Menu Sahur Praktisku

March 16, 2024

Sahur ... Sahur ... Sahur ...

Nah, rutinitas ini kita lakukan saat berpuasa dan tentu saja berpuasa di Bulan Ramadan. Sahur penting buat kita untuk mengisi tenaga dengan makan di waktu dini hari sebelum adzan subuh berkumandang yang artinya waktu Sahur sudah usai. Sahur mang cukup hectic yah, belum buat bangun sahurnya itu loh, dan yang paling penting buat siapin menu makan sahurnya. Apalagi setiap orang kan punya selera yang berbeda-beda dan punya menu andalan tersendiri juga. Bahkan ada yang jadi menu andalan keluarga. Nah, kalau saya sih biasanya kalau Sahur saya punya tips and trick tersendiri buat menyiapkan menunya. Yang gampang-gamoang aja tapi enak buat ditelah saat dini hari.

Bakso

Biasanya di rumah itu suka pesan bakso siap masak lengkap dengan bumbu di tempat langganan. Ini praktis banget karena sudah ada bumbunya bahkan sudah sepaket dengan daun bawang, daun seledri, jeruk nipis, dan sambal kuningnya. Cara masaknya juga gampang tinggal didihkan air lalu tambahkan bumbu, bakso, daun bawang dan daun seledri atau apa aja yang ada di rumah. Berkreasi aja sih. 

Bakso ini emang cocok dimasak saat sahur karena dihidangkan dengan kuah yang hangat jadi bikin melek dan gak serek dimakan saat dini hari.

Telur

Salah satu menu sederhana dan andalan nih. Telur~

Paling suka sama telur mata sapi alias telur ceplok. Less effort kan? Tinggal digoreng dengan sedikit minyak atau margarin dan tada~ jadi deh. Nah, kalau dulu waktu kecil paling suka kalau telur mata sapinya di tuangin saos dan kecap atau salah satunya, yang mana aja yang ada. Entah kenapa dulu doyan banget sama kecap dan persambelan. Cuma makin kesini lebih suka telur mata sapinya dikasih air dengan garam sedikit biar ada rasanya. Air garamnya juga kayak jadi kuah gitu buat nasinya. Segar aja gitu. 

Kadang juga kalau bosan makan telur mata sapi, telurnya di dadar. Tinggal tumis sebentar bawang merah terus tambahkan adonan telur yang sudah dikocok. Biar lebih rame rasanya dan ada seratnya saya tambahin garam, america, tomat, daun bawang, daun seledri atau apapun yang ada deh di dapur. Nah, ini dimakan sama nasi hangat juga sudah enak banget.

Mie instan 

Waduh, ini sih masuk jadi menu favorit dan penyelamat kalau lagi butuh makan. Ada banyak sekali brand mie instan yang ada mulai dari yang lokal hingga import, mulai dari rasa otentik dan rasa baru, dan lain sebagainya. Cuma kalau saya emang paling suka kalau Sahur itu makanya cocoknya berkuah, jadi pasti pilih mie instannya yang berkuah.

Saat ini kayaknya sudah banyak banget yang berseliweran tentang bahannya makan mie instan sampai-sampai ada yang gak makan lagi mie instan. Kalau saya sih dibatasin aja konsumsi mie instannya. Toh, menu mie instan ini buat jadi menu kepepet. Nah, solusinya biar nutrisinya lebih seimbang saat makan mie instan yah saya tambahin serat dan protein. Seratnya bisa dari sawi, kol, tomat, atau sayur lainnya dan protein ya bisa dari tahu, telur, sosis dan seafood juga boleh, bahkan daging cuma ini rada pricey gitu deh. Nah, penambahan serat dan protein ini biar menyeimbangkan konsumsi mie instannya. Biar lebih sehat juga.

Masak sekalian Sahur dan berbuka 

Salah satu tips praktis masak buat menu sahurnya sekalian waktu masak waktu berbuka puasa sebelumnya. Jadi, masaknya agak dibanyakin porsinya karena biar sekalian dimakan pas saat sahur. Jadi, gak usah siapin lagi buat menu sahurnya. Kalau kayak gini gak hanya saat bulan Ramadan saya lakukan tapi juga selain di bukan Ramadan biar masaknya gak ngambil banyak waktu. Soalnya gak suka banget kalau masaknya sampai lama banget padahal makannya cuma bentar doang terus habis.

Beli aja

Nah, ini juga gak kalah praktisnya. Beli~ Tinggal siapin duit dan pergi aja keluar buat beli makanan untuk disantap sata Sahur. Apalagi sekarang ini sudah banyak tempat makan yang buka saat sahur. Kalau dulu kan cuma bisa dihitung jari tempat makan di waktu Sahur. Kalau nggak mau atau gak bisa keluar saat dini hari, bisa beli saat sore, atau malam setelah salat tarawih terus disimpan buat dimakan Sahur nanti. Jadi, tinggal disajikam aja deh.

Gak Sahur

Terakhir ini emang gak boleh ditiru dan dicontoh sih. Yup, gak usah Sahur. Ini hanya buat golongan orang-orang yang punya masalah kalau bangun Sahur entah itu susah dibangunan atau gak ada yang bangunin. Kayak saya nih yang susah bangun buat Sahur. Biasanya ini saya laukan saat masih di kosan atau lagi di rumah sendiri jadi gak ada yang bangunin buat Sahur. Jadi ujung-ujungnya malah gak makan Sahur jadinya. Alhasil, gak perlu repot buat siapin menu Sahur. Yah kali, udah siapin menu Sahur tapi ujung-ujungnya gak bangun akhirnya jadi gak Sahur deh. Kan makanannya jadi mubasir.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF