4 Harapan Terbesar untuk Blogku

April 15, 2021

aindhae.com merupakan blog pertama yang saya miliki setelah sekian lama merencanakan dan akhirnya dapat direalisasikan Oktober 2019 meskipun masih dalam versi gratisan dan tercantum sub domain blogspot dengan nama aindhae.blogspot.com. Pada Juli 2020 pula saya memutuskan untuk menjadikan aindhae.com dengan top level domain (TLD).

Sejak memulai ada begitu banyak proses yang harus saya lalui terlebih lagi saya masih sangat awam dengan blog saat itu. Jungkir balik saat mengedit html, tema yang kurang suportif, sinkroniasi dengan google analytics, google search console, google adsense, error tentunya tak luput dari pengalaman saat mengobrak-abrik blog. Pusing? Ya iyalah. Biar mikir kataku menyemangati diri sendiri.

Hingga sekarang pun masih banyak hal yang harus saya pelajari. Melalui proses itulah saya memiliki banyak harapan kepada blog saya ini aindhae.com.

aindhae.com is always there

Pertama, tentu saya sangat berharap bahwa blog saya ini akan terus ada dan panjang umur alias semoga saya gak lupa buat perpanjang domain dan tekun buat menulis postingan secara berkala.

Menulis blog membutuhkan effort dan waktu ternyata lebih panjang sejak saya meimikirkan untuk memulainya. Terlebih untuk tetap konsisten mengisi tulisan atau pun konten blo ternyata memang lebih membutuhkan effort yang lebih. Seperti kata pepatah "Mempertahankan lebih sulit daripada memulai".

Konten yang Menjadi Utama

Sebagai informasi, konten adalah informasi yang tersedia baik melalui berbagai media baik itu media cetak maupun media elektronik. Sejak memutuskan untuk membuat blog, saat itu pula kita juga telah menjadi "content writer atau penulis konten" dalam ranah yang lebih pribadi dan tentunya genre atau niche terserah kepada sang empu atau pemilik blog.

Saya berharap aindhae.com bisa menyediakan berbagai konten tulisan yang berfaedah nan informatif sesuai taqline yang saya cantumkan di bio saya. Namun harus tetap memperhatikan kuantitas dan kualitas tentunya.

Penghasilan

Pengalaman menganggur membuat saya menjadi perhitungan dalam melakukan sesuatu Termasuk dalam urusan ngeblog. Meskipun untuk sekarang, ngeblog itu menjadi salah satu investasi jangka panjang bagi saya. 

Saya berharap melalui aindhae.com bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Saya tahu bahwa itu semua ada tahapnya. Beberapa perencanaan sudah saya siapkan.

Pertama, saya sangat ingin aindhae.com bisa menghasilkan duit agar bisa saya gunakan untuk membayar biaya perpanjangan domain yang akan habis pada akhir Juli.

Kedua, saya ingin menjadikan sebagai dana cadangan atau dana darurat yang mungkin akan saya sangat butuhkan dalam beberapa tahun ke depan.

Ketiga, saya tentu saja sangat ingin jika ngeblog bisa menjadi sumber income setiap beberapa bulan atau bahkan per bulan.

Bukan hal yang mudah memang, mengingat beberapa hal yang membuat saya harus lebih fokus meningkatkan kuantitas dan kualitas konten. Yah, balik lagi ke poin ke-2 bahwa konten itu memang sangat penting.

Google adsense contohnya. Saat kita menayangkan iklan di blog kita maka kita akan mendapatkan uang. Mulai dari saat belum bisa mengajukan, penolakan pengajuan google adsense hingga akhirnya disetujui. Perjuangan belum berakhir karena uang yang saya peroleh masih relatif sedikit. Bulan Maret lalu mislanya yang menghasilkan Rp.  8.000. Kebayang gak kapan saya bisa gajian dari google adsense sedangkan minimal penarikan saldo sebesar Rp. 1.300.000 dan sekarang masih berkisar 20 ribuan. Yup, balik lagi harus fokus ke konten dulu.

Selain itu, ada juga permasalahan mengenai kerja sama. Akhir Maret kemarin saya mendapatkan pesan atau dm kerja sama melalui instagram. Sebelumnya memang dm seperti itu hanya untuk bertanya mengenai artikel yang saya tulis di blog. Kali ini berbeda, mereka menawarkan kerja sama untuk menulis review produk kecantikan di blog saya. Bahagia tentunya apalagi itu merupakan kali pertama mendapatkan tawaran seperti itu.

Saya buatlah rate card yang mereka minta dan mereka pun setuju. Mereka bilang akan ada yang menghubungi saya melalui whatsapp untuk urusan kerja sama lebih lanjut. Namun, sampai saat ini saya belum mendapatkan kelanjutannya. Sepertinya harapanku untuk mendapat uang dari ngeblog dalam waktu dekat harus tertunda lagi. 

SEO

Nah, Search Engine Optimization (SEO) merupakan faktor penting dalam pengembangan sebuah blog atau website agar mendapat pencarian teratas (halaman pertama) di pencarian google. Sedangkan google memiliki algoritma tersendiri dan selalu berubah. Sehingga sangat perlu mempelajari SEO jika ingin ngeblog.

Mengoptimasi kecepatan website, mobile friendly, melakukan riset keyword, on page dan off page SEO, technical SEO, link bulding, dan satu lagi yang penting yaitu konten merupakan hal-hal yang memerlukan perhatian khsusus dalam belajar SEO demi optimasi blog.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa harapan terbesar saya terhadap aindhae.com adalam membuat konten yang tetap memperhatikan dari segi kuantitas serta kualitas.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF