Tips Tubuh Tetap Sehat Saat Ramadan

March 13, 2024

Alhamdulilah, sampai saat ini kita masih diberikan rejeki untuk menikmati bulan Ramadan di tahun ini dan semoga bisa diberikan umur yang panjang agar bisa menjalani ibadah puasa di tahun-tahun berikutnya. Biar kita bisa tuh sampai ke Ramadan tahun berikutnya dan berikutnya lagi kita kan harus jaga kesehatan. Apalagi kesehatan itu jadi investasi buat diri sendiri di masa mendatang. Jaganya lebih gampang dari pada nanti diobati kan yah. Apalagi di bukan Ramadan ini kita harus berpuasa selama sebukan penuh dan sangat penting untuk menjaga badan tetap sehat. Jadi, ini dia tips biar tetap sehat selama Ramadan.

Cukupi kebutuhan air minum

Biarpun kita sedang berpuasa tapi kita juga harus loh memenuhi kebutuhan asupan air minum sesuai yang telah dianjurkan yaitu 8 gelas sehari. Nah, karena puasa waktu minumnya yang dipindahkan mulai dari berbuka hingga sahur yang bisa dibagi dengan minum segelas air masing-masing setiap bangun untuk makan sahur,  setelah makan sahur, saat berbuka puasa, setelah salat magrib, setelah makan malam, setelah salat isya, setelah tarawih, dan sebelum tidur.  Nah, waktunya sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan karena ada orang yang memang kalau minum lansgung banyak dan ada juga yang biasanya minum sedikit-sedikit.

Minum air sebanyak 8 gelas sehari ini memang banyak manfaatnya. Tentu saja yang pertama untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa. Gak mau kan jadi lemas banget saat berpuasa karena kebutuhan air minumnya kurang. Selain itu, juga dapat memelihara fungsi organ ginjal, mengurasi resiko kanker kandung kemih, melancarkan pencernaan, dan merawat kulit biar tidak kering.

Saat berbuka kalian juga bisa minum air hangat biar perut kalian gak kaget. Apalagi buat yang gampang banget flu saya sarankan untuk mengurangi konsumsi es karena bisa bikin kalian flu dan batuk. Selain itu, juga kurangin konsumsi minuman yang mengandung gula. Cuma memang yah lebih menarik dan enak buat diminum. Yang penting dibatasin dan jangan sampai berlebihan.

Sahur 

Buat yang lagi berpuasa tentu Sahur pasti sudah tahu kalau Sahur itu bisa menjadi momen penting sebelum berpuasa selama seharian yang dimulai sejak adzan subuh dan ditutup saat adzan magrib. Dengan makan Sahur, kalian bisa punya asupan nutrisi biar kalian gak lemas banget saat puasa. Pastikan aja menu makanan Sahur kalian memiliki nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, dan air tentunya. Jangan sampai konsumsinya ada yang berlebihan dan ada yang kekurangan. Misalnya karbohidrat yang kalau dikonsumsi kebanyakan bikin ngantuk dan jadi malas-malasan. Bima ada yang ingin diperbanyak sebaiknya serat yang sumbernya dari sayur dan buah.

Berbuka puasa

Saat berbuka puasa pastikan kalian juga mengkonsumsi makan dengan Nutrisi yang seimbang seperti yang saya tulis sebelumnya di poin sebelumnya. Nah, saat berbuka juga kita dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis seperti teh hangat, kurma dan sebagainya karena dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis dapat lebih cepat menggantikan kadar gula yang rendah saat kalian berpuasa. Pastikan makanan atau minuman manis yang kalian santap saat berbuka itu manisnya alami yah bukan dari bahan pengawet.

Olahraga

Mungkin banyak yang berpikir kalau sedang berpuasa jadi gak perlu olahraga. Jangan salah yah. Olahraga itu penting agar tubuh kita tetap bugar, segar dan fresh sehingga saat berpuasa tetap dianjurkan untuk tetap berolahraga tapi dengan olahraga dengan aktivitas yang ringan seperti jalan santai, jogging, bersepeda, pilates, yoga dan Tai chi. 

Tipsnya yaitu sebaiknya melakukan olahraga di luar waktu berpuasa seperti saat sebelum makan sahur, sebelum berbuka puasa dan setelah berbuka puasa, serta sebelum tidur. Waktu ini baik untuk melakukan olahraga selama Ramadan untuk menghindari kalian kelelahan, dehidrasi atau malah pingsan jika berolahraga saat berpuasa. Bisa aja sih sebenarnya tapi sebaiknya yang sudah pro atau memang yang sudah rutin berolahraga.

Istirahat yang cukup

Nah, ini juga nih yang penting yaitu istirahat yang cukup. Berhubung saat malam hari waktu tidurnya kan kepotong tuh buat bangun makan sahur jadi bisa disiasati dengan istirahat atau tidur di siang harinya untuk mengisi kembali tenaga saat berpuasa. Biar kalian juga gak ngantuk saat salat tarawih dan salat witir. Seperti menghemat tenagalah ceritanya jika beristirahat saat berpuasa. Namun, bukan berarti seharian selam berpuasa kalian istirahat mulu nanti gak berfaedah puasanya. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF