Ini Cara Saya Mengatasi Rasa Jenuh

April 23, 2021

Maaf, ku jenuh padamu
Lama sudah kupendam
Tertahan dibibirku
Mauku tak menyakiti
Meski begitu indah
Ku masih tetap saja
Jenuh...

(Rio Febrian - Jenuh)

Pernah ngerasain dengan lagu yang diatas gak? Ya, setiap manusia pasti akan ada saat merasakan jenuh dalam hidupnya. Itu manusiawi kok, wajar saja kalo kita merasakan jenuh. Yang penting adalah bagaimana kita mengatasi rasa jenuh itu sendiri.

Lalu harus ngapain kalo lagi jenuh? Take your time and do what yo want! Lakukan apa yang ingin kau lakukan yang selama ini tidak kau lakukan selama itu membuatmu senang seperti liburan misalnya.

Saya sendiri memiliki cara termurah untuk mengatasi rasa jenuh. Bukan cuma jenuh sih, saat saya juga merasa bosan, tidak fokus atau bingung. 

Jawabannya adalah menonton drama korea hahahh... Nah loh kok gitu sih?

Saya jabarin mengaapa menonton drama korea bisa menjadi metode saya mengusir rasa jenuh.

Baca Juga:

5 PUSAT KEBUDAYAAN ASING FAVORIT SEBAGAI DESTINASI WISATA

4 BARANG WAJIB DI TAS SAAT BEPERGIAN

5 BUKU FAVORIT

Murah

Menonton drama korea menjadi metode paling very low budget alias murah meriah. Tinggal kuota doang sama laptop atau hp buat muterin tuh drama korea. Lagian sekarang masih dibatasin kalo mau kemana-mana. 

Liburan dengan bepergian tuh bisa memakan banyak biaya loh, jangan sampai pulang dari liburan bukannya hilangin jenuh tapi malah stress. lah nambah masalah dong. Jadi, drama korea bisa menjadi solusinya.

Cuci Mata

Gak bisa dipungkiri salah satu alasan menonton drama yaitu untuk cuci mata. Lihat cowok tampan yang ada dalam drama korea. Bahkan melihat cowok korea bisa berfaedah loh. 

Ada buktinya kok bahkan sudah dipublikasikan si Jurnal Evolutionary Psychology yang melakukan pengkajian mengenai pengaruh wajah pria tampan dan wanita cantik terhadap kinerja otak. Hasilnya menunjukkan bahwa dapat memotivasi orang yang melihatnya untuk lebih bekerja keras dan lebih baik dalam ingatan. Wow, sesederhana itu tapi dampak luar biasa. Saya mah fresh aja kalo ngelihatnya.

Baik untuk Tubuh

Saat menonton drama korea dan terfokus dalam alur ceritana maka akan membuat kita terbawa dalam suasana yang membuat kita lebih fokus saat menonton sehingga menjadi salah satu cara pelampiasan pelepas rasa jenu bahkan stress. Genre drama yang kita nonton bisa memiliki dampak yang berbeda.

Komedi

Seperti drama korea yang bergenre komedi yang kan membuat kita tertawa. Nah, dengan kita tertawa akan membuat tubuh kita melepaskan hormon endorphin sehingga memuat kita bahagia, membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh kita sehingga membuat kita lebih rileks.

Contohnya: Waikiki, Prison Playbook, Be Melodramatic, Oh Hae Young Again.

Horor

Kalo drama korea bergenre horor pasti tentu ada dong. Tontonan bergenre horor dapat memacu hormon adrenalin untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mempercepat pembaakaran energi. Selain itu bisa memberikan rasa lega karena membuat ketakuran kita yang sebenarnya tidak terlalu berat.

Contohnya: Master's Sun, Sweet Home, Kingdom, Hell Is Other People, Let's Fight Ghost.

Nah kalian bisa pilih drama korea yang sesuai dengan minat kalian. Kalo saya sih lebih suka menonton drama korea bergenre komedi romantis.

Episode

Drama korea sendiri memiliki beberapa jenis jadi akan saya bagi berdasarkan jumlah episodenya. Yah, nontonya sesuaikan dengan waktu yang kalian miliki. Salah satu alasan mengapa saya menonton drama korea yah karena episodenya ini. Tahu kapan endingnya, gak seperti sinetron kita. yah meskipun sinetron ada yang bagus ko tapi metang-mentang disukai penonton, episodenya ditambah terus higga 1000 lah, 2000 lah, duhhh.

Mini

Mini drama biasanya terdiri atas 2 hingga 10 episode dengan durasi biasanya lebih singkat dan konflik sederhana, seperti kuran dari sejam. 

Contohnya: Love Alarm, WHY, Page Turner, Splash Splas Love, A Woman Who Dies When She Loves

Medium

Pada umumnya drama korea yang tipe ini berkisar antara 16 sampai 24 episode dengan durasi 1 hingga 1,5 jam. Mulai dari karater, konflik, dan alurnya jelas.

Contohnya:  Crash Landing on You, Reply 1998, This is My First Life, Find Me in Your Memory, It's Okay That's Love

Long

Nah, drama ini bisa lebih dari 50 episode. Tentu karakter, konflik dan alurnya lebih banyak hingga membuatnya hingga memiliki banyak episode. Biasanya ceritanya tentang keluarga atau drama saeguk atau kerajaan.

Contohnya: Dong Yi, Empress Ki, Jewel in The Palace, The Great Queen Saen Deok, Graceful Family

Ilmu

Nonton drama korea juga bisa bermanfaat loh, bisa dapat ilmu. Kayak saya nih selalu ingat wejangan dari drama My Fair Lady yang dibintangi oleh Yoon Sang Hyun dan Yoon Eun Hye. Saat itu Yoon Sang Hyun memberi saran kepada Yoon Eun Hye jika ada yang bertanya kepadanya dengan pertanyaan yang sulit ia jawab dan dengan niat menguji maka jawab dengan pertanyaan. Itu sering aku praktekkan ke orang-orang resek hihihh.

Sebagian besar drama korea tuh mendeskripsikan hal-hal yang sebenarnya memang terjadi di negeri gingseng itu. Jadi, sekalian bisa menambah wawasan mengenai Korea atau pun hal lainnya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF