Jajanan Takjil Favoritku

March 15, 2024

Bulan Ramadan memang saat-saat dimana biasanya keinginan untuk makan sesuatu itu muncul untuk dimakan ketika berbuka puasa. Segala macam jenis makanan sudah muncul di pikiran dan saling beradu untuk bisa digolkan agar bisa dinikmati di lidah. Belum lagi kalau lagi beli jajanan sudah lapar mata duluan yang akhirnya bikin kalap buat beli semuanya meskipun pada akhirnya gak sanggup buat dihabisin. Eh, sebenarnya sih sudah tahu kalau gak bakal kemakan semuanya cuma keinginan buat beli itu lebih besar. 

Sebenarnya sih bisa buat cuma buat orang yang gak jago banget buat kue kayak saya memutuskan untuk membeli saja buat menghidupkan nasi umkm-umkn di sekitar.

Biasanya saat bulan Ramadan juga apalagi mendekati waktu berbuka puasa sudah berjejer penjual jajanan dadakan. Bahkan ada yang sudah membuka warung atau stand sejak siang hari. Jajanan yang dijual pun sangat beragam tinggal menyesuaikan dengan mata, lidah, dan dompet meski keseringan kalap kalau beli. 

Ini dia nih jajanan Favoritku yang jadi takjil buat menemani buka puasaku.

Pisang Ijo

Pisang Ijo sendiri merupakan kue olahan pisang yang dibakut dengan lapisan berwarna hijau lalu dihidangkan dengan saus flas seperti bubur sumsum. Pisang Ijo merupakan jajanan kue tradisional khas Makassar. Pisang Ijo ini jadi takjil most wanted ku tahun ini yang saya ceritain lebih detail di Es Pisang Ijo, Takjil Favoritku Tahun ini.

Barongko

Barongko juga termasuk jajanan kue tradisional khas Sulawesi berbahan pisang yang dicampur dengan santan dan gula lalu dibungkus dengan daun pisang. Daun Pisang ini akan menambah aroma dan rasa dari barongkonya. Perbandingan bahannya harus pas biar rasanya barongko makin mantap. Biar lebih mantap, barongko bisa dimasukkan dulu ke dalam kulkas hingga dingin baru disajikam dan disantap saat berbuka puasa. 

Risoles

Risoles ini juga favoritku. Ada berbagai varian mulai dari risoles isi sayur, sosis, mayones dan berbagai varian lainnya. Paling suka sama risoles varian mayones beef. Apalagi kalau risoles yang premium tuh rasanya pasti enak cuma harganya yah lebih mahal dibanding yang dijual di pinggir jalan.

Jalang kote

Jalang kote ini menu andalan banget di Makassar. Jalang Kote ini sejenis pastel dengan isian campuran bihun, wortel, kentang atau ubi lalu di goreng. Makin mantap lagi kalo dimakan dengan lombok pedisnya yang berbentuk cair. Nyamanna... Alias nikmat banget cut. Saya kalau makan jalang kote itu di potek dulu ujungnya sampai kelihatan isiannya, tuang sambeknya sampe menggenang, lalu dimakan. Biar gak berantakan makanya dialasin pake piring karena sambalnya rawan tumpah.

Jalang kote ini sengaja saya pisahin gak dimasukkan ke dalam kategori gorengan karena jalang kote ini menduduki tahta tertinggi dalam dunia pergorengan di Makassar.

Gorengan

Gorengan biasanya jadi favorit banyak orang nih terutama buat berbuka mulai dari pisang goreng, tahu goreng, Pisang molen, ubi goreng, singkong goreng, bakwan dan lainnya. Terus disantap dengan sambal yang pedas. Iya, di Sulawesi itu punya kebiasaan makan gorengan dicocolin sambal yang pedas.

Pallu butung

Pallu butung ini masih olahan berbahan pisang dan merupakan kue khas Bugis. Cara masaknya juga sederhana yaitu pisang yang telah dipotong-potong kecil lalu dimasak dengan saus fla yang juga masih mirip-mirip bubur sumsum.

Es buah

Wah, ini sih kayaknya berbuka gak akan lengkap kalau gak ada. Yup, es buah merupakan minuman yang berisikan berbagai macam buah dengan varian rasa yang beragam tergantung yang meraci sehingga ada berbagai jenis es buah yang dijumpai.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF