Majene, I'm Coming!

June 01, 2022

Akhirnya instansi tempat saya bekerja nantinya sudah mengumumkan hari dimana saya akan menerima SK CPNS setelah berhasil melewati tahap demi tahap seleksi CPNS 2021 lalu. Proses CPNS ini memang gak sebentar cuy alias lama banget nunggunya. Beberapa instansi lainnya baik dari kementerian dan pemda memang sudah banyak yang lebih dulu serah terima SK jadi bikini kami yang belum ini jadi makin getar getir.

Yup, Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) yang menjadi tempat saya mengabdi nantinya ini sudah mengumumkan bahwa saya akan menerima SK pada hari kedua masuk kerja setelah cuti bersama saat lebaran idul fitri lalu yang tepatnya 10 Mei 2022. Gak hanya itu, kami juga diminta untuk menghadiri gladi bersih sehari sebelumnya yang dimulai pada siang hari.

Sebenarnya sih sudah ada pengumuman sebelumnya mengenai SK CPNS yang sudah jadi dan saya termasuk dalam tahap 3. Lumayan cepat juga sih bila dibandingkan dengan teman-teman lain yang lulus di Kemdikbud yang secara acak tanpa tahu aturan yang jelas SK mama yang bakal lebih dulu jadi dan nggak. Yah gimana? Wong yang CPNS di Kemdikbud aja sekitar 7 ribuan loh. Banyak banget kan.

Baca juga:

LIRIK DAN LONTARA LAGU ᨕᨗᨊᨗᨊᨏ ᨔᨅᨑᨕᨙ [INNINNAWA SABBARAE]

KEGIATAN PERTAMA SEBAGAI CPNS MESKI BELUM SERAH TERIMA SK

RAMBUT WANGI DAN LEMBUT DENGAN SCARLETT YORDANIAN SEA SALT

Makanya saya dan keluarga memutuskan berangkat ke Majene, kabupaten dimana Unsulbar berada dengan menggunakan Mobildi hari Minggu, 8 Mei 2022. Saya diantar oleh Bapak, Mamak dan Adek sedangkan Kakak gak bisa ikutan karena gak diperbolehkan mengambil izin setelah cuti panjang sehabis lebaran. Pokoknya ribet deh kalo Kakak harus ikut. Ya sudah, kami berangkat hanya berempat pagi sekali biar gak kena macet soalnya hari itu jadi hari terakhir libur cuti nasiona. Selain itu juga memperhitungkan biar bisa tiba siang karena tempat nginap belum fix. Belum dapat kostan dan gak berencana nyari penginapan.

Sehari sebelumnya barang sudah saya kemas buat dinaikkan ke Mobil. Pokoknya segala barang kalo bisa naik malam itu harus naik biar paginya sisa sedikit yang mau diurus gituloh. Bolak-balik berkemas kok rasanya makin bnayka aja barang yang mau dibawa sampai bawa meja kayu kecil, kompor plus gas 3 kilo yang ada isinya coba, kasur, karpet dan lain sebagainya. Banyak banget sampe tuh mobil penuh banget sama barang.

Subuhnya saya dibangunkan sama Mamak. Sudah lewat adzan subuh sih tapi gak papa soalnya gak diburu waktu juga. Bangun, salat terus siap-siap deh. Sampai semua beres baru deh manggil kakak buat tutup pintu sama momen pisah gitu deh sampai dibuatin instagram story hihihh... Sekalian momen wejangan buat kaka yang harus jaga rumah karena bakal ditinggal sendiri selama beberapa hari. Tak lupa baca doa juga sebelum melangkahkan kaki kiri ke luar rumah. 

Let's Go

Bismillah, kami akhirnya berangkat sekitar pukul 6 lewat 40 menitan deh kayaknya. Alhamdulilah arus masih lancar karena masih pagi meskipun lagi arus mudik. 

Oke, sebelumnya saya jabarin dulu nih rute kota-kabupaten yang dilewati dimulai dari Makassar -> Maros -> Pangkep -> Barru -> Pare-Pare -> Pinrang -> Polman -> Majene.

Persinggahan pertama itu di Indomaret tapi lupa itu masih di Maros atau sudah masuk wilayah Pangkep. Berhubung masih jam 7 lewat jadi agak ragu ini sudah buka atau nggak dan ternyata sudah buka. Indomaretnya terhitung lengkap sih meskipun bukan berada di kota besar. Ada buah, roti, sampai ayam krispi. Sebenarnya ngiler lihat ayam krispinya tapi ingat Mamak masak dan ngebekalin kita semua dan ada ayam bumbunya. Gak jadi deh. Jadi, cuma beli air mineral deh 4 biji terus adek gak tahu ambil apaan dah itu. Sudah itu lanjut lagi dan saya sudah keburu ngantuk jadi lanjut tidur lagi. Maklum habis begadang. Entah kenapa tadi malam jadi sibuk banget dan jadi begadang deh.

Persinggahan kedua di rumah makan tepatnya di Warung Soto Banjar yang ada di Kota Pare-Pare sekitar jam setengah 10. Maklum aja nih semua yang berangkat kayaknya pada belum sarapan cuma Mamak aja yang sempat sarapan tadi. Nah, Menu Soto Banjarnya itu ada 2 macam yaitu Biasa dengan harga Rp. 19.000 dan Istimewa dengan harga Rp. 20.000 tapi gak tahu juga bedanya apa soalnya Ayah sudah pesan pas saya mau baru masuk warungnya. Enak sih sotonya cuma isinya kurang banyak apalagi sayurnya hahahahh dan emang cocok buat sarapan. Gak bikin begah. Oh ya, sotonya udah ada lontong yang sudah di potong-potong di dalam kuah. Nih warung sudah saya tandain, siapa tahu saat ke Pare-Pare lagi kan jadi bisa singgah. Duduk bentaran sulu setelah selesai makan buat nuruin tuh makanan ke lambung baru deh lanjut perjalanan.

Mamak sebenarnya mau singgah beli sapu buat saya pake nanti di Majene tapi Bapak sudah keburu ngomel takut kemalaman tiba di Majene nanti. Ya sudah kubilang nanti aja pas di Majene. Lanjut perjalanan deh. 

Sepanjang perjalanaan melewati Pinrang sayaa melek mulu hinggga memasuki wiilayahh Polman. Tahu banget kalo bagian Pinrang mah karena pernah KKN disitu. Kalo Polamnan tahu sedikit karena ada Om yang notabene saudaranya Bapak dan dua nenekku dimakamkan disini. Jadi, waktu nenek masih hidup masih sering kesana setiap lebaran. Cuma setelah meninggal jadi jarang ke Polman. Padahal mau siarah kubur dulu tapi nanti aja pas pulang takutnya nanti keburu malam. Lah, saya gak bisa siarah dong kan gak ikutan pulang nantinya. Gak jadi singgah dong saya. Akhirnya cuma berdoa aja pas ngelewatin kuburannya yang masih berada di pinggir jalan.

Nah, heran pas mulai dekat rumah om tuh ramai banget kayak kawinan. Biasalah kalo ada kawinan tuh kadang sampa ngambil jalan dan bikin macet cuma ini gak ada mimbar apalagi pengantinnya tapi kayak ada acara gitu deh. Agak kepo sih lagi ada acara apa. Belakangan tahunya ada acara semacam festival gitu deh. Habis ini saya tidur lagi deh. Ngantuk banget cuy.

Persinggahan ketiga itu di Masjid buat salat dhuhur dan sekalian jama' buat ashar tapi entah di mana soalnya baru efek baru dibangunin tadi gak tahu sudah ada dimana. Ingatnya itu di seberang masjid banyak penjual bantal sama kasur kapuk, itu aja. Ya pasti masih di wilayah Polman. Habis itu sudah melek lagi. 

Welcome to Majene!

Melewati perbatasan Majene membuatku menginjakkan pertama disini dan ini hari pertamaku di Majene, dimana saya akan mengabiskan sebagian besar hidupku kedepannya disini wow~.

Dari dalam mobil terlihat bangunan yang berada puncak gunung yang sudah menarik perhatian. Jangan-jangan itu dia Unsulbar. Buru-buru cek gmaps dan ternyata benar, berhenti di SPBU dan nelpon teman buat tanyain dia sudah ngecek kostan yang kubilang sebelumnya. Ternyata dia ada urusan dulu jadi yah ditungguin. Padahal bisa sih langsung ngecek sendiri tapi emang lebih enak kalo ditemani sama orang lokal. Saat di perjalanan tadi saya juga menghubungi teman saya yang lainnya untuk menanyakan perihal kostan dan ternyata tantenya punya kostan yang gak jauh oula dengan Fapetkan. Pas banget. Makanya kostan itu yang bakal dicek.

Sambil nunggu teman, saya mencoba masuk ke jalan yang kira-kira menjadi jalan masuk Unsulbar dan menunggu di pertigaan. Tadi teman sudah sempat bilang bakal agak lama sekitar 15 menitan tapi gimana Bapak sudah gelisah banget sampe ngirain orang lain itu temenku. Kan gini, mobilku parkir pas di pertigaan banget dan ada cowok yang naik motor datang dari arah berlawanan dan senyum terus ngodein kita buat ngikutin. Bapakku ngebet banget itu temanku. Lah??? Masa saya lupa teman sendiri. Ternyata ada mobil lain juga ya g parkir dan akhirnya ngikutin tuh motor. Saya asumsikan cowok tadi juga salah ngirain mobilku. Akhirnya mutusin buat nyari tempat teduh terus makan siang dengan bekal yang sudah dibawa dari rumah. Sembari menunggu kan secara sudah lapar banget dari tadi tapi Bapakku bilang entar-entar aja.

Menepilah di bawah pohon tuh mobil terus makan deh kita semua. Agak ribet memang makan di mobil tapi ya udahlah nikmatin aja. Mana laper bnaget kan. Ada telpon yang masuk ternyata dari temanku yang katanya sudah sampai di kostan yang minta tolong dicekkan. Hadeuh, mulai beres-bereslah padahal asli masih mau makan tapi nanti temnaku nunggu kelamaan lagi. Untungnya Bapak, Mamak, sama Adek sudah selesai makan.

Pas mau belok ke kostan yang mau didatangin Bapakku nyablak lagi kalo itu mobil temanku tapi kupikir dia paka motornya jadi kubilang bukan. Heran, Bapakku dari tadi asal banget deh.

Sampai di depan kostan sudah ada temanku yang sepertinya sudah tanya-tanya soal kostan dan saya langsung disuruh masuk buat cek. Mamak juga ikutan masuk buat bantuk cek. Kebetulan ada keponakan yang punya kostan yang bisa ditanya. Suka sih soal kostannya. Kamarnya agak luas, ada ventilasi, bersih, ada dapur umum, wastafel, 1 kamar mandi dan 3 wc namun sayangnya gak ada jendela. Jadi, ventilasinya ini yang sekalian jadi jendela tapi tinggi banget kan jadi gak ada angin sepoi yang masuk ke kamar. Saya kan butuh ventilasi udara dan cahaya yang bagus karena ada alergi yang sering bikin diriku ini influensa. Bimbang~

Lanjut cari kostan lagi. Temanku tahu satu kostan lagi dna kami menuju kesana. Sayangnya sudah penuh cuy. Hadeuh~

Langsung kiminta ke Mamak buat hubungi keluarganya Tanteku yang ada di Majene. Sayangnya pas ditelponin oramgnya kagi ngajar jadi baru nyusul kemari jam 5. Hmmm... tambah bingung dong. Jadinya, nunggin kabar dari keluarga. Sambil nunggu saya dan keluarga ke gedung Unsulbar yang di gunung sedangkan  teman saya pulang karena masih ada urusan katanya.

Jalan-Jalan ke Kampus Unsulbar Parang-Parang

Perjalanan menuju Kampus Unsulbar Parang-Parang ang notabene berada di gunung wow juga ternyata, untuk jalan nanjaknya sudah dibeton sedangkan sampai diatas jalannya belum ada yang jadi. Ada beberapa gedung yang sudah jadi termasuk gedung kembar, rusunawa, dan beberapa fakultas namun tidak untuk Fakultas Peternakan dan Perikana (Fapetkan) dimana saya akan bertugas yang beum memiliki gedung baru di gunung. Ada lega tapi ada kecewa juga. Leganya gak perlu sering ke kampus yang ada di gunung-gunung secara saya gak bisa bawa kendaraan dan kecewanya masa fakultasku gak punya gedung baru. 

Kami berhenti ke gedung yag berada di puncak dan juga gedung tertinggi yaitu gedung perpustakaan. Pemandangnnya keren dengan hamparan laut Biru Majene yang indah. Panas sih tapi keren banget anjir. Seriusss!

Hpku berdering lagi soalnya temanku telpon. Dia ditanyain saya jadi gak ngekost disana apa nggak dan kubilang nanti aja saya yang hubungin. Pas mau hubungin balik eh hpku malah lobet total. Maklum aja, batre hpya sudah caos tuh dikit-dikit lobet. Akhirnya saya nyari colokan buat ngecharger hp dan nemu di sisi sayap kanan gedung sambil nunggu kabar juga bareng Mamak dan Adek. Tak berapa lama Bapak muncul bawa kabar bahwa fakultasku alias Fapetkan masih di bawah dan dekat dari kostan pertama yang saya datangi. Akhirnya mutusin buat ngambil kamar itu. Buru-buru saya nyalain ho dan hubungi si pemilik kostan buat mastiin. Setelah diiyakam akhirnya saya dan keluarga menuju kostannya.

Kostan oh Kostan

Sampai di kostan pun gak langsung dapat kunci karena dipegang oleh pemilik namun berada di lokasi yang harus ditempuh sekitar sejam. Lama banget nunggunya. Untung ada bale-bale di depan kostan jadi kami bisa rebahan. Kabarnya kunci kostan nanti dititip di salah satu anak kostan juga. Magrib pun tiba dan akhirnya kunci pun tiba yang dibawa oleh salah satu anak kostan yang memang lagi banyak urusan sebelum kemari. Ya sudahlah.

Ternyata ada dua kamar yang kosong. Saya langsung memilih kamar yang lebih luas. Sebenarnya sih memilih kamar ini karena cuma ini yang bisa dibuka karena salah stau kamar ternyata gak bisa dibuka tapi ya sudahlah. Kami membersihkan kamar dan membawa satu per satu barang masuk ke kamar. Tak lupa kompor dan gasnya juga langsung dipasang. Setelah itu, kami baru membersihkan badan alias mandi.

Tak berapa lama keluarga tanteku akhirnya datang. Mamak memang menghubungi kalo ingin mengambil kamar ini saja karena dekat. Cek per cek eh ternyata masih keluarganya juga wkwkwk... Selain itu juga sambil bercengkrama tentang hal lain seperti Majene, Unsulbar dan lainnya. Sepulangnya, kami baru makan malam dan mulai istirahat.

Sayangnya karena saya memang tidak terbiasa menggunakan kipas angin jadi gak memperioritaskan untuk dibawa. Sedangkan Adek gue mulia kegerahan dan jadi heboh banget sampai merengek karena kegerahan. Wajar aja sih, sekamar disii 4 orang mana ventilasinya kecil dan cuma diatas pula. Mamak pun gak tega akhirnya ngajakin beli kipas angin tapi saya gak ikut. Pulangnya mereka bawa kipas angin kecil karena itu yang lumayan murah. Lucu sih bentuknya kayak Donal Bebek dengan aksen warna biru, kuning dan abu-abu. Kipas angin dipasang barulah kamar jadi lumayan adem. Satu per satu dari kami pun tertidur.

Good night~

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF