Es Pisang Ijo, Takjil Favoritku Tahun ini

March 12, 2024

Tahun ini, entah kenapa Pisang Ijo jadi menu takjil Ramadan favorit tahun ini. Sekedar info, Pisang Ijo ini adalah penganan olahan pisang khas Makassar, Sulawesi Selatan. Yup, sebagai perantau mencicipi makanan khas daerah sendiri itu punya nikmat tersendiri. Selain rasanya enak juga kayak mengobati rindu kampung halaman. Yah, meskipun saat pulang mudik Ramadan tetap carinya Pisang ijo setelah tiba di Makassar.

Buat yang belum pernah melihat atau mencoba Pisang Ijo, monggo boleh dilihat gambarnya. Siapa tahu jadi pengen juga menjadikan Pisang Ijo sebagai takjil berbuka puasa hari ini.

credit: Twitter @bolehapanih

Pisang Ijo Rekomendasi di Majene

Penjuak Pisang Ijo di Majene memang banyak sih, apalagi Ramadan yang menjadi amat sangat banyak. Cuma malas cobain karena takut zonk. Untungnya di Majene ada juga penjual Pisang Ijo yang enak dan recommended yang memang enak. Mungkin paling enak se-Majene kali yah. Nama penjualnya Pisang Ijo Legend yang dijual seharga 12 ribu dengan 4 Potong. Worth it banget sih menurut saya dengan harga segitu tapi rasanya juga enak. Porsinyanya juga cukup besar jadi bisa dimakan berdua. Cuma karena saya sendiri jadi bisa dimakan 2 kali. Tapi harus pesan dulu biar gak kehabisan paginya atau sehari sebelumnya.

Resep

Cara membuat es Pisang Ijo sih katanya gampang cuma saya belum pernah cobain sih. Nanti deh, pas di Majene saya cobain buat. Soalnya gak ada orang, jadi kalau gagal gak ada yang tahu wkwkwk...

Resepnya itu secara umum ada jenis yang tergantung dari kulit atau selimut pisang ijonya yang dibuat dadar atau dikukus. Jadi, tergantung selera yah. Kalau saya sukanya Pisang Ijo yang kulitnya dikukus makanya resepnyang cantumin yah resep Pisang ijo yang dikukus.

Nah, resepnya ini saya dapat dari sasa.co.id. Ituloh brand santan lokal yang menjadikan Siwon, aktor dan member SUPER JUNIOR sebagai brand ambassadornya. Resepnya biar sekalian disimpan jadi bisa dicoba sewaktu-waktu. Resep Pisang Ijo ini saya cantumin dengan sedikit penambahan dan modifikasi.

Bahan Pisang Ijo

  • Pisang kepok secukupnya
  • 115 gr tepung protein sedang
  • 50 gr Gula
  • 1/4 sdt Garam
  • 125 gr tepung beras
  • 500 ml Air
  • 65 ml santan cair
  • Daun Pandan

Bahan Fla:

  • 100 gr tepung beras 
  • 1/2 sdt Garam
  • 750 ml Air
  • 65 ml Sasa Santan Cair Omega-3
  • Daun pandan secukupnya

Topping

  • Sirup DHT Pisang Ambon
  • Es batu

Cara membuat Pisang ijo

Pisang dikukus hingga matang kemudian siapkan wadah untuk mencampur adonan kulit Pisang ijonya lalu campur tepung terigu, tepung beras, gula, santan dan air secukupnya, serta air daun pandan. Air daun pandan ini dibuat dengan cara memblender daun pandan dan air lalu disaring. Daun pandan ini membuat rasa dan aroma Pisang Ijo yang khas. Jika tak ada daun pandan kalian bisa gunakan pasta daun pandan yang banyak tersedia di warung bahkan supermarket. Kemudian, aduk hingga merata jangan sampai ada yang menggumpal. Tipsnya biar gak ada yang menggumpal yaitu pertepungan seperti tepung terigu dan tepung beras disaring terlebih dahulu atau penyaringan bisa dilakukan setelah adonan dicampur merata. Setelah itu, adonan dimasak hingga menggumpal atau bisa dibentuk. Ambil adonan, pipihkan, dan balut ke pisang lalu dikukus hingga matang.

Cara membuat fla

Campur semua bahan flasnya ke dalam panci dan aduk hingga merata kemudian masak dengan api kecil sambil diaduk. Ketika flanya sudah mengentak dan muncul letupan-letupan yang menjadi pertanda bahwa flasnya sudah masak.

Penyajian Pisang Ijo

Pisang Ijo enaknya dimasukin dulu ke dalam kulkas baru dihidangkan. Penyajiannya tinggal Pisang Ijo ditata sesuai selera di mangkok atau piring lalu tuang fla. Tambahkan es dan sirup DHT Pisang Ambon sesuai selera. Buat Sirup DHT Pisang Ambon bisa diganti dengan sirup cocopandan yang rasanya cukup miripji tapi gak otentik sih. Tada~ siap dihidangkan dan disantap saat berbuka puasa.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF