berangkat ke lokasi tempat dimana saya akan menerima SK yaitu Ruang Teater Gedung Kembar Unsulbar. Yup, gedungnya yang di gunung itu. Saya agak kikuk karena setelah sampai di depan gedung saya malah lupa bawa konektor masker. Mana maskernya buat yang pake hijab jadi harus pasang dulukan.

Tiba di gedung langsung kutanya satpam Ruang Teater yang mana dan langsung ditunjukkan. Masuk Ruang Teater berasa kayak masuk auditoriumnya Universitas Hasanuddin (Unhas), seperti teater yang panggungnya berada di bagian depan dengan kursi yang semakin ke belakang semakin naik. Kursi juga dengan model sofa berwarna merah yang kelihatan banget kalo gedungnya masih baru.

Ruangan sudah ramai dengan peserta yang hadir duduk dibaguan depan sehingga saat saya masuk dari pintu harus nenuruni tangga pelan-pelan. Berabe kalo sampai jatuh tuh. Saya langsung menuju kursi dibarisan kedua perempuan yang duduk. Mau menyapa orang yang disamping tapi tim panitianya lagi ngomong jadi gak sempat. Panitianya duduk berbaris diatas dan sibuk mengatur acara biar plserah terima SK kami berjalan dengan lancar. Oh ya, tim panitia ini semuanya dari staf kepegawaian.

Rada gimana gitu soalnya belum ada seorangpun yang saya kenal. Sudah absen hingga kami pun diatur kursi ya agar duduk sesuai nomor urut yang akan menerima SK untuk besok pun saya belum sempat kenalan sama yang disampingku.

Kami, CPNS yang menerima SK besok pun dusuk secara berurutan berdasarkan fakultas. Nah, baru deh ada yang ngajak kenalan. Maklum, anak introvert kayak sama memang rada-rada pemalu. Ternyata sebelumnya kami sudah lebih dulu saling chat menanyakan perihal serah terima SK ini nih dan akhirnya ketemu. Kebetulan, kami hanya bertiga dari Fapetkan yang baru menerima SK dimana 2 diantaranya Prodi Peternakan termasuk saya dan 1 lagi Prodi Budidaya Perairan.

Sebenarnya inti dari gladi resik ini tuh buat memberitahukan tata cara gimana kami nantinya menerima SK CPNS langsung dari Rektor Unsulbar sendiri cuma kali ini diwakili panitia dulu. Yah, mirip-miriplah prosesinya kayak waktu terima ijazah dan pemindahan tali toga saat wisuda. Berhubung kami penerima SK tahap pertama jadi masih jadi kelinci percobaan. Maksudnya tuh kita disuruh satu persatu mencoba cara terbaik untuk tampil dan menerima SK mulai dari cara jalan, cara menerima SK, dan sebagainya biar fotogenik gitu pas di foto. Katanya ini jadi salah satu momen penting sebagai PNS karena hanya dua kali mengadakan serah terima SK yaitu saat CPNS atau 80% dan melepaskan "C" menjadi PNS sehingga bisa menerima gaji 100%. Kapan lagi coba bisa tampil berwibawa?!? Katanya sih gitu

Bagus sih tapi gak enaknya yang nomor urutnya awal-awal yang kena karena kalo salah pasti diulang dari awal. Entah berapa kali diulang sampe panitia bilang fix baru deh selesai gladi resiknya.

Nah, besok kan kami semu ayang hadir juga bakal foto bersama itu juga disuruh gladi resiknya naik ke oanggung dan posisi saat foto nanti. Ada-ada aja sih nih tapi demi kemaslahatan dan kelancaran acara besok biar teratur dan terarah ya udah kita ikutin. Lucu aja sih pas foto juga gladi resik sampai ada yang nyeletuk biar fotonya beneran. Eng ing eng, berfotolah kami semua yang hadir di acara galdi resiknya. Sayangnya ada 3 CPNS yang belum hadir di gladi resik tapi itupun sudah ramai. Gimana besok yah? Hmmm...

Sudah, habis itu pulang deh. Bentar doang sih ini sekitar sejam lebih dikit. Bapakku masih nunggu ternyata diluar sambil bercengkrama sama suami yang juga istrinya terima SK besoknya. Oke, balik kostan soalnya Adek sudah pengen banget jalan-jalan di Majene yang menjadi salah stau alasan pengen ikut nganterin saya. Biasalah, healing~ topi siap-siap dulu

Jalan-Jalan ke Majene

Pantai Dato

Sorenya kami menuju Pantai Dato yang merupakan request dari Adek biar bisa sekalian jalan-jalan. Untungnya sekarang ada gmaps jadi ada penunjuk jalan kesana. Kami tiba sekitar setengah 5. Pantai Dato ramai banget dan memang jadi destinasi utama di Majene jadi wajar aja sih. Pantai Dato ini ada jembatan kayunya juga di sepanjang pnatainya kayak Tebing Kaca yang ada di Bulukumba. Banyak spot bagus. Bisa turun juga mandi-mandi di pantainya yang berpasir putih. Cuma yang turun mandi kebanyakan anak-anak.

Salat dulu

Sayangnya gak nemu mushalla disini jadi buru-buru balik cari masjid dulu soalnya mau singgah sebelum ke Pantai Dato tapi masjid yang disinggahi kayak ya dikunci deh. Mana pulangnya Bapak asal belok aja semakin menjauh dari kostan. Akhirnya nemu masjid besar bernama Masjid Agung Ilaikal Mashiir. Kami salat ashar sekalian menunggu salat magrib yang memang sudha tidak lama lagi. Astaghfirullah~. Habis itu baru deh balik ke kostan.

Bertamu

Sesampainya di kostan, kami ganti baju karena sudah kegerahan baru lanjut pergi lagi menuju rumah keluarganya Tanteku yang datang kemarin tapi makan malam dulu buar nanti disana gak ngerepotin. Soalnya yang punya rumah baru melahirkan anak ketiganya. Rumahnya gak jauh sih sekitar 10-15 menit. Kemarin mereka memnag mengundang kami untuk datang bertamu dan kami iyakan dan jadilah. Bercengkrama sampai melihat anak-anaknya sudah pada ngantuk jadi kami pun sadar diri dan pamit pulang.

Pulang dan beristirahat. Huh~