Inilah 2 Tempat Tes Antigen di Sudiang. Pilih yang Mana?

April 08, 2021

Hello, selamat datang di postingan pertama saya di bulan April 2021. 

Kali ini saya ingin berbagi mengenai dimana kalian bisa melakukan tes antigen di dekat  wilayah Sudiang, Makassar.

Kebetulan beberapa hari lalu, saya mendapatkan pekerjaan pertama (yah meskipun hanya purnawaktu alias temporer) dimana mengharuskan melakukan tes antigen terkait urusan pekerjaan keperluan turun ke lapangan dan mentaati protokol kesehatan.

Nah, berhubung saya diharuskan untuk melakukan 3 kali tes antigen dalam rentang waktu hampir 2 minggu dengan jeda waktu 3-4 hari. Mumpung tes antigennya dibayarin karena masih ditanggung sama kerjaan, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba 2 tempat yang berada paling dekat dari rumah dan masih di wilayah Sudiang sekalian untuk memberikan review di blog ini. 

Sempat mikir kenapa gak coba 3 tempat aja sekalian tapi karena 1 lagi tempat yang bisa tes antigen di sudiang itu di Rumah Sakit Bersalin Malebu Husada dan jaraknya cukup jauh dari rumah bila dibandingkan dengan Kimia Farma Sudiang dan Klinik Angkasa Sudiang. 

Baca Juga

6 SOSOK REKTOR PEREMPUAN INSPIRATIF KAMPUS MAKASSAR, 3 DIANTARANYA MASIH MENJABAT

FESTIFAL KECE DI MAKASSAR, HARUS DATANG NIH!

Tes Antigen

Tes antigen sepertinya menjadi komoditi di kalangan masarakat karena semenjak pandemi COVID-19 sering kali dijadikan syarat dalam beberapa hal seperti pekerjaan, mengikuti tes, keluar kota terutama yang menggunakan pesawat terbang, ataupun dirawat di rumah sakit.

Tes antigen bertujuan untuk mendeteksi virus lebih dini atau dalam 7 hari pertama sejak munculnya gejala Covid-19. Hasilnya akan keluar setelah ± 15 menit dengan harga 200 hingga 300 ratus ribuan. 

Tes antigen dilakukan dengan melakukan swab yaitu melakukan pemeriksaan sampel dengan mengusap rongga nasofarings  dan atau orofarings dengan menggunakan alat seperti  kapas lidi khusus.

Kimia Farma Sudiang

Siapa yang gak tahu Kimia Farma? Perusahaan farmasi yang dikelola oleh BUMN ini sudah memiliki cabang dimana-mana di hampir semua kecamatan termasuk di Makassar. Mulai dari klinik, apotek hingga pemeriksaan laboratorium pun tersedia.

Klinik Angkasa Sudiang

Klinik Angkasa tidak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan tapi juga tes antigen karena gak semua klinik di Sudiang atau di Makassar menyediakan layanan tes antigen.

Perbandingan

Lokasi

Kimia Farma berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan km 19 Komplek Ruko 237 yang berada tepat di jalan raya sehingga terlihat jelas dari jalan. Sedangkan Klink Angkasa berlokasi di Ruko 8 Bumi Permata Sudiang (BPS), Jl Perintis Kemerdekaan km 19 dimana harus memasuki BPS terlebih dahulu. Posisinya yang berada di sudut belakang Indomaret di Ruko BPS membuatna tidak kelihatan dari jalan raya.

Jam Operasional

Kimia Farma memiliki jam operasional Pukul 08.00 - 22.00 yang buka setiap hari. Meskipun buka hinga jam 10 malam pelayanan tes antigen dilayani hanya sampai jam 8 malam sehingga lebih terbatas waktunya.

Klinik Angkasa memiliki jam operasional sama dengan Kimia Farma yaitu mulai dari Pukul 08.00 - 22.00 dan buka setiap hari namun dari pelayanan tes antigen lebih unggul karena sesuai dengan jam operasionalnya.

Saya tahu jam operasionalnya untuk tes antigen itu karena malam itu hujan deras dan baru agak reda setelah jam 8 malam akhirnya baru berangkat sehingga tiba disana sudah pukul 8.30. Alhasil pelayanan tes antigen sudah tutup dan akhirnya memilih menuju Klinik Ankasa karena jadi ingat pernah diberitahu oleh teman dan Mama bisa melakukan tes antigen.

Harga

Kimia Farma mematok harga Rp. 250.000 per sekali tes antigen sedangkan Klinik Angkasa hanya Rp. 200.000 per sekali tes antigen. Harga yang lebih mahal jika melakukan tes antigen di Kimia Farma mungkin disebabkan oleh brand yang sudah terkenal dan Kimia Farma sudah mendapatkan akreditasi terhadap uji klinis laboratorium dan standar penjaminan mutunya.

Sistem Pembayaran

Kimia Farma menerima sistem pembayaran tunai, debit, kredit, aplikasi pembayaran online seperti ovo, gopay dan Link Aja, dan traveloka dan kalo bisa pembayaran dilakukan di awal saat reistrasi. Sedangkan di Klinik Angkasa hanya menerima pembayaran secara tunai dan pembayaran dilakukan setelah hasil tes diberikan. 

Prosedur

Kimia Farma

1. Mendaftar online

2. Mendaftar manual seperti mengisi absensi kehadiran

3. Memperlihatkan KTP

4. Swab tes antigen (setelah menunggu 2-5 menit)

5. Mendapatkan hasilnya setelah menunggu ± 15 menit

Klinik Angkasa

1. Menyerahkan KTP

2. Swab tes antigen (langsung)

3. Mendapatkan hasilnya setelah menunggu ± 15 menit + KTP dikembalikan

Kalo kalian melihat prosedur untuk melakukan tes antigen di Kimia Farma lebih banyak terlebih hanya untuk memasukkan data pribadi 2 kali itupun harus memperlihatkan ktp juga sedangkan di Klinik Angkasa lebih ringkes aja sih. 

Proses swab

Saat melakukan tes antigen kan lidi khusus dimasukkan di hidung untuk mengambil sampel dan itu rasanya sangat tidak nyaman dan geli. Apalagi saya orangnya sangat mudah bersih. Jangan ditanya, saat pertama kali kan saa melakukannya di Kimia Farma dan petugas kesehatannya yang mengambil sampel lebih lama mungkin sekitar 5 detik deh dan 2-3 kali mencoba memasukkan lidi khusus ke hidung. Alhasil mata berair dan saa sampai bersin berkali-kali.

Tes antigen kedua di Klinik Angkasa terna cara memasukkan lidi khusus lebih lembut dan hanya sekitar 1-2 detik dan sudah. Pokokna cepat deh.

Jadi...

Proses swab yang lebih lembut dan cepat menjadi alasaan utama memutuskan untuk tes antigen ketiga kalinya di Klinik Angkasa selain karena harga yang lebih murah dan prosedur yang ringkas.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF