Panen Pahala dengan Berkegiatan Sosial Saat Ramadan

March 18, 2024

Ramadan ini bisa jadi kesempatan kalian untuk menambah pahala loh karena setiap kebaikan yang kalian lakukan akan dilipatgandakan hingga berkali lipat jika dibandingkan dengan kebaikan yang kalian lakukan di luar Ramadan. Lumayan kan menambah bekal untuk akhirat nanti di Ramadan ini biar Ramadan jadi ladang oahak untuk kita semua.

Nah, salah satu yang bisa kalian lakukan adalah melakukan kegiatan sosial. Kegiatan sosial ini biasanya dilakukan untuk membantu orang-orang disekitar kita. Nah, selama Ramadan ada banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan.

Panitia Amaliah Ramadan

Biasanya masjid di perumahan akan membentuk sebuah panitia amaliah Ramadan dari anak-anak maupun remaja yang tergantung di dalam remaja masjid tersebut. Panitia amalia Ramadan ini juga punya tugas yang biasanya berbeda-beda untuk setiap masjid mulai dari membantu menyiapkan atau menata hidangan takjil berbuka puasa di masjid hingga merapikan, membersihkan masjid, mengadakan lomba Ramadan, menumandangkan adzan di waktu salat, bahkan membantu tugas panitia zakat dan masih banyak lagi. 

Panitia amaliah Ramadan ini memang aktivitasnya dilakukan di masjid yang menjadi tempat ibadah umat Islam.

Bangunin Sahur

Ini sih yang saya salut sama orang yang mau bangunin sahur apalagi sampai yang keliling tuh buat bangunin orang-orang di perumahan atau komplek. Belum bangunnya harus lebih awal buat persiapan dan kumpul bersama dengan tim yang buat bangunin sahur, ada juga yang biasanya bangunin sahur dulu baru orangnya makan sahur, belum keliling buat bangunin orang sekitar yang pastinya butuh effort. Capek loh bangunin orang sahur apalagi ada orang yang memang susah dibangunan setelah tidur malam.

Bagi-Bagi Takjil

Saat Ramadan, kegiatan sosial seperti berbagai takjil akan sering dijumpai di jalan di waktu-waktu mendekati berbuka puasa. Biasanya mereka tergantung dalam komunitas atau kelompok tertentu atau bahkan secara individu. Niatnya mulai loh untuk memberikan makanan kepada orang yang berpuasa apalagi untuk orang yang masih di perjalanan kan kemungkinan gak semua orang akan tiba di tempat. Bahkan tak jarang yang diberikan bukan hanya takjil tapi juga makanan berat seperti nasi dan lauknya.

Biar anti mainstream, kalian bisa bagi takjil dengan mengirimkan atau membawakan takjil kepada orang yang dituju seperti teman, keluarga, kerabat, panti asuhan atau orang yang memang disasar untuk diberikan takjil.

Sahur in the Road

Kalau ada yang berbagai takjil untuk makanan berbuka, ada juga nih yang bagi makanan di saat waktu sahur namanya sahur on the road. Bagi-bagi takjil juga sudah banyak yang lakukan tapi sahur on the road ini yang masih jarang. Sahur on the road ini biasanya akan keliling-keliling untuk memberikan makanan Sahur kepada orang yang dijumoai desitarnya saat berkeliling. Biasanya ini ditujukan untuk kalangan ke bawah yang masih harus beraktivitas atau bahkan tidur di jalanan dimana mereka akan sangat bahagia telah menerima makanan dari kalian tentunya.

Bagi-bagi THR

THR yang artinya tunjangan hari raya merupakan upah yang diberikan kepada pegawai atau karyawan di saat hari raya Idul Fitri. Biasanya Jumlah yang diberikan itu senilai satu bulan gaji untuk pegawai atau karyawannya. Nah, dalam reski yang kita dapat itu kan masih ada hak orang lain. Oleh karena itu, THR kalian juga harus diberikan kepada orang disekitar misalnya ponakan-ponakan yang masih bocah atau kepada orang tua. Biar sekalian sedekah. Apalagi kalau sedekah itu kan gak usah jauh-jauh tapi yang berada di sekitar kita. 

Kalau memberikan dalam bentuk duit pun jumlahnya pun gak usah banyak-banyak baget kalo yang diberikan kepada bocah yang penting cukup untuk satu atau bahkan beberapa jajanan. Sedangkan kalau yang diberikan dalam bentuk barang atau makanan pastikan barang yang diberikan dapat bermanfaat atau makanan yang diberikan itu disukai oleh penerima.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF