3 Kiat Ngeblog Yang Masih Saya Coba Terapkan, Butuh Effort Lebih

April 13, 2022

Segala sesuatu yang dikerjakan itu perlu ada kiat-kiatnya agar bisa berjalan dengan baik dan terus menerus. Kayak ngeblog yang punya banyak kiat yang sebaiknya sih diikuti jika ingin memiliki banyak pengunjung apalagi yang memang bercita-cita menjadikan ngeblog ini sebagai ladang cuan kayak saya sebagai blogger yang masih berumur biji jagung. Masih banyak kiat yang harus saya pelajari dan praktekkan.

Ada begitu banyak tulisan yang memuat tentang kiat-kiat ngeblog mukai dari yang paling mudah hingga sulit, dari berbahasa Indonesia hingga bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Saya tidak akan membahas mengenai kiat ngeblog secara detail satu per satu karena ada tulisan yang lebih pro dan juga banyak yang bisa kalian baca karena saya akan bercerita mengenai kiat ngeblog yang masih saya lakukan namun terasa sulit. Meskipun sulit bukan berarti gak saya lakukan sih. Hanya saja saya membutuhkan lebih banyak waktu untuk memahami dan menerapkan ke blog saya ini.

Baca juga:

4 ALASAN MENGAPA SAYA IKUTAN BPN 30 DAY RAMADAN CHALLENGE 2022

PENGEN BANGET TRIP RAMADAN

BPN RAMADAN 2021

Konsisten Menulis

Sejak mulai ngeblog Oktober 2022, saya masih saja belum bisa konsisten untuk bisa menulis bahkan mempublikasikan di blog saya ini. Kata orang emamg konsisten lebih sulit dari pada memulai sih dan emang benar.

Saking gak konsistennya kadang kala hanya 3 tulisan saja yang jadi tapi kalo lagi semangat-semangatnya sebulan juga jadi itupun karena ikutan BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022. Selain itu yah paling hanya beberapa tulisan saja yang jadi dan masih sesuka hati buat menulis entah saat ada waktu atau ada topik yang buru-buru harus ditulis dan dipublikasikan di waktu yang random.

Sayangnya, kalo gak konsisten menulis di blog maka bisa saja blog kita akan dicap buruk oleh search engine seperti google yang memiliki algoritma untuk bisa muncul dalam pencarian dan sebnarnya sudah tahu kalo begini terus bisa-bisa gak ada peningkatan soal ngeblog.

Oleh karena itu, langkah kecil yang saya lakukan untuk konsisten untuk menulis agar bisa di publikasikan di setiap bulannya yang saya mulai sejak 1 Juli 2021 lalu dan masih saja keliyengan saat gak ada ide. Jammya pun sudah saya atur agar otomatis terpublikasi di blog setiap jam 8. Ini saja saya kelabakan buat menulis di challenge Ramadan tahun ini karena baru bisa lancar nulis malam setelah salat tarwih tapi kan jadi telat tidurnya jadi ngantuk mulu apalagi saat salat tarwih menguap terus tuh kerjaanku saat di masjid. Alhasil tulisanku baru selesai pas malam tetap saya atur waktu publikasinya jam 8 pagi. Mudah-mudahan gak berpengaruh buruk sih sama performa blog. Makanya saya usahain banget biar bisa selesai sebelum jam 8 pagi.

Selebihnya saya masih harus ekstra kerja keras biar terbiasa menulis secara rutin dan konsisten yang bisa berdampak baik bagi blog. Mulai dari pengunjung organik, tulisan yang bisa ditemukan di halaman pertama pencarian google, alexa yang semakin singset, bahkan penghasilan adsense yang semakin meningkat yang menjadi target sekaligus motivasi agar bisa konsisten menulis. 

Riset Kata Kunci

Ini sih yang masih bikin bingung sampai sekarang. Riset kata kunci atau keychain ini memang bisa segitu berpengaruhnya ke performa blog dan sejauh apa bisa muncuk di pencarian Google. Ada beberapa cara dari berbagai tulisan yang saya baca yang bisa diterapkan. Namun, saat mulai mempraktekkannya saya tiba-tiba saja harus dihadapkan "loh! Ini kok kayak gini sih? Gimana caranya? Kalo setelah itu harus bagaimana?". Nge-blank gitu deh. Mana belajarnya otodidak pula.

Untuk kiat satu ini sepertinya saya membutuhkan waktu dan materi yang kebih banyak agar bisa lebih memahami lagi tekniknya.

Blogwalking

Salah satu kiat ngeblog adalah dengan mengunjungi dan memberi komentar di blog orang lain alias blogwalking ini memang bisa memberi banyak manfaat seperti menjalin silaturahmi dengan blogger lain dan sumber backlink untuk blog. 

Sayangnya ada saja kekhawatiran yang muncul setelah mencoba beberapa kali melakukan blogwalking. Untuk mengunjungi blog orang lain ini tidak menjadi masalah namun untuk komentar inilah yang seperti meresahkan karena tiba-tiba saat ingin sekali berkomentar saya malah tidak tahu harus berkomentar seperti apa. Bingung euy~. Mungkin karena sudah banyak komentar-komentar sebelumnya yang sudah mewakili yang jika saya lakukan juga akan tidak efesien. Maunya komentar yang saya berikan to the point dan tidak hanya sekedar memberikan ucapan terima kasih namun hal yang lebih detail yang tidak ada dalam tulisan atau setidaknya hal yang saya tidak mengerti. Intinya komentar saya maunya bermanfaat bagi si blogger dan performa blognya apalgi kan ada tuh komentar yang bisa berpengaruh baik ada juga yang buruk buat blog.

Selain itu, masih saja dengan alasan mager atau sibuk saya sampai tidak melakukan blogwalking lagi dalam waktu yang lama. Ini saja baru mulai kembali untuk blogwalking ke blog lainnya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF